5 Cara Ampuh Buat Anak Suka Makan Sayur, Bunda Harus Coba

in , ,
Cara Ampuh Membuat Anak Suka Makan Sayur
Cara Ampuh Membuat Anak Suka Makan Sayur

Sayur merupakan satu dari sekian banyak makanan yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya berperan untuk memenuhi beberapa zat yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Akan tetapi, masih banyak anak-anak yang tidak suka makan sayur. Mereka menganggap sayur itu tidak enak karena rasanya pahit. Akibatnya banyak anak-anak yang kekurangan nutrisi pada tubuh mereka.

Bagi bunda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi. Bunda bisa mengikuti beberapa cara ampuh agar membuat anak suka makan sayur.

1. Olahan sayur dengan campuran rempah-rempah

Olahan Tumis Sayuran
Olahan Tumis Sayuran | via https://www.masakapahariini.com/

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak-anak menganggap sayur itu rasanya hambar atau pahit. Sehingga lidah mereka tidak ingin melahap makanan ini.

Bunda bisa mengolah sayuran dengan campuran beberapa rempah-rempah yang beragam agar sayuran memiliki rasa tersendiri. Contohnya makanan tumis sayuran, dengan campuran ketumbar, bawang putih, lada, dan perasan jeruk nipis untuk menguatkan rasanya.

3 Kebiasaan Buruk Orang Tua Yang Buat Anak Sulit Untuk Percaya Diri

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Panik, Lakukan 3 Hal ini Jika Terjadi Gempa

Cara lain, bunda bisa menambahkan beberapa potong cabe jika anak suka pedas dan menambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar rasanya tidak hambar.

2. Menjadikan sayuran sebagai minuman

Olahan Jus Sayuran 1
Olahan Jus Sayuran | via https://www.liputan6.com/

Cara ampuh lainnya agar anak suka makan sayur adalah menjadikan sayuran sebagai minuman, seperti jus atau smothies.

Bunda bisa mencampurkan beberapa buah-buahan manis untuk mengurangi rasa pahit pada sayur. Namun dengan memblender sayur akan membuat kandungan serat padanya akan berkurang.

Walaupun begitu, akan tetap menjadi asupan Vitamin dan mineral yang bagi tubuh si anak. Tetapi, minumlah jus sayuran hanya sebagai selingan pada waktu makan saja.

3. Olah sayur jadi cemilan

Cemilan Dari Sayur
Cemilan Dari Sayur | via https://parenting.orami.co.id/

Bunda bisa mengolah sayur-sayuran menjadi cemilan yang dapat mengganjal rasa lapar. Contohnya membuat keripik dari bahan dasar sayur bayam atau menambahkan potongan-potongan sayuran ke makanan anak, seperti risol isi kentang atau wortel.

5 Ciri Anak Yang Membawa Rezeki Untuk Orang Tuanya

Atau yang lebih gampangnya, bunda bisa menambahkan beberapa sayuran pada semangkok mi instan pada saat makan anak.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Inilah Manfaat Tidur Dengan Posisi Miring Ke Kanan

4. Pilih sayur yang berwarna-warni

Sayur Berwarna Warni
Sayur Berwarna Warni | via http://bukuharian-ulin.blogspot.com/

Ternyata penampilan adalah salah satu tolak ukur anak tidak suka makan sayur. Karena penampilannya yang tidak menarik, membuat mereka tidak mau menyentuh makanan yang satu ini.

Oleh karena itu, bunda harus memilih sayuran yang warnanya cerah, seperti warna oranye dari wortel, warna hujau dari bayam, atau warna merah dari tomat. Selain itu, pilihlah sayur-sayuran yang masih segar, sehingga dapat memanjakan mata anak.

5. Pilih sayuran yang anak sukai

Mulai Dari Sayuran Yang Disukai Anak
Mulai Dari Sayuran Yang Disukai Anak | via https://womantalk.com/

Pasti tidak mungkinlah dari sekian banyak macam sayur-sayuran, tidak ada satupun sayuran yang tidak disukai oleh sang anak. Misalnya sayur kol.

5 Cara Baik Memarahi Anak Tanpa Mengurangi Kasing Sayang

Mulailah dari sayur. Bisa jadi sayur kol ini akan menjadi jembatan untuk mengenalkan anak dengan macam sayur-sayuran lainnya. Setelah kol, bisa jadi kemudian bayam. Maka buatlah anak makan sayur bayam, sampai ke beberapa sayuran sehat lainnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.