7 Masalah Yang Dapat Timbul Pada Tubuh Jika Kita Kurang Makan Sayur

in
Jika Tubuh Kurang Maan Sayur
Jika Tubuh Kurang Maan Sayur

Sayur-sayuran merupakan salah satu makanan yang memiliki manfaat sangat luar biasa bagi tubuh kita. Dengan kandungan yang terdapat pada sayur, yaitu serat, mineral, dan vitamin dapat membantu tubuh beraktivitas lebih baik lagi.

Namun, tak sedikit orang yang tidak menyukai makanan sehat yang satu ini, terutama anak-anak. Padahal, kurang makan sayuran akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Lalu, apa saja masalah yang dapat timbul pada tubuh jika kita kurang makan sayur?

1. Mempengaruhi mood

Mempengaruhi Mood
Mempengaruhi Mood | via https://lifestyle.okezone.com/

Bagaimana mood hari ini? Apakah enak atau tidak enak? Kalau tidak enak, salah satu penyebabnya adalah kamu kurang makan sayur.

Terlebih jika kamu hanya mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak, karbohidrat, dan makanan olahan. Hal itu bisa menyebabkan kamu mudah merasa kelelahan, susah untuk mengingat, dan mempengaruhi mood hati.

Walaupun Sehat Bagi Tubuh, Tapi Sayuran Dan Minuman Ini Bisa Bikin Perut Kembung

Maka dari itu, dengan mengkonsumsi sayuran dapat membantu kita untuk memperbaiki suasana hati dari yang namanya bad mood. Kandungan vitamin dan mineral yang ada padanya memberi manfaat sebagai penambah energi untuk tubuh menjalani aktivitas.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Traveling

2. Mudah merasa lapar

Mudah Merasa Lapar
Mudah Merasa Lapar | via https://doktersehat.com/

Padhaal kita sudah makan yang cukup, tapi masih juga merasakan lapar. Itu adalah pertanda kamu kekurangan nutrisi. Nutrisi bisa didapatkan dari sayur-sayuran. Kandungan serat pada sayuran dapat meningkatkan rasa penuh pada perut, sehingga membuat kita tidak mudah lapar.

Sebaliknya jika kamu tidak ada makan sayur, perut akan mudah lapar dan hal itu membuat kamu harus ngemil makanan yang belum tentu sehat bagi tubuh.

3. Kulit menjadi kusam

Kulit Menjadi Kusam
Kulit Menjadi Kusam| via https://berkeluarga.id/

Kulit kusam memang sangat menganggu penampilan seseorang. Ternyata, sayuran adalah salah satu makanan yang dapat mengatasi kulit kusam.

Ternyata Masak Sayur Dengan Cara Direbus Tidak Baik Bagi Tubuh Kita, Ubah Kebiasaan Ini

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya bermanfaat sebagai melindungi tubuh dari radikal bebas dan mempertahankan tekstur kulit. Contoh sayurannya, seperti timun dan tomat yang banyak mengandung air sebagai penghidrasi kulit.

4. Mudah merasa keram otot

Mudah Mengalami Keram Otot
Mudah Mengalami Keram Otot | via https://www.alodokter.com/

Sebagaimana diketahui, kalium sangat diperlukan bagi otot untuk peregangan. Sedangkan penyebab otot terasa keram atau nyut-nyutan adalah karena kadar mineral yang rendah.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Ampuh Buat Anak Suka Makan Sayur, Bunda Harus Coba

Sayur-sayuran seperti bayam dan sayuran dengan daun berwarna gelap kaya akan kandungan kalium yang membantu otot terhindar dari keram.

5. Kesulitan buang air besar

Sulit Buang Air Besar
Sulit Buang Air Besar | via https://jogja.tribunnews.com/

Dari nenek moyang kita mengatakan salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah banyak mengkonsumsi sayuran. Serat makanan dari sayuran yang cukup dapat membantu mengangkut banyak sisa pencernaan dan membuat pergerakannya menjadi cepat lewat usus.

Makanan-Makanan Ini Lebih Sulit Dicerna Oleh Tubuh

6. Mudah capek

Mudah Merasa Capek
Mudah Merasa Capek | via https://health.detik.com/

Diantara banyak penyebab yang membuat kita mudah terasa capek, salah satunya ialah karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan. Hal itu membuat tubuh dipaksa harus bekerja lebih ekstra, sehingga akan banyak energi terkuras.

Maka dari itu, jangan lupa tambahkan sayur-sayuran ke makanan kita agar hasilnya seimbang bagi tubuh.

7. Gangguan penglihatan

Gangguan Penglihatan
Gangguan Penglihatan | via https://drkristinsfitnessrx.com/

Sayur wortel sangat baik bagi penglihatan kita, lho. Karena wortel kaya akan kandungan Vitamin A yang membantu mata lebih dapat fokus dan tidak mudah lelah. Tidak hanya terdapat pada wortel saja, Vitamin A juga ada pada sayuran berwarna hijau gelap kuning, dan oranye.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Manfaat Baik Minum Teh Bagi Kesehatan

Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Nah itulah beberapa masalah yang akan timbul pada tubuh jika kita kurang makan sayur. Cukupi asupan sayuran kalau kita tidak ingin merasakan hal-hal di atas.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.