Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, dan Pilek

in
Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, dan Pilek
Inilah Cara Membedakan Antara Virus Corona, Influenza, dan Pilek

Ternyata virus Corona sedikit memiliki kesamaan dengan flu dan juga pilek. Dikarenakan penyakit ini berkaitan juga dengan sistem pernapasan dan tampaknya memiliki gejala yang sama.

Jadi jika kamu jatuh sakit berkaitan dengan sistem pernapasan, lalu bagaimana kamu membedakan bahwa yang kamu alami flu, pilek atau virus Corona.

Menurut China Press, ada perbedaan yang jelas antara flu biasa, influenza, dan virus Corona tipe baru. Masa inkubasi untuk virus Corona rata-rata sekitar 7 hari tetapi gejalanya dapat muncul kapan saja dari 2 hingga 3 hari atau bahkan hingga 12 hari setelah infeksi. Simak baik-baik beberapa gejala yang perlu kamu ketahui.

Virus Corona

Yang akan pertama dibahas adalah virus Corona, gejala infeksi virus Corona adalah gejala pernapasan umum seperti demam, batuk kering, sesak napas, kesulitan bernapas, namun terkadang tidak ada demam.

Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat memburuk menjadi pneumonia, sindrom pernapasan akut yang parah, gagal ginjal dan juga kematian.

Influenza

Influenza menyerangmu secara tiba-tiba, bahkan ditingkat lebih parah akan menyebabkan kematian, tidak bisa dianggap sepele.

Beberapa gejala seperti demam tinggi hingga 40 derajat celcius, menggigil, batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, mual, muntah dan diare, kesulitan bernapas, sakit kepala, mata kering dan ruam. Jika tidak ditangani dengan obat, situasi memburuk akan menjadi pneumonia.

Pilek

Pilek terjadi ketika kamu terkena infeksi virus pada hidung dan tenggorkan (saluran pernapasan atas) yang biasanya tidak berbahaya.

Biasanya kamu akan mengalami hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala ringan, bersin, dan demam ringan. Biasanya pilek akan sembuh dalam 5 sampai 7 hari, jika belum sembuh juga cobalah untuk periksa ke dokter.

Pencegahan

Untuk melindungi dirimu dari virus apapun, pastikan selalu memperhatikan kebersihan, cuci tangan dengan sabun dan air hangat, dan jangan lupa untuk menggosok setidaknya 20 detik, perlunya juga menggunakan sabun khusus untuk mencuci tangan.

Gunakan sanitiser berbasis alkohol, tutupi mulut dan hidungmu ketik batuk maupun bersin dengan tisu, buang ke tempat sampah bukan ke sembarang tempat.