Sering Makan Mi Instan? Siap-Siap Hadapi Dampak Kesehatan Menegerikan Ini!

in
Eating Instant Noodles 768x514
Efek samping mi instan | Lifehack

Gak dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang suka makan mi instan. Selain enak dan praktis, juga kepadatan bahan mi-nya, membuat perut langsung kenyang.

Nah di karenakan faktor tersebut, tak jarang panganan ini bagi beberapa dari kita menjadi makanan harian. entah itu satu kali sehari atau bahkan 3 kali sehari seperti minum obat.

Padahal tahu gak sih? Keseringan mengkonsumsi mi instan, akan memiliki dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan kita. Dan berikut adalah 10 dampak kesehatan mengerikan yang bisa didapat tersebut.

1. Terganggunya Sistem Pencernaan

Image
Mie Rebus | CTV News

Mi instan faktanya mampu menghambat masuknya nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nah apabila nutrisi di dalam tubuh terhambat, otomatis laju sistem pencernaan pun menjadi terhambat kerjanya.

Padahal sistem pencernaan yang baik sangatlah dibutuhkan untuk menyerap mineral-mineral serta nutrisi-nutrisi yang masuk di dalam tubuh. Nah apabila ini terjadi, kitapun menjadi susah buang air besar atau malah sebaliknya (sering BAB).

Apabila hal ini terus berlanjut, jangan kaget apabila nantinya kita mengalami bocor usus atau lambung.

2. Kerusakan Hati

Fancy Cup Noodles Rectangle Image
Awas sakit liver! |Her World Singapore

Mungkin beberapa dari kita pernah membaca / mendengar mereka-mereka yang pernah menderita liver bahwa, mereka terkena penyakitnya karena kebanyakan makan mi instan.

Ternyata pernyataan tersebut tidak salah guys. Salah satu zat yang terkandung dalam mi instan adalah Propylene Glycol. Nah zat ini, ternyata bisa sangat mengganggu atau bahkan, merusak sistem liver kita.

3. Menyebabkan Keguguran

Instant Noodle Is Bad For Health 600x400 1
Yang lagi “berisi” jangan makan mi instan ya! |tech9bees

Gak dipungkiri kebanyak wanita yang sedang mengandung, nafsu makannya sangat tinggi. Pokoknya bawaannya, laper terus.

Alhasil, mi instan sering dijadikan “destinasi”. Terlebih di tengah malam. Dan apabila kamu yang wanita sedang dalam fase ini, sebaiknya hindari dulu deh.

Karena, pengawet-pengawet baik dari mi maupun bumbu-bumbu penyedapnya, mampu membuatmu menjadi keguguran. Kalau memang mau makan mi. Lebih baik makan saja mi telor yang dibuat sendiri atau, yang digunakan di tukang nasi / mie goreng tek-tek atau dok-dok.

4. Gagal Ginjal

05 Packaged Noodles
Awas ginjalnya! | The Daily Meal

Lagi-lagi adalah zat Propylene Glycol. Zat ini. ternyata juga mampu merusak sistem ginjal kita. Oleh karenanya sangat disarankan untuk banyak minum air putih (terutama yang panas / hangat) setiap kali selesai makan mi instan.

5. Gampang Pusing

Migraine 697769814 770x553 1
Pasti suka gampang pusing kan? | Cleveland Clinic Health Essentials

Gue yakin, bagi kita-kita yang “rajin” banget makan mi, sering mengalami ini. Terang saja. Karena sakit kepalanya, diakibatkan oleh kandungan MSG yang ada di dalam mi terlebih, bumbunya.

Dan MSG, memang zat yang gak baik bagi tubuh maupun otak kita.

6. Diabetes

4 18 19 Ramen Lg
Awas diabet loh! | Vital Choice

Kegurihan mi instan, faktanya tidak lepas juga dari gula yang menjadi salah satu faktor utama penyedapnya.

Nah perlu diketahui, bahwa kandungan gula yang ada di mi instan, level-nya lumayan signifikan. Makanya sekali lagi, bisa memberikan rasa gurih yang amat sangat itu.

Dan apabila kita mengkonsumsi mi instan-nya berlebihan, kandungan gula di tubuh menjadi berlebih. Dan apabila sudah berlebih, lama-kelamaan horor diabetes akan menghantui kesehatan kita.

7. Mengganggu Hormon Estrogen Wanita

Asian Woman Instant Noodle
Wanita makan Mi Instan | Goody Feed

Zat sodium di mi instan, faktanya bisa mengganggu kerja hormon Estrogen di dalam tubuh wanita.

Hormon esterogen, faktanya sangat vital peranannya terhadap wanita. Karena, hormon inilah yang berfungsi menumbuh kembangkan sistem reproduksi serta karakteristik seksual yang dimiliki oleh wanita atau spesifiknya, payudara.

8. Tidak Bisa Menahan Dorongan Seksual

The 5 Best Sex Positions During Pregnancy1280x960 768x432 1569419844
Horny terus! | Today’s Parent

Sama dengan poin sebelumnya, ternyata zat-zat kimiawi di mi instan, mampu mengacaukan proses hormon pengendalian seksual.

Namun untuk poin ini, adalah pria yang rentan terkena efek ini daripada wanita. Dan apabila efek ini sudah terjadi, alhasil, si pria pun tak bisa mengontrol lagi dorongan seksual yang dimilikinya alias selalu merasa horny.

9. Sakit Jantung

5e503afba9f40c37e07277e3
Gampang sakit jantung | Insider

Percaya atau tidak, mi instan juga sudah dikategorikan sebagai junk food layaknya seperti makanan-makanan cepat saji di luar sana.

Dan seperti kita ketahui, junk food sangat tinggi kandungan lemak (terutama lemak jahat) dan minim vitamin. Kebanyakan makan makanan junk food, tentunya akan membuat jantung kita menjadi terganggu atau bahkan rusak.

10. Kanker

Illustration Ddua Imagesshutterstock
Ih ngeri | The Epoch Times (Singapore)

Kita juga sering banget mendengar kalau kebanyakan makan mi instan, bakalan cepet kena kanker. Dan yap guys. Pernyataan tersebut, nyatanya bukanlah bualan belaka.

Mi instan mengandung banyak zat-zat berbahaya yang beberapa telah gue sebutin di atas. Zat-zat kimia tersebut, tentunya menjadi pemicu tumbuhnya potensi sel-sel kanker di dalam tubuh.

Semakin cepat tumbuh dan berkembang lagi, jika kita kerap makan mi instan yang dikemas dalam wadah Styrofoam. Styrofoam memanglah merupakan “happy place”-nya sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka gak heran kita juga sering mendengar, lebih baik makan mi instan bungkusan daripada yang dikemas dalam stereofom yang mana, spesifiknya disini, Cup Noodles (contoh: Pop Mie).

Nah setelah membaca pembahasan ini, bagaimana nih kamu semua? Apakah kini kamu semua akan mikir dua kali untuk mengkonsumsi mi instan lagi?

Berikan Nilai Untuk Konten ini