Tips Menghilangkan Pusing Kepala Secara Alami

in
Tips Menghilangkan Pusing Kepala Secara Alami
Tips Menghilangkan Pusing Kepala Secara Alami | Source: medicalnewstoday.com

Sakit kepala atau pusing disertai seperti ada tali yang mengikat di area kepala sering dialami oleh banyak orang. Penyakit bisa dialami oleh siapapun dan dimanapun.

Penyakit ini memang tidak parah, walaupun penderitanya masih bisa beraktivitas, namun tentunya sakit kepala sangat mengganggu. Nah sebenarnya ada banyak cara untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala.

Berikut adalah tips menghilangkan pusing kepala secara alami

1. Beristirahat

Istirahat
Beristirahatlah disaat kamu pusing | kabarmakassar

Biasanya pusing muncul saat kamu banyak bergerak atau kebanyakan berfikir. Jika kamu mengalami pusing, cobalah untuk beristirahat sejenak.

Segera duduk ataupun berbaring, karena hal ini bisa menghilangkan pusing dan sensasi berputar. Cobalah untuk berbaring 2 hingga 3 menit agar pusing kamu hilang. Lebih baik lagi jika beristirahat lebih lama lagi agar tubuh kamu beristirahat.

2. Minum sedikit atau banyak air putih

Minum Air Putih
Manfaat air putih bagi tubuh | suara

Salah satu penyebab pusing juga karena tubuh mengalami dehidrasi. Pada umumnya dehidrasi terjadi karena kurangnya asupan air pada tubuh setelah latihan atau berolah raga. Nah, cobalah perbanyak minum air putih karena tubuh membutuhkan banyak cairan.

ARTIKEL TERKAIT •
Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

3. Makanlah sesuatu

Camilan
Makanan ringan bisa membuat pusingmu menghilang | fimela

Saat rasa pusing muncul, makanlah makanan-makanan ringan cepat saji yang memiliki karbohidrat ataupun gula yang tinggi. Pisang atau cokelat batang adalah pilihan yang tepat.

4. Fokus pada satu titik

New Exhibition, 'Coral Reefs: Secret Cities Of The Sea' Opens At Natural History Museum In London
Melihat akuarium bisa menghilangkan pusing | economy.okezone

Melihat dan fokus pada titik tertentu bisa membuat pusing menghilang. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa penari.

Cobalah untuk mengarahkan pandanganmu ke langit-langit atau titik kotoran dilantai. Hal itu bisa membuat indera kamu tersadar bahwa kamu tidak akan mengikuti sensasi berputar tersebut.

Nah yang lebih bagus lagi, cobalah untuk melihat akuarium. Seperti yang dilansir klikdokter.com, melihat akuarium bisa membuat suansana hati membaik, tubuh dan fikiran pun juga akan lebih rileks.

Selain itu, jika melihat akuarium selama sepuluh menit bisa menurunkan denyut jantung hingga tiga persen.

Ditambah lagi jika akuraium tersebut ada ikannya, bisa menurunkan hingga tujuh persen. Semakin banyak ikan, semakin membaik pula suasana hati seseorang.

5. Menghindari cahaya terang

Menghindari Cahaya Terang
Tidurlah di tempat gelap untuk menghilangkan pusing | idntimes

Cahaya yang sangat terang bisa membuat kamu kebingungan dan juga bisa membuat pusing kamu lebih parah. Apalagi jika cahaya yang dipancarkan berasal dari gadget kamu, hal tersebut sudah pasti dapat membahayakan kesehatan kamu karena radiasi yang dipancarkan oleh gadget.

ARTIKEL TERKAIT •
Betulkah Bangun Tidur Lebih Awal Dapat Membuat Lebih Produktif?

Cobalah untuk hindari cahaya Gadget, Televisi maupun cahaya yang sangat terang. Dan duduk atau berbaringlah di ruangan yang gelap, atau kamu juga bisa menutup mata kamu selama beberapa menit.

6. Mengikat kepala dengan kain

Mengikat Kepala Dengan Kain
Ikatlah kepalamu dengan kain | liputan6.com

Cara ini juga bisa dicoba untuk menghilangkan pusing kepala. Cobalah ambil sehelai kain, lalu kemudian ikatkan kain tersebut di bagian kepalamu.

Ikatlah denan sedikit kuat lalu diamkan 1-2 menit. Setelah itu cobalah untuk membuka ikatan kepala tersebut, dan rasakan perbedaannya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini