menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLifepedia4 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Apabila Ingin Kuliah di Luar Negeri

4 Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Apabila Ingin Kuliah di Luar Negeri

Hal penting yang ipersiapkan untuk kuliah di luar negeri

Berikut adalah 4 hal penting yang harus dipersiapkan apabila kita ingin kuliah atau sekolah di luar negeri.

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di luar negeri? Selain ingin berpetualang di negara dan kebudayaan baru, tingkat kualitas edukasi kita akan jauh lebih oke / keren lagi.

Lebih jauhnya, apabila kita kuliah di luar negeri, sangat dipastikan kita akan lebih gampang mendapatkan pekerjaan di Indonesia setelah lulus dari kuliahnya. Atas alasan-alasan inilah, maka tak heran jika banyak orang yang ingin kuliah di negeri orangnya.

Namun faktanya, gak semudah itu juga bagi kita untuk melakukannya. Pasalnya, banyak hal-hal penting yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga, proses merantau sekaligus belajarnya disana tidak mengalami kendala yang berarti.

Dan berikut, adalah 4 hal penting yang harus dipersiapkan apabila kita memang ingin kuliah di luar negeri.

1. Niat Yang Sungguh-Sungguh

Hal penting paling pertama yang harus dipersiapkan apabila kita memang niat untuk kuliah di luar negeri adalah memiliki niat yang sungguh-sungguh.

ARTIKEL TERKAIT •
Anaknya Diterima Kuliah Kedokteran, Begini Reaksi Mengharukan Sang Ayah

Karena seperti kita ketahui, ketika kita sudah berniat untuk kuliah di luar negeri-nya, otomatis kita akan meninggalkan semua kehidupan dan terdekat kita di negerti kita untuk sementara waktu.

Belum lagi, biaya yang harus dihabiskan cukup menguras kantong. Dan yang paling penting, gak gampang untuk bisa masuk atau diterima kuliah di negeri orang. Jadi kalau kamu main-main niatnya, ya semuanya menjadi mubazir banget bukan?

2. Kemampuan Bahasa Inggris / Asing Yang Baik

Sepertinya poin ini logis banget bukan? Kita ingin belajar di negeri yang notabene bahasa ibunya bukan Bahasa Indonesia. Jadi, ya kita harus mempersiapkan kemampuan bahasa asing kita dengan sebaik-baiknya.

Misalkan kita kuliah di Perancis atau Belanda. Nah kita beberapa bulan atau tahun sebelumnya, harus sudah bisa menguasai bahasa mereka. Atau setidaknya, kamu sudah memiliki kemampuan ngomong Inggris yang oke.

Tidak hanya untuk membantu proses transfer ilmunya, namun persiapan ini juga sangat penting bagi proses komunikasi kita nanti sehari-harinya.

3. Detail Universitas Pilihan nya

Apakah universitas atau sekolah tinggi yang akan kita masuki sudah ternama? Banyak lulusan yang bagus? Sesuai keinginan? Dan yang paling penting, apakah harganya bersahabat dengan kantong?

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Bertahan Di Bangku Perkuliahan

Pokoknya semua hal tersebut harus dipersiapkan dan dipertimbangkan dengan benar-benar. Jangan sampai nantinya pilihan kita merugikan kantong dan juga kerugian-kerugian lainnya oke?

4. Dana Yang Cukup

Dan inilah hal paling penting yang harus dipersiapkan apabila kita memang ingin kuliah di luar negeri.

Persiapkanlah dana yang cukup bahkan kalau perlu, lebih agar disana kita tidak menagalami kesulitan yang berarti. Pokoknya pastikan kamu memiliki dana untuk tinggal, makan, dan juga biaya-biaya perkuliahannya.

Semoga tips ini bisa bermanfaat banget bagi kalian semua ya guys!

Add comment