Mengapa Sih Kita Terkadang Suka Kangen Dengan Mantan?

in ,
Alasan Kenapa Kita Masih Suka Kangen Mantan
Alasan Kenapa Kita Masih Suka Kangen Mantan

Kamu kangen mantan? Menurut kamu apa sih itu mantan? Apakah semacam jenis makanan atau alien dari luar angkasa? Ups, jangan sampai segitunya gengs. Begitu-begitu dia pernah menjadi orang yang mengisi lubang di hatimu. Jadi, dia juga manusia, kita kan sebagai manusia harus hidup bersosial, saling membutuhkan satu sama lain. Jangan hanya karena kejadian di masa lalu kamu memutuskan tali silaturahmi tersebut.

Setelah lepas dari mantan, so pasti kita kan harus move on. Tetap tegar dan berusaha menemukan sosok pendamping yang setia, yang gak banyak tingkah, pokoknya sesuai dengan kriteria yang kamu inginin deh. Namun, bagaimana jadinya jika pada suatu momen kita malah kangen mantan. Tentu, bagi sebagian orang akan menganggapnya sesuatu yang menjijkkan, amit-amit jabang bayi deh kalau keinget sosoknya lagi.

Berikut nih alasan kenapa nggak ada angin nggak ada hujan tiba-tiba kita malah kangen mantan. Kalau kamu biasa aja atau malah bikin galau?

Alasan yang membuat kamu bisa kangen sama mantan

1. Rindu dengan rasa nyaman yang begitu familiar

Rindu Dengan Rasa Nyaman Yang Familiar
Foto: pexels

Penyebab pertama mengapa kita bisa kangen mantan adalah merasa familiar dengan rasa nyaman dari pasangan baru. Misalnya kamu yang sedang capek habis bekerja seharian, lalu pasangan barumu dengan senang hati membuatkan kamu teh hangat atau memijat badanmu.

ARTIKEL TERKAIT •
Melihat Mantannya Prawedding di Tempatnya Bekerja, Ini yang Dilakukan Barista Tersebut

Baca Juga: Ini 5 Masalah Yang Sering Muncul Saat Menyukai Mantan Pacar Teman

Hal itu juga sama yang dilakukan oleh mantanmu yang dulu. Ia selalu manjain kamu dengan kasih sayang. Rasa nyaman itulah yang terkadang membuatmu menjadi rindu dengan momen indah bersama mantanmu dahulu kala.

2. Rindu dengan sifatnya dulu

Rindu Dengan Sifatnya Yang Dulu
Foto: pexels

Saat baru-baru putus dengan mantan kamu, pastinya kamu akan melupakan segala kenangan saat bersamanya dulu, kamu juga menganggapnya orang yang jahat, tapa mengingat kebaikannya yang dulu. Jelas itu adalah sesuatu yang wajar, yang namanya sakit hati pasti kita akan mencap mantan adalah orang yang paling kejam.

Namun, seiring waktu kamu bisa move on dan berhasil menjalin asmara dengan orang baru. Sifat-sifat baik pada pasangan barumu itu pasti akan mengingatkanmu dengan sifat serupa yang ditunjukkan mantanmu. Kamu masih mengingat kalau mantan masih punya hal-hal yang sebenarnya baik, itulah yang membuat kamu jadi kangen mantan.

3. Kangen mantan karena rindu momen tertentu

Kangen Mantan Karena Rindu Dengan Momen Bersamanya
Foto: pexels

Meskipun kamu udah putus, tapi pasti selama masa berpacaran, banyak kenangan-kenangan indah bersamanya yang sulit untuk dilupakan. Sebesar apa pun cinta kamu dengan pasangan barumu, akan ada saja momen teringat dengan kenangan saat masih bersama mantan.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan 'Suki Desu' dan 'Aishiteru' di Kalangan Anak Muda Jepang

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Rindu Dengannya

Misalnya, pasangan barumu mengajak pergi liburan ke pantai. Nah, kebetulan sekali mantamu yang dulu pernah juga mengajak ke pantai. Sewaktu itu kalian sambil bermain pasir, melawan ombak sama-sama, bahkan main kejar-kejaran. Kalau teringat, mungkin kamu bisa senyum-senyum sendiri. #Ciaaaaa.

4. Kamu berusaha melupakan masa lalu

Karena Berusaha Melupakan Masa Lalu
Foto: pexels

Terkadang semakin kamu berusaha untuk melupakan masa lalu, semakin sulit kamu untuk bisa move on. Walaupun kini kamu telah menemukan pasangan yang lebih baik. Tetapi saking rasa takut kekhawatiran bayang-bayang masa lalu teringat selalu, kamu malah berfokus pada hal itu-itu saja.

Fokuslah ke masa depanmu, lihat ke depan ada siapa? Ada orang yang tulus mencintaimu. Tatap masa depan bersamanya, jangan buang waktu untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting. Cobalah untuk mengingat hal-hal yang membuat kamu itu berpisah dengan mantanmu dulunya. Dengan begini, rasa kangen mantan tidak akan menguasai pikiranmu.

5. Kamu rindu diri kamu yang dulu

Kangen Mantan Karena Rindu Dengan Diri Yang Dulu
Foto: pexels

Alasan mengapa kamu masih suka kangen mantan yang terakhir ialah kamu merindukan diri kamu yang dulu, ketika masih menjalani hubungan dengannya. Hubungan menjadikan segala sesuatu yang baik dan buruk pada jiwamu akan keluar. Positifnya kamu akan lebih aman dan selalu dicintai. Tetapi, pikirkan juga hal terburuknya.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Ingin Memiliki Hubungan yang Langgeng

Baca Juga: Ingin Hubungan Kamu Langgeng? Ketahui 5 Bahasa Cinta Ini

Nah, itulah 5 alasan kenapa kita itu masih kangen mantan meskipun sudah memiliki pasangan baru. Wajar sih hal ini terjadi, karena otak kita itu tidak mudah untuk lupa dengan hal-hal yang terjadi dulunya, apalagi kenangan-kenangan indah.

Yang terpenting kamu tetap fokus untuk masa depan, fokus dengan hubungan yang sekarang, dan fokus untuk menjalani kehidupan yang baru.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.