menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLifepedia4 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Amarah Memuncak

4 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Amarah Memuncak

Hal Yang Harus Dilakukan jika amarah memuncak
Hipwee

Berikut adalah 4 hal yang harus dilakukan ketika amarah sedang memuncak. Namanya kita sebagai manusia, pasti lumrah banget apabila kita memiliki amarah. Marah itu oke-oke saja kok. Karena sebagai bentuk pelepasan kita terhadap sebuah kebencian atau ketidaksukaan.

Tapi gak dipungkiri rasa amarah yang timbul, seringkali bisa merugikan diri sendiri maupun orang di sekitar. Apalagi kalau memang lagi puncak banget amarahnya. Wah kalau kata anak sekarang, “senggol, hajar” he..he.

Nah tentunya bentuk amarah tersebut tidaklah baik sama sekali. Oleh karenanya apabila kita sedang merasakan amarah yang memuncak, sebaiknya langsung lakukan 4 hal ini.

1. Menjauh Dari Orang Sekitar

Young Mna Thinking 732x549 Thumbnail
Healthline

Hal yang harus dilakukan ketika amarah sedang memuncak yang pertama, adalah langsung menjauh dari orang sekitar.

Ya, apabila kamu sedang kesal di situasi atau lingkungan lebih dari satu orang, alangkah baiknya menjauh. Karena seringkali ketika kesal, kita akan “menyemprot” orang yang sebenarnya gak ada hubungannya dengan kekesalan yang kita rasakan.

Atau kalaupun gak nyemprot, tetap saja yang namanya amarah, memberikan vibe negatif di ruangan tersebut. Langsung jauh saja ya guys!

2. Menangis

Rock
Relevant Magazine

Seringkali kita mendengar pernyataan, “udah gede, tua, dewasa, kok nangis?” Ini pernyataan yang SALAH! Menangis, itu juga sama seperti amarah, takut, senang.

ARTIKEL TERKAIT •
Orang Lapar Jadi Mudah Marah dan Tersinggung? Ini Alasannya

Intinya, gak pa-pa banget apabila kita menangis walau sudah berusia 40 atau 30 tahun. Namanya saja manusia kok. Dan faktanya, kekesalan juga timbul karena rasa upset (kekecewaan) kita bukan?

Dengan merubah energi amarah menjadi tangisan, tidak hanya mengurangi potensi jantung, namun juga tidak terlalu merugikan orang di sekitar kita. Yang ada, orang lain justru akan merasa iba atau mau menolong kita.

3. Tidur

Man Sleeping
Medical News Today

Bahkan di ajaran agama Islam saja atau spesifiknya perintah Nabi Muhammad S.A.W, beliau menyuruh umatnya seperti ini. Kalau lagi marah, alangkah baiknya langsung tidur saja.

Dan logikanya memang benar. Ketika kita tidur, kita pada dasarnya mengistirahatkan seluruh tubuh dan otak kita. Jadi otomatis, seluruh beban atau emosi yang dirasakan akan langsung hilang.

Oleh karenanya sekali lagi kalau memang sedang marah banget, langsung saja kamu tidur ya guys!

4. Ibadah

Tuntunan Bacaan Sholat Lengkap Beserta Niat Dan Doanya 2012023
Dream.o.id

Atau kalau belum ngantuk, ya ibadah saja. Terutama kita yang muslim. Walaupun sudah melakukan sholat wajib (misalkan Dzuhur), boleh saja kok kamu melakukan sholat sunnah lagi.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali Macam - Macam Sifat Guru Killer Biar Nggak Kena Apes

Kan tujuannya agar bisa menghentikan emosi yang ada bukan? Lagipula, dengan memperbanyak ibadah, biasanya memang orang akan terhindar dari rasa amarah (gampang marah). Jadi mulai rajin-rajin lagi ya sholat nya guys!

Semoga pembahasannya bermanfaat ya!

Add comment