3 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika Terjebak Dalam Kerusuhan

in
Terjebak dalam kerusuhan
A

Berikut adalah 3 hal yang harus binti kudu banget kamu lakukan jika, sedang terjebak dalam kerusuhan.

Gak dipungkiri sangat ngeri dan berbahaya banget apabila kita sampai terjebak dalam sebuah kerusuhan. Kita bukan anggota salah satu pihak perusuhnya tapi, bisa terjebak dan nyaris menjadi korban.

Dan memang sering banget terjadi orang-orang yang tidak bersalah, terjebak dan berakhir mengenaskan di dalam kerusuhannya. Tentunya kita tidak ingin menjadi seperti ini bukan?

Nah apabila memang kita tidak ingin merasakan hal tersebut, yuk langsung saja simak tips 3 hal yang harus kamu langsung lakukan jika sedang terjebak dalam kerusuhan berikut ini.

1. Jangan Berlari Ke Pintu Keluar (Exit Door)

kerusuhan
Jangan langsung ke pintu keluar (exit door)! | I Dig Hardware

Gak dipungkiri. Kebanyakan orang jika sedang terjebak dalam kerusuhan yang bersifat dalam ruangan (indoor). Mereka akan langsung berlari ke pintu keluar (exit door). Dan memang sih tindakan tersebut merupakan sebuah kelogisan naluri yang paling hakiki.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata tindakan tersebut adalah sebuah kekliruan yang besar banget? Loh kok? Well, sebenarnya hal ini logis banget guys.

Jangankan kerusuhan. Ketika sedang terjebak dalam bencana seperti katakanlah kebakaran di dalam sebuah gedung, pasti orang-orang ini juga akan langsung lari ke pintu keluar.

Nah kalau kamu ikutan seperti ini, ya yang ada kamu akan saling lari sikut-sikutan, gencet-gencetan untuk berlomba menjadi yang pertama menuju pintu keluar. Tentunya kita tidak ingin terjadi bukan?

Oleh karenanya, yang justru harus kita lakukan adalah, mencari pintu keluar alternatif. Atau kalau gak ada dan kamu bisa lompat pagar, ya lompat pagar saja.

2. Cari Lokasi Yang Benar-Benar Aman

kerusuhan
Cari tempat aman seperti misalnya gedung kosong | loveEXPLORING

Setelah berhasil keluar, segera cari lokasi yang dirasa aman atau bebas banget dari serangan kerusuhan.

Kalau perlu masuk saja ke gedung kosong tua yang tidak terpakai atau mungkin rumah orang sekitar yang memang aman banget dari peristiwanya.

Atau, kalalu memang terjbak di dalam, carilah lokasi-lokasi “gak biasa” seperti bawah kolong meja atau dalam lemari.

3. Menyamar Menjadi Anggota Yang Rusuh

Polisi Mengamankan Pendemo Yang Rusuh Di Jalan Ks Tubun Jakarta Rabu 2252019
Menyamar menjadi perusuh aja! | Serambi Indonesia

Wah ini nih trik “dewa” layaknya seperti agen pembunuh 47 di franchise game Hitman. Ya agar aman, langsung saja “menyamar” menjadi salah satu anggota ormas yang sedang rusuh tersebut.

Semisal sebagian besar anggotanya mengenakan jaket dan topi, lalu kamu kebetulan membawa 2 atribut serupa tersebut, maka langsung kenakan.

Bahkan lebih jauh agar lebih tokcer, kamu ikut-ikutan juga sesekali nimpuk atau melakukan aksi yang dilakukan oleh anggota ormas yang kamu samari tersebut. Nah sembari begitu, sembari kamu pelan-pelan berjalan menuju tempat yang aman dan sejauh mungkin.

Apabila sudah sampai, langsung lepas semua atribut yang kamu kenakan tersebut. Dan berjalanlah seperti seolah tidak terjadi apa-apa. Sekali lagi seperti agen 47 yang telah selesai melakukan “pekerjaannya”.

Nah itulah tadi 3 hal yang harus kamu lakukan jika sedang terjebak dalam kerusuhan. Semoga bermanfaat dan stay safe semuanya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini