5 Cara Efektif Menangani Kepanikan Pemecatan Kerja

in
Kepanikan Pemecatan Kerja
Ini dia cara-caranya | Magazine Job-Like

Yang namanya kepanikan setelah menerima surat atau telepon pemecatan kerja memang sangat tidak enak. Ya siapa sih yang ingin kehilangan pekerjaan?

Tapi saat yang sama, rasa kepanikan seperti ini juga hal yang sangat biasa. Masalah yang sering muncul adalah rasa paniknya yang terlalu banget. Alhasil membuat semuanya menjadi kacau balalu bahkan jatuh sakit.

Sekali lagi emang panik rasanya jika kita mendapatkan surat atau telpon pemecatan kerja. Tapi sepanik-paniknya, ya gak sebegitunya juga sih. Dan berikut, adalah 5 trik efektif dalam menangani kepanikannya tersebut.

1. Ya Jangan Super Panik

Businessman Panic 1
Santai saja jek! | Remigius

Langkah pertama ya kembali lagi kita jangan panik banget. Gue tahu panik yang kita rasakan memang karena kita gak dapet uang lagi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dan trust me, gue udah “veteran” dalam hal ini.

Tapi sama seperti ketika panik dengan kompor yang tiba-tiba berasap tebal, kita juga gak perlu sampai seperti stres sendiri juga. Ingat loh guys. Kamu bukan orang pertama yang mengalami pemecatan kerja dalam dunia ini.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Momen Sial Waktu Pakai Laptop ini Bikin Ikut Ngakak

Bahkan kebanyakan selebriti top dunia saat ini, ratar-rata menjadi selebriti karena bos tempat kerja mereka dulu memecatnya. Panik? Silahkan. Tapi anggap saja sebagai kasus menghadapi kompor gosong.

2. Introspeksi

Ini Manfaat Introspeksi Diri Dan Cara Melakukannya 1589451707
Apakah emang bener kamu yang salah nih? | SehatQ

Nah ini nih yang karena saking paniknya, kita jadi suka lupa untuk melakukannya. Ketika mendapatkan kabar pemecatannya dan setelah seluruh panik dan marah-marah, nangis-nangis usai, langsung deh introspeksi.

Tapi ingat dalam keadaaan kamu yang sudah kalem ya. Jangan masih lagi emosi. Coba dalam ketenangan tersebut, me-rewind lagi, berpikir lagi kira-kira, kenapa sih kamu sampai kehilangan pekerjaannya?

Apakah memang bos mu tepat melakukan langkah tersebut atau kesalahannay justru ada pada bos kita. Kalau memang dari kita, ya mohon maaf guys. Terima saja pemecatannya dengan lapang dada.

3. Sibukkan Dengan Hobi

kepanikan pemecatan kerja
Nyanyyin aja kali! | Firstcry Parenting

Memang kalau kamu pikir saran ini agak aneh. Tapi daripada kamu stress abis karena hal ini dan ujungnya sakit atau yang lebih parah, menjalankan kembali hobi yang tertinggal lama bisa menjadi cara mengangani kepanikan pemecatan kerja yang super efektif.

ARTIKEL TERKAIT •
Sering Disalahpaham, Ini 4 Cara Mudah Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Bahagia

Dengan menjalankan hobi kita, rasa senang akan kembali tercipta yang alhasil, membuat tingkat stress yang dirasakan kian menurun. Kalau stres sudah menurun, kitapun bisa langsung memikirkan langkah selanjutnya.

4. Cepat Cari Kerja Lagi

kepanikan pemecatan kerja
Lamar-lamar lagi aja dulu! | CollegeGrad

Setelah seluruh keadaan sudah tenang banget (biasanya menghabiskan 2-3 hari), langsung deh kamu apply-apply lagi.

Dan seperti kita tahu, banyak banget situs-situs cari kerjanya atau, kamu bisa lamar langsung ke perusahaan dan posisi yang kamu inginkan.

5. Berdoa dan Beribadah

kepanikan pemecatan kerja
Mintalah ke DIA! ec524ab4 65da 4d22 9fd2 fd951787a7dc Tokopedia

Nah inilah langkah yang paling utama. Percuma aja kalau kamu udah rajin masukin lamaran sana-sini, tapi kamu gak memohon kepada-NYA.

Panjatkan doa dalam prosesi ibadah masing-masing kamu. Mintalah kepada-NYA untuk selalu bisa tabah dan lamaran yang kamu masuk-masukan dari kemaren ada yang tembus.

Gue jamin kalau kamu semua melakukan 5 langkah ini, kamu gak perlu sampai merasa panik yang super merugikan bahkan, destruktif terhadap fisik dan mental diri. Semoga bermanfaat ya guys!

Berikan Nilai Untuk Konten ini