7 Mas Kawin Anti Mainstream Yang Bikin Kita Gak Nyangka

in
Ilustrasi Pernikahan
Ilustrasi Pernikahan

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, mas kawin ialah sebuah ‘harta’ yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika acara pernikahan. Tradisi pemberian mas kawin atau mahar ini telah banyak dilakukan di berbagai negara.

Mempelai wanita dapat menentukan sendiri mas kawinnya. Namun lebih baik jangan sampai membebani pihak laki-laki dengan mahar yang aneh atau mahal. Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan uang tunai atau seperangkat alat shalat sebagai mas kawinnya.

Gagal Menikah Meski Sudah Lama Pacaran? Intip Penyebabnya!

Tapi ternyata ada pula pasangan yang meminta mas kawin bisa dibilang unik dan antimainstream. Apa saja itu, simak daftarnya di bawah ini.

1. Bitcoin

Mas Kawin Bitcoin
Mas Kawin Bitcoin | via http://kumparan.com

Perlu diketahui, bitcoin adalah sebuah uang elektronik. Pasangan Mustika dan Fajar Widi memilih uang virtual ini menjadi mas kawinnya. Tapi jangan meremehkan, nilai dari uang bitcoinnya mencapai Rp 90 juta Rupiah, lho.

2. Bacaan surat Ar-Rahman

Mas Kawin Bacaan Ar Rahman
Mas Kawin Bacaan Ar Rahman | via http://syahida.com

Pernikahan antara Dodi Hidayat dengan Auliya Rahmi Fadhillah pernah menjadi viral di sosial media. Karena sang pengantin perempuan hanya meminta calon imam nya itu membacakan ayat suci Al-Quran, yakni surat Ar-Rahman sebagai mas kawinnya. Sontak suasana pernikahannya saat itu menjadi haru dan trenyuh.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kunci Memiliki Keluarga Bahagia

5 Kunci Memiliki Keluarga Bahagia

3. Sepatu gunung

Mas Kawin Sepatu Gunung
Mas Kawin Sepatu Gunung | via http://phinemo.com

Pemilihan sepatu gunung sebagai mas kawin kemungkinan karena mereka sama-sama suka manjat gunung. Namun alasannya belum diketahui kenapa pasangan asal Lombok ini memilih sepatu gunung.

4. Sepasang lovebird

Mas Kawin Sepasang Lovebird
Mas Kawin Sepasang Lovebird | via http://tribunnews.com

Dari namanya saja “lovebird” yang mengartikan sebagai burung cinta. Burung lovebird juga menandakan tanda cinta kepada pasangan. Itulah yang menjadi alasan mengapa pasangan ini memilih sepasang lovebird sebagai mas kawin nya.

5. Segelas air putih

Mas Kawin Segelas Air Putih
Mas Kawin Segelas Air Putih | via http://tribunnews.com

Pasangan asal Aceh ini cukup unik karena memilih segela air putih nya sebagai mas kawin pernikahannya. Walaupun terlihat sederhana, tapi yang terpenting dari suatu pernikahan ialah bagaimana calon pasutri menjalankan kehidupan di kemudian harinya.

Mau Nikah? Yuk Kenali 4 Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam!

Sang mempelai wanita ini meminta mas kawin yang tidak boleh dipakai oleh suaminya. Karena itulah ia memilih segelas air putih, karena air putih dapat langsung habis dan tidak tersisa.

6. Saham

Mas Kawin Saham
Mas Kawin Saham | via tribunnews.com

Nah kalau mas kawin ini kemungkinan orang berdompet lah yang bisa memberikannya. Idunk sebagai mempelai pria memberikan saham sebagai mas kawinnya. Saham dengan kode SIDO, yaitu perusahaan miliknya yang merupakan salah satu perusahaan jamu terkenal di Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Orangtua Tidak Merestui Pilihan hati

7. Sendal jepit

Mas Kawin Sandal Jepit
Mas Kawin Sandal Jepit | via http://detik.com

Pasangan pengantin Budi Risdianto dan Julia Warsita ini juga pernah viral di sosial media. Budi sebagai mempelai pria memberikan mas kawin yang unik, yaitu sepasang sendal jepit. Sendal jepit berwarna kuning yang telah dilengkapi bingkai dengan hiasan bunga kering.

Seorang Wanita Terkejut Suaminya Ternyata Kaya Raya Menjelang Pernikahan

Nah, apakah kamu terinspirasi dengan artikel ini? Apa mungkin kamu malah nanti akan memberikan mas kawin yang lebih mainstream lagi? Sangat unik kisah mereka dan pasti akan menjadi kenangan yang manis jika nantinya dikenang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.