Tidak Sama, Inilah 6 Perbedaan Cewek dan Wanita

in ,
Woman
Woman | Credit Image: Unsplash

Wanita adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan perempuan yang telah dewasa. Nah, untuk perempuan yang masih belum menunjukkan sisi kedewasaan diri alias labil, disebut juga dengan cewek (anak gadis). Jika ditarik garis lurus, maka makna dari wanita dan cewek itu ternyata berbeda. Berikut perbedaan cewek dan wanita.

1. Wanita gak akan banyak menuntut karena dia berusaha melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Sedangkan cewek akan banyak menuntut dengan mengatasnamakan cinta

Ilustrasi Cewek Terlalu Menuntut perbedaan cewek dan wanita
Ilustrasi Cewek Terlalu Menuntut | HelloSehat

“Sadar gak kalo kamu tuh selalu kerja, kerja dan kerja. Yang ada di otak kamu kerja melulu, kapan coba kita terakhir pergi dinner bareng?”
“Kamis malam kemarin kan kita dinner bareng, yang?”
“Ya itu dinner apaan, makan di depot doang. Maksudku dinner romantis, kamu kerasa gak sih kita udah gak seromantis dulu?”

Gak semua cewek nuntutnya kayak gitu sih, tapi wanita pasti mengerti apa yang sedang dialami oleh pasangannya. Ketika pasangannya bilang keuangannya sedang sulit karena ada urusan keluarga yang lebih penting, wanita gak akan ngotot minta dinner di tempat mahal.

Dia bahkan bisa mengirimkan bekal untuk kekasihnya. Dia bisa berpikir apa yang bakal dipikirkan pasangannya, apa yang dirasakan pasangannya, apa yang akan dilakukan pasangannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Pantaskah Mendukung Anti Feminisme?

Sedangkan cewek kelihatannya selalu berusaha menjaga hubungan, membuatnya terlihat sempurna-yang akhirnya jadi tuntutan. Dia cuma peduli apa yang dia pikirkan walaupun kesannya dia meminta itu untuk kebaikannya dan pasangan.

2. Wanita gak akan bilang, “Kamu tuh gak pernah ngertiin aku!” dan sebaliknya dia akan bilang, “Yuk kita duduk bareng, kita selesaikan masalah kita bareng”. Berbeda dengan cewek yang seakan-akan merasa dunia ini gak pernah adil untuknya

Wanita lebih matang dalam hal menjalin hubungan. Matang dalam mengendalikan perasaan, matang dalam mengendalikan emosi dan matang dalam berpikir. Ketika satu hal berjalan tidak sesuai dengan rencananya, atau ketika ada perbedaan pendapat antara dirinya dan kekasih, dia gak akan ‘meledak’ secara langsung. Dia mengerti bahwa perbedaan dalam hubungan itu normal dan dia akan berusaha mencari jalan tengahnya.

Cewek akan merasa dunia ini jahat, semua hal tidak berjalan sesuai rencananya. Dia akan merasa seperti perempuan baik hati tak bersalah yang sedang diuji iman dan kesabarannya.

Padahal, jauh di dalam hatinya, cewek tersebut ingin dikasihani. Memang tampaknya ia seperti sosok cewek yang ingin selalu mendapat perlindungan dan perhatian cowoknya. Wajar sih wajar, tapi yang dia inginkan sebenarnya adalah perhatian yang utuh untuk dirinya saja.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Alasan Mengapa COVID-19 Memberikan Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental Perempuan

3. Wanita itu paham bahwa dalam hubungan gak ada siapa yang lebih dominan, siapa yang jalan di depan dan belakang. Dia paham bahwa hubungan itu keduanya berjalan beriringan, mencapai sesuatu bersama, dalam suka maupun duka

Ilustrasi Wanita Dan Kekasih perbedaan cewek dan wanita
Ilustrasi Wanita Dan Kekasih | Fauzifadlin

Berbeda dengan cewek yang merasa salah satu dari pasangan harus take in charge.

Dalam menjalin hubungan dengan kekasih, memang gak semuanya selalu berjalan seimbang dan sama. Kadang perlu ada satu pihak yang take action duluan. Namun konteksnya di sini berbeda-lebih ke perasaan superior atau sindrom “Aku terlalu baik untukmu”.

Wanita akan merasa dia dan pasangannya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Daripada sibuk mencacati kekurangan pasangan dan selalu menyalahkannya, dia akan berusaha mengimbangi kelemahan pasangannya dengan kelebihan yang ia miliki. Misalnya, dia tahu pasangannya itu tipe pemalu dan gak suka bergaul sama orang lain.

Wanita akan berusaha menjadi jembatan untuk membukakan jalan bagi pasangannya. Sedangkan cewek akan merasa dirinya lebih jago, dia adalah si supel yang terkenal dan banyak koneksi. Dia merasa lebih hebat dari pasangannya dan ketika orang lain bilang, “Gila beruntung banget si Bambang dapat cewek kayak elu”, dia seakan mendapatkan afirmasi atau penegasan bahwa pikirannya selama ini memang benar. Lihat kan? Ada perbedaan pola pikir di sini.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Trik Terlihat Keren Anti Canggung Di Hadapan Wanita

4. Wanita akan memilah apa kritik dan masukan atas dirinya, sedangkan cewek akan menelan bulat-bulat apa kata orang terhadapnya

Yang dipedulikan pun berbeda, wanita peduli apa yang bisa membangun dirinya menjadi pribadi yang lebih baik. Sedangkan cewek lebih peduli apa gambaran dirinya di mata orang lain

Wanita akan menerima kritik yang membangun bagi dirinya dan pasangan. Ketika ada orang memberikan masukan atau kritik, dia akan mendengarkan dengan rendah hati. Namun setelah itu, dia akan mengevaluasi apakah kritik yang diberikan orang lain itu benar, membantu dirinya menjadi orang yang lebih baik untuk pasangannya.

Sedangkan cewek, dia langsung melindungi dirinya sendiri dengan sejuta alasan dan mencari jawaban untuk menangkis kritikan orang lain. Setelah itu dia akan berusaha mengubah dirinya menjadi apa yang diinginkan orang tersebut.

Simpel, sekadar untuk membuktikan bahwa dirinya (dan pasangan) tidak seperti yang yang dikatakan orang lain. Akhirnya, hal ini bisa berujung pada poin nomor satu, dimana sang cewek jadi suka menuntut.

ARTIKEL TERKAIT •
Ini 5 Alasan Kenapa Pasangan yang Sama-sama Sibuk Lebih Awet dan Langeng

Wanita akan percaya sama pasangannya, gak akan banyak bicara dan dia mampu berpikir untuk menyaring mana yang perlu buatnya dan sekadar ikut-ikutan tren. Sedangkan cewek merasa dia harus melakukan apa yang juga dilakukan orang lain, alhasil dia maksa pasangannya buat ke tempat romantis, posting foto di media sosialnya sebagai bukti. Bukti bahwa mereka juga sudah jadi pasangan romantis-menurut standar mayoritas orang.

5. Wanita akan menjadi pribadi yang sama, di depan pasangannya dan di depan orang tua pasangannya. Dia gak akan merasa tersaingi oleh calon iparnya

Wanita Dan Calon Mertua
Wanita Dan Calon Mertua | Hipwee

Sedangkan cewek berusaha tampil sebaik mungkin di depan orang tua pasangannya supaya bisa merebut hati mereka

Wanita akan berusaha sebaik mungkin menjadi menantu terbaik, namun dia juga sadar bahwa nanti dia punya ipar, semuanya juga punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Dia sadar bahwa persaingan tidak langsung ada namun bukan berarti dia harus menjadi orang lain untuk memenangkan pertarungan tersebut.

Sedangkan cewek biasanya berpikiran sempit dan merasa dirinya dalam sebuah pertarungan sengit untuk memenangkan hati calon mertua. Memang sih, kelihatannya tujuan si cewek ini bagus, untuk menyenangkan hati orang tua. Tapi alhasil, dia kadang harus berpura-pura di depan orang tua pasangannya dan menjadi orang lain di depan orang tua kekasihnya. Akhinya, dia sendiri kan yang lelah?

ARTIKEL TERKAIT •
Viral, Gara-Gara Ketahuan Mencuri Bunga, Dua Wanita ini Dipaksa Untuk Buka Jilbabnya

6. Daripada ribut-ribut mencari siapa yang salah dalam sebuah masalah, wanita akan fokus untuk merefleksikan dirinya

Berbeda dengan cewek yang kesannya ingin menyelesaikan masalah namun sebenarnya dia hanya mencari orang lain untuk disalahkan.

Kalau kamu bisa bedakan wajah imut nan cantik antara Via Vallen, Nella Kharisma, dan Jihan Audy, kamu seharusnya juga bisa bedakan mana wanita dan mana cewek. Wanita akan berusaha semampunya untuk mengecek dirinya sendiri daripada menghakimi orang lain.

Dia gak akan main tuduh, menyerang orang lain (baca: perempuan lain), membuat dirinya kelihatan baik dan bagus, sedangkan orang lain terlihat sebagai kambing hitamnya.

Wanita gak akan gegabah mengambil tindakan dan lebih matang memikirkan tindakannya-termasuk risikonya. Berbeda dengan cewek, yang lebih sering merasa insecure.

Memang dari luar, cewek akan terlihat sebagai si problem solver, tapi lelaki yang cerdas pasti bisa menilai mana perempuan yang fair mau mengakui kesalahannya dan mana perempuan yang tidak mau disalahkan meski dia bersalah.

Deskripsi perbedaan wanita dan cewek ini memang terkesan subjektif karena kata baik itu sendiri sebenarnya bersifat relatif. Baik menurut satu orang belum tentu berarti baik menurut orang lain.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Balasan Chat / SMS Yang Akan Membuat Wanita Klepek-Klepek

Namun wanita akan selalu berusaha untuk tampil apa adanya, berproses menjadi pasangan, penolong dan pendamping yang layak untuk pasangannya.

Sedangakan cewek selalu merasa dirinya sudah baik dan tidak perlu berubah lagi. Kan terbukti dari para lelaki yang berbaris mengantri untuk memuja dirinya.

Seseorang pernah mengatakan bahwa,

“Cewek adalah makhluk yang perlu dilindungi dan dibimbing serta dilihat, namun belum patut untuk dinikahi. Sedangkan wanita adalah makhluk yang tiada duanya, dia mampu mengubah dunia dengan dirinya, dia adalah apa yang disebut sebagai calon seorang istri dan juga calon seorang ibu, dan wanita adalah makhluk yang mampu menjaga egonya.”

Jadi bisa disimpulkan antara wanita dengan cewek adalah sebuah perbedaan yang mendasar atas kedewasaan diri dalam sebuah sikap keduanya di setiap menghadapi sesuatu.

Refrensi:
https://www.idntimes.com/…/cowok-perlu-tahu-bedanya-c…/full…

https://ngonoo.com/…/14-perbedaan-mendasar-antara-wanita-…/…

https://rullynurrahim.blogspot.com/…/assalamualaikumwarahma…

Berikan Nilai Untuk Konten ini