Begini 5 Cara Ampuh Untuk mengusir Semut Dalam Rumah

in
Cara Mengusir Semut Yang Berkeliaran Dalam Rumah
Cara Mengusir Semut Yang Berkeliaran Dalam Rumah

Apa yang kamu rasakan ketika melihat semut yang jumlahnya banyak berkeliaran di dalam rumahmu? Pasti risihkan? Rasanya ingin mengusirnya secara kasar, tapi itu tidak boleh karena semut adalah hewan yang dilarang untuk dibunuh. Walaupun tubuhnya kecil, tapi karena jumlahnya yang banyak kerap mengganggu aktivitas kita. Lantas, bagaimana cara yang ampuh untuk mengusir semut dalam rumah?

Caranya sangat sederhana, tak perlu harus mengusirnya secara kasar atau bahkan sampai membunuhnya. Pokoknya setelah kamu gunakan 5 benda ini dipastikan berbagai jenis semut tak akan berani lagi berkeliaran dalam rumahmu.

5 Cara Ampuh Untuk Mengusir Semut Dalam Rumah

1. Petroleum Jelly

Mengusir Semut Menggunakan Petroleum Jelly
Menggunakan petroleum jelly (webmd.com)

Cara pertama yang ampuh untuk mengusir semut yang menganggu adalah menggunakan Petroleum Jelly. Petroleum Jelly merupakan produk perawatan bagi kulit kita. Aroma dari produk perawatan kulit ini membuat semut tidak mau hinggap ke tempat yang kita olesi produk ini. Ditambah lagi teksturnya yang lengket membuat semut menghindari area tersebut.

Baca Juga: Semut Bisa Membuat Obat Sendiri Saat Sakit

ARTIKEL TERKAIT •
5 Fakta Unik Lebah, Dari Usaha Mencari Madu, Hingga Memiliki 5 Mata

2. Daun Sirih

Daun Sirih
Daun Sirih (sehatq.com)

Seperti yang kita tahu, daun sirih banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sejak zaman nenek moyang kita pun daun sirih memiliki banyak manfaat. Dan ternyata, selain itu daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut yang bandel.

Cara menggunakannya pun sangat gampang, cukup dengan menaruh beberapa lembar daun sirih ke area yang sering semut lewati. So pasti semut tak akan berani melewati area tersebut.

3. Mengusir Semut menggunakan Tepung Terigu

Tepung Terigu
Tepung terigu (makanabis.com)

Tepung terigu adalah salah satu bahan untuk membuat sebuah adonan kue. Dan tepung terigu juga bisa bermanfaat untuk mengusir semut dalam rumah. Caranya dengan menaburkan tepung terigu secukupnya ke area yang sering semut lewati. Dengan begitu semut pasti akan sulit untuk menerobos area yang telah kamu tabur tepung terigu tadi.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keracunan

4. Air Lemon

Mengusir Semut Dengan Air Perasan Lemon
Mengusir semut dengan air perasan lemon (sehatq.com)

Perlu kita ketahui kalau semut tidak menyukai aroma-aroma asam. Nah, air lemon yang beraroma asam bisa kamu manfaatkan untuk mengusir hewan yang satu ini. Cara simplenya cukup peras beberapa buah lemon, lalu masukkan ke dalam botol penyemprot. Dan semprotkan ke area yang sering koloni semut lalui.

ARTIKEL TERKAIT •
Semut Bisa Membuat Obat Sendiri Saat Sakit

5. Rajin Bersih-Bersih

Rajin Bersih Bersih Rumah
Rajin bersih-bersih rumah (dekoruma.com)

Cara terakhir yang ampuh untuk mengusir semut adalah rajin bersih-bersih. Kita tahu kalau kebersihan itu adalah sebagian dari Iman. Makanya biasakan untuk memeriksa kondisi rumah, apakah sudah bebas dari sumber-sumber makanan yang menyebabkan datangnya semut.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengusir Cicak Dalam Rumah, Ngak Kembali Lagi

Nah, itulah 5 cara ampuh yang bisa kamu gunakan agar rumah kamu tidak menjadi sarang bagi semut. Tunggu apalagi, langsung aplikasikan salah satu cara yang kamu anggap gampang..

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.