6 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

in
Cara Menghilangkan Karat Pada Besi
Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Karat layaknya sesuatu yang sangat tidak diinginkan kehadirannya. Karat sering timbul secara alami pada benda-benda yang ada di rumah kita, terutama yang terbuat dari besi atau stainless steel. Peralatan yang berkarat malah membuat peralatan tersebut sudah tidak enak dilihat lagi dan rasanya ingin dibuang saja. Namun, jangan asal langsung membuangnya, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat pada besi.

Penyebab utama peralatan yang bahan dasarnya besi jadi berkarat karena sudah jarang digunakan atau karena terlalu lama didiamkan di suatu tempat. Tentu faktor usia juga tak luput dari karat yang datang. Berikut telah kami rangkum 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat pada besi dengan mudah.

Cara Gampang Menghilangkan Karat Pada Besi

1. Cuka Putih

Cuka Putih
Cuka Putih (beres.id)

Tentunya kamu sudah tak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Cuka putih memiliki banyak manfaat, seperti menghilangkan noda di baju, bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pemeliharaan tanaman, dan masih banyak lagi. Jika kamu menemukan peralatan yang terbuat dari besi sudah berkarat, jangan langsung membuangnya. Cobalah gunakan cuka putih untuk membersihkannya.

ARTIKEL TERKAIT •
Kulit Cerah dengan Air Cucian Beras

Baca Juga: 5 Bahan Alami Yang Ampuh Mengusir Lalat Di Dalam Rumah

Karena cuka putih memiliki manfaat untuk menghilangkan karat pada besi. Caranya juga sangat sederhana, tuangkan beberapa tetes cuka putih ke kain bersih, kemudian gosokkan kain tadi ke peralatan yang sudah berkarat. Gosokkan secara terus menerus sampai karatnya menghilang. Atau kamu juga bisa menggunakan spons cuci piring untuk menggosoknya.

2. Baking Soda dan Lemon

Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Baking Soda Dan Lemon
Baking soda dan lemon (kawaiibeautyjapan.com)

Kombinasi dari baking soda dan lemon ternyata memiliki kegunaan untuk menghilangkan karat pada besi. Campurkan kedua bahan tersebut, aduk hingga membentuk pasta, dan terakhir gosokkan pada benda yang berkarat. Diamkan terlebih dahulu selama lebih kurang 15 hingga 20 menit hingga pasta tersebut mengering.

Jika masih kurang, kamu bisa menambahkan pastanya lagi. Lalu gosok permukaan yang berkarat tadi dengan spons bagian yang kasarnya. Setelah itu jemur hingga kering. Kamu tak perlu mencucinya dengan air karena yang ada menimbulkan korosi.

3. Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kentang Dan Sabun Pencuci Piring
Kentang dan sabun pencuci piring

Kepikiran nggak kamu ternyata kombinasi dari bahan makanan dan bahan pembersih ini ternyata bermanfaat untuk menghilangkan karat pada besi. Akan tetapi, proses pembuatan bahan yang satu ini memang cukup ribet, diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk membuatnya.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara yang Bisa Dilakukan Saat AC Tidak Bisa Dingin

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Cegukan Secara Alami

Yang pertama, kupas kulit kentang dan blender hingga hancur secara merata. Kemudian campurkan kentang yang sudah halus tadi dengan sabun cuci piring secukupnya. Setelah itu, balurkan permukaan benda yang berkarat dengan racikan pasta yang tadi kamu buat. Diamkan sekitar 1 hingga 2 jam, sebelum menggosoknya dengan spons kawat atau aluminium foil.

4. Menghilangkan Karat Pada Besi Menggunakan Minuman Berkarbonat

Minuman Berkarbonat
Minuman berkarbonat (kompasiana.com)

Selain caranya sangat mudah, harganya juga sangat murah untuk mendapatkan produk minuman berkarbonasi. Cara menghilangkan karat pada besi menggunakan minuman berkarbonat adalah yang pertama tuangkan minuman soda ke dalam sebuah wadah, lalu masukkan benda berkarat ke dalam wadah tadi.

Diamkan agar benda berkarat tadi terendam selama 30 hingga 60 menit. Sembari menggosok-gosokkan karat pada benda sampai benar-benar menghilang. Kemudian, siram dengan air bersih sampai bekas soda menghilang. Selanjutnya, keringkan dengan kain kering sebelum menyimpannya kembali.

5. Amplas

Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Amplas
Amplas (pixabay.com)

Seperti yang kita tahu, amplas memiliki tekstur yang kasar, makanya bisa berguna untuk menghilangkan karat pada besi. Gosokkan bagian permukaan amplas yang kasar ke benda yang berkarat secara perlahan hingga karatnya luntur. Atau itu sih tergantung kamu, mau menggosoknya dengan cepat pun juga bisa.

ARTIKEL TERKAIT •
Kulit Cerah dengan Air Cucian Beras

Setelah kiranya selesai, bilas dengan air bersih sebelum kamu mengeringkannya dan menyimpannya kembali.

6. Garam dan Jeruk Nipis Untuk Menghilangkan Karat Pada Besi

Garam Dan Jeruk Nipis
Garam dan jeruk nipis (tribunnews.com)

Manfaat garam dan jeruk nipis mampu untuk menghilangkan karat pada besi. Karena kedua bahan masak ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Cara pengaplikasiannya ambil beberapa butir garam kemudian taburkan pada benda yang berkarat. Lalu biarkan beberapa waktu, setelah siram perasan jeruk nipis ke atas karat, biarkan kembali sekitar 2 hingga 3 jam.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Hewan Prasejarah Berukuran Raksasa

Langkahnya belum selesai, jangan lupa gosokkan permukaan karat tadi dengan bagian dalam buah jeruk nipis. Setelah karat sudah menghilang, jemur terlebih dahulu hingga kering dan terakhir simpan pada tempat yang bersih dan tidak lembap.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan bagaimana cara membersihkan peralatan-peralatan dari serangan karat. Yang terpenting adalah kita harus membersihkan selalu peralatan yang kita miliki secara teratur. Tentu cara demikian akan menghindarkan peralatan dari karat.

ARTIKEL TERKAIT •
Kulit Cerah dengan Air Cucian Beras

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.