Warna Kain Berubah Menjadi Gelap Saat Basah? Kok Bisa?

in ,
Mengapa Warna Kain Yang Basah Terlihat Gelap
Mengapa Warna Kain Yang Basah Terlihat Gelap

Dari sekian banyak orang yang sedang membaca artikel ini pasti merasa risih saat air keringat membasahi pakaianmu. Alasannya kebanyakan karena menimbulkan aroma yang tidak sedap sehingga mempengaruhi tingkat percaya dirinya. Walaupun perubahan warna kain ini tidak terlalu mencolok pada beberapa jenis kain. Namun, kenapa sih kain akan terlihat lebih gelap jika sedang basah atau terkena air.

Kita harus mengetahui bagaimana sisi pandang kita dalam melihat warna. Pada dasarnya, kita dapat melihat warna tertentu karena mata kita memperoleh informasi yaitu cahaya yang dipantulkan oleh seluruh benda yang terhampar oleh cahaya.

Ketika cahaya menghinggap pada suatu benda, maka sebagian cahaya akan diserap, dan sebagiannya lagi akan terpantul.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Pusing Kepala Secara Alami

Perubahan warna kain tergantung pada cahaya

Warna Kain Menjadi Gelap Saat Basah
Warna kain menjadi gelap saat basah (Beuatynesia.id)

Contohnya, saat kita melihat rerumputan hijau yang membentang luas di lapangan, itu terjadi karena cahaya matahari yang dipantulkan daun tersebut mengenai pada panjang gelombang cahaya hijau di mata. Hal itu akan membuat otak kita menerjemahkan tampilan visual berupa warna hijau.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Meletakkan Ponsel Basah ke Dalam Beras Bisa Menyerap Airnya?

Apa saja yang dilihat oleh mata telah mengikuti prosedur yang serupa. Semuanya itu tergantung pada bagaimana cahaya akan dipantulkan melalui benda-benda dan bagaimana cahaya tersebut diserap.

Untuk kasus perubahan warna kain yang menjadi gelap ketika basah, terdapat lapisan tambahan yang membuat kain tertutup, lapisan tersebut adalah permukaan air.

Baca Juga: Mandi Malam Tidak Menyebabkan Paru-Paru Basah

Jadi, kesimpulannya….

Kalau pakaian yang misalnya berwarna putih menjadi basah, maka cahaya yang menyinari kain akan menembus lapisan atas air. Sehingga lapisan inilah yang membuat cahaya yang terlihat oleh mata menjadi lebih sedikit. Hal ini karena cahaya lebih banyak diserap air.

Permukaan warna kain yang dilindungi oleh permukaan air pun akan merubah sudut cahaya yang menyambarnya.

Baca Juga: 3 Jenis Masker Mulut Yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi kesimpulannya, warna kain dari suatu benda akan terlihat gelap, ketika jumlah partikel dari kain yang terlihat oleh mata lebih sedikit.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.