Ciri Rambut Rusak yang Harus Diketahui, Waspadalah

in
Ciri Rambut Rusak
Ciri Rambut Rusak

Semua orang pasti sangat ingin memiliki rambut yang sehat dan indah dipandang, terutama bagi seorang wanita. Mereka tidak ingin mengalami berbagai permasalahan rambut, seperti rambut rontok kering, atau ciri rambut rusak lainnya.

Oleh karena itu, berbagai cara mereka lakukan demi menjaga kesehatan rambutnya. Mulai dari menggunakan shampo yang tepat, menggunakan vitamin rambut, atau melakukan perawatan di klinik khusus rambut.

Namun, terkadang rambut masih juga dapat mengalami kerusakan. Hal tersebut membuat kita mau tak mau memotong rambut yang rusak tadi, dan membiarkannya tumbuh lagi. Agar kondisi kerusakan rambutmu tak bertambah parah, kamu harus mengetahui apa saja ciri-ciri rambut rusak.

Ciri Rambut rusak yang harus kamu ketahui

1. Rambut kusam dan kering

Ciri rambut rusak Rambut Kusam Dan Kering
Rambut Kusam Dan Kering | via https://www.tresemme.com/

Ciri pertama rambut rusak adalah terlihat bahwa rambut kering dan kusam. Hal ini disebabkan karena rambut kehilangan minyak alami. Rambut sangat memerlukan minyak alami demi menjaga kelembapan rambut.

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Yang Kering, Biar Gak Ngembang-Ngembang

Minyak alami pada rambut biasanya akan berkurang atau menghilang saat kita terlalu sering melakukan keramas. Maka dari itu, kita harus menjaga produksi minyak alami pada rambut agar membuat rambut tidak kering dan kusam.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahan-Bahan Alami Pelurus Rambut Dan Cara Penggunaannya

2. Rambut mengembang

Ciri rambut rusak Rambut Mengembang
Rambut Mengembang | via https://id.wikihow.com/

Pada helai-helai rambut terdapat lapisan bernama kutikula yang memiliki fungsi luar biasa bagi untuk rambut. Salah satunya ialah untuk menjaga kelembapan tiap-tiap helai rambut.

Penyebab rambut kehilangan kelembapannya adalah karena terjadi kerusakan pada kutikula. Hal tersebut menyebabkan rambut akan mudah kering dan mengembang.

Penyebab lainnya karena seluruh lapisan pelindung pada rambut mengalami kerusakan. Hal itu akan membuat serat bagian dalam rambut akan lebih mudah terpapar langsung lingkungan luar, sehingga mudah membuat rambut rusak.

3. Rambut bercabang dan patah

Ujung Rambut Bercabang
Ujung Rambut Bercabang | via https://parenting.orami.co.id/

Apakah kamu pernah mengalami rambut mudah patah ketika disisir atau ujung rambutnya bercabang? Terdapat dua hal yang menyebabkan rambut mengalami kerusakan.

Kelenturan pada rambut yang berkurang karena lapisan kultikula yang telah rusak menyebabkan rambut rentan sekali patah. Selain itu, kelenturan rambut yang bermasalah juga akan membuat bagian ujung rambut menjadi bercabang.

5 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Dengan Ramuan Alami

Kita bisa melihat tanda rambut bercabang adalah ujung rambut terbagi menjadi dua bagian.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Ampuh Mengatasi Rambut Yang Kering, Biar gak Ngembang-Ngembang

4. Rambut menipis

Rambut Menipis
Rambut Menipis | via https://www.mocoo.id/

Ciri rambut rusak selanjutnya adalah tekstur rambut yang tipis. Ada beberapa penyebab yang membuat rambut menjadi menipis. Seperti kesalahan dalam perawatan atau kesalahan pola makan kita.

Rambut sangat memerlukan asupan vitamin yang cukup sehingga rambut dapat tumbuh dengan sehat dan tampak optimal.

5. Rambut sering kusut

Rambut Kusut
Rambut Kusut | via https://nova.grid.id/

Dan ciri rambut rusak terakhir adalah rambut jadi sering kusut. Hal yang menyebabkannya karena lapisan kultikula pada rambut yang rusak biasanya telah terlepas. Sehingga akan terlihat bagian ujung rambut akan tajam.

Bahan-Bahan Alami Pelurus Rambut Dan Cara Penggunaannya

Ketika ujung kutikula yang telah tajam ini berbenturan dengan ujung kutikula rambut lainnya, hal itulah yang menyebabkan rambut menjadi kusut.

Rambut rusak yang tidak memiliki kelembapan dan saat ujung kultikula rambut akan lebih mudah membuat rambut semakin kusut dan susah untuk diatur.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.