Ini Hal Yang Bisa Diajarkan Kepada Buah Hati Kamu Tentang Kebaikan

in ,
Ini Hal Yang Bisa Diajarkan Kepada Buah Hati Kamu Tentang Kebaikan
Ini Hal Yang Bisa Diajarkan Kepada Buah Hati Kamu Tentang Kebaikan | Source : intisari.grid.id

Sebagai orangtua, pasti kita ingin anak kita kelak dewasa menjadi pribadi yang baik. Sebagaimana mestinya, didikan yang baik akan melahirkan pribadi yang baik pula pada si anak.

Nah ada beberapa cara yang harus kamu lakukan agar anak kamu menjadi anak yang baik kelak dewasa nanti.

Berikut adalah hal yang harus kamu ajarkan kepada buah hati

1. Mengenalkan anak kepada tuhan dan mencintainya

Hal yang paling harus kamu ajarkan ke anakmu yaitu mengenalkan tuhan sang pencipta bumi dan langit. Ajarkan bahwa tuhanlah yang menciptakan manusia dan makhluk hidup serta alam semesta yang ada di dunia ini.

Ajarkan juga mengenai agama atau hal-hal yang berbau religius. Karena dengan itu, anakmu akan menjadi pribadi yang baik, bisa memiliki sikap menghormati, dan punya keyakinan bahwa tuhan adalah pemilik segalanya.

Dan anakmu akan akan memiliki sifat yang tidak sombong dan lebih mengingat tuhan di dalam semua kegiatannya.

2. Ajarkan agar selalu menghormati kedua orang tua

Semua orangtua pasti sangat mengharapkan agar buah hatinya kelak akan selalu menyanginya. Maka dari itu, mulai sejak kecil, cobalah ajarkan anakmu agar selalu ingat, patuh, sayang dan selalu mendoakan orang tuanya, di mana dan kapan saja.

ARTIKEL TERKAIT •
Kanker Bisa Tumbuh Kembali Setelah Sembuh, Mengapa Demikian?

Bangunlah sedekat mungkin hubungan antara orang tua dengan anak, dan selalu ajari tentang kasih sayang antara keduanya.

Jika orang tua mengajarkan tentang kepedulian kepada anak-anak mereka, bukan tidak mungkin lagi jika anak mereka akan menjadi pribadi yang lebih baik kepada orang tua atau teman-temannya.

3. Ajari tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Jika orang tua membuang sampah sembarangan, anak-pun akan mengikuti perilaku orang tuanya. Maka dari itu berilah contoh yang baik kepada anak. Salah satunya untuk selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Nah, jika anak sudah terbiasa menjaga kebersihan diri maupun lingkungan, dia akan menjadi salah satu anak baik yang selalu menjaga lingkungan, dan dirinya-pun akan selalu sehat.

4. Ajari tentang kejujuran

Kejujuran adalah salah satuh sifat yang baik di dalam diri manusia. Namun sayang di dunia ini masih banyak orang-orang yang tidak jujur.

Selain merugikan orang-orang, sifat tidak jujur juga bisa merugikan diri sendiri. Maka dari itulah, ajarkan anak tentang arti kejujuran.

ARTIKEL TERKAIT •
Sering Disalahpaham, Ini 4 Cara Mudah Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Bahagia

Karena dengan jujur, anak akan selalu disenangi orang-orang, selain itu juga mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

5. Ajarkan anak agar selalu tepat waktu

Tepat waktu adalah hal yang sangat perlu dimiliki oleh siapapun. Maka dari itu ajarkan anak agar selalu tepat waktu dalam berbagai hal. Contohnya makan, tidur, bersekolah dan aktivitas lainnya. Hal ini sangat berguna saat anak dewasa kelak.

Ketika dewasa, anak memiliki pekerjaan, dia akan terbiasa tepat waktu dalam berbagai kesempatan, termasuk janjinya dengan atasannya.

6. Ajari tentang kemandirian

Kemandirian sangat penting untuk dimiliki oleh anak. Karena tidak selamanya anak bergantung kepada orang tua ataupun orang lain.

Jika anak terbiasa mandiri, pasti dia akan bisa mengatasi masalahnya sendiri dan menyelesaikan beragam cobaan, serta lebih kuat mengatasi berbagai macam rintangan dalam hidupnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini