5 Kebiasaan Saat Sarapan Yang Membuat Kamu Gampang Lelah

in
Kebiasaan Saat Sarapan Yang Membuat Tubuh Gampang Lelah
Kebiasaan Saat Sarapan Yang Membuat Tubuh Gampang Lelah

Tubuh kita membutuhkan energi di pagi hari. Nah, untuk memenuhi kebutuhan energi pada tubuh, sarapan adalah kunci utamanya. Karena dengan sarapan semua energi yang terkuras pada saat tidur di malam hari akan sefera terisi kembali. Akan tetapi masih banyak orang yang melakukan kebiasaan saat sarapan yang salah.

Contohnya melakukan sarapan dengan terburu-buru atau tidak sarapan di pagi hari. Bukan hanya itu saja, masih banyak kebiasaan-kebiasaan saat sarapan yang salah dan sering dilakukan oleh banyak orang. Sehingga membuat mereka gampang lelah.

Berikut adalah lima kebiasaan saat sarapan yang membuat kamu gampang lelah. Sehingga kamu tidak ada energi untuk menalani aktivitas sehari-hari.

Kebiasaan saat sarapan yang salah dan tak boleh dilakukan

1. Tidak adanya asupan karbohidrat kompleks

Asupan Karbohidrat Kompleks
Asupan Karbohidrat Kompleks | https://www.idntimes.com/

Tubuh akan menjadi lesu, jika tidak adanya asupan karbohidrat. Karena itulah yang menjadi alasan mengapa karbohidrat sangat dibutuhkan ketika sarapan.

Namun, ini bukan karbohidrat yang sembarangan. Kamu harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal ini karena karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung nutrisi, sehingga tubuh akan lebih lama memberi energi.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Buah yang Dihindari Untuk Dijadikan Menu Sarapan

2. Berlebihan minum kopi

Kebiasaan Saat Sarapan Yang Salah
Minum kopi yang berlebihan | https://warganetbali.com/

Walaupun sudah banyak fakta tentang kopi yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsinya secara berlebihan malah akan membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Jelas ini merupakan kebiasaan saat sarapan yang salah.

Selain cepat lelah, terlalu banyak meminum kopi pada saat sarapan akan membuat tubuh stress, gugup, cemas yang berlebihan, dan mudah marah. Nah, maka dari itu konsumsilah kopi dengan jumlah dan waktu yang pas.

3. Tidak mementingkan nutrisi yang lengkap

Tidak Memikirkan Asupan Nutrisi
Tidak Memikirkan Asupan Nutrisi | https://pakdok.com/

Mengkonsumsi makanan dengan menu yang kaya nutrisi dan seimbang akan memberikan tambahan energi untuk tubuh. Karena itulah, kamu harus memenuhi sarapan dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan diperlukan leh tubuh.

Seorang pakar gizi diet, Sharon Collison mengatakan asupan sarapan yang dianjurkan terdiri dari empat bahan utama, diantaranya protein, lemak sehat, sayuran, biji-bijian, dan buah. Berdasarkan penelitian tersebut mengungkap, sayur, buah, dan biji-bijian akan menambah kandungan serat, mineral, dan vitamin bagi tubuh. Sementara itu, lemak dan protein akan membuat tubuh tidak mudah lapar.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Buah yang Dihindari Untuk Dijadikan Menu Sarapan

4. Kebiasaan saat sarapan yang salah selanjutnya adalah kurang mengkonsumsi air putih

Kurang Minum Air Putih
Kurang Minum Air Putih | IStock

Ya, jelas ini merupakan kebiasaan saat sarapan yang tidak boleh dilakukan. Tubuh membutuhkan air putih agar tubuh dapat terhidrasi. Tubuh yang kekurangan air putih akan menjadi penyebab mudah lelah dan sakit kepala.

Maka dari itu, kamu harus mencukupi asupan air putih saat sarapan. Minimalnya adalah sebanyak delapan gelas per hari agar tubuh tetap terjaga.

5. Porsi yang sedikit

Sarapan Dengan Porsi Yang Sedikit
Sarapan dengan porsi yang sedikit | https://doktersehat.com/

Bak pepatah kuno yang mengatakan “Sarapanlah seperti raja, makan siang seperti seorang pangeran, dan makan malam seperti pengemis“. Pepatah ini memang sangat benar, dengan sarapan yang cukup akan memberikan energi untuk tubuh menjalani kegiatan sehari-hari.

Namun, masih banyak orang yang menyepelekan hal kecil ini. Bahkan mereka tidak menyempatkan waktu untuk sarapan di pagi hari. Faktanya sarapan dengan porsi yang sedikit atau kecil tidak akan mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga akan membuat kamu makan berlebihan saat siang dan malam hari.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Buah yang Dihindari Untuk Dijadikan Menu Sarapan

Nah, itulah kebiasaan saat sarapan yang salah dan akan membuat tubuh gampang lelah. Oleh karena itu, sarapan lah dengan anjuran yang disarankan. Jangan sampai hari-harimu penuh dengan penderitaan karena kekurangan nutrisi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.