5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi

in ,
mengunakan masker
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi

Ketika new normal sudah benar-benar dijalankan, maka bukan berarti kita bisa benar-benar hidup normal seperti semuka. walaupun banyak tempat mulai dibuka kembali seperti mall, perkantoran dan kegiatan sekolah, kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta menghindari kerumunan. Salah satu caranya dengan mengunakan masker yang benar.

Kesehatan akan tetap dijaga seperti mengunakan masker keluar rumah. Jadi, untuk berjaga-jaga, yuk ikuti lima tips menghindari iritasi saat memakai masker berikut ini.

1. Cuci wajah sebelum dan sesudah memakai masker

Cuciwajah0
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi |loop

Pastikan kamu mencuci wajah sebelum dan sesudah memakai masker. Guna mencegah iritasi pada kulit wajah. kemudian kamu juga bisa gunakan Gunakanlah sabun pembersih yang berbusa untuk menghilangkan atau mengurangi minyak pada wajah.

2. Pahami batasan waktu penggunaan masker

71135 Ilustrasi Memakai Masker
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi |suara

Sebaiknya kamu membuka masker setiap 2 jam sekali. Kamu bisa mencari tempat sepi dan aman untuk melakukannya. Dengan begitu tekanan yang terjadi pada wajah akan berkurang dan kamu pun dapat membersihkan wajah s.aat membuka masker.

ARTIKEL TERKAIT •
Saat Menggunakan Masker, Tenggorokan Terasa Sakit? Begini Cara Mengatasinya

Hal ini dianjurkan karena bagian kulit wajah yang tertutup masker terasa panas. Minyak dan keringan pun terperangkap dalam beberapa waktu hingga mengakibatkan tertutupnya pori-pori yang menyebabkan jerawat dan komedo.

3. Pastikan pas di wajah

Kumpulan Video Cara Membuat Masker Dari Kain Dari Yang Paling Sederhana Hingga Perlu Dijahit
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi |m.tribunnews

Saat membeli masker, maka pilihlah masker yang sesuai dengan ukuran wajah kamu, agar tidak longgar atau terlalu ketat. Ketika memilih masker yang mengunakan tali sebagai pengikat, maka jangan terlalu kuat untuk pengikatnya sebab dapat menyebabkan kulit iritasi. sementara masker berukuran terlalu besar nggak bisa menutup mulut dan hidung dengan sempurna.

4. Rajin mengganti masker

Pembelian Masker Di Sidoarjo Dibatasi
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi |sidoarjonews

Kamu harus rajin mengganti masker untuk agar tidak terjadi iritasi pada wajah. jika maskermu sudah kotor atau rusak. Jangan paksakan untuk dipake lagi, sebab kotoran yang menempel pada masker dapat berpindah ke kulit wajahmu dan menyebabkan infeksi.

5. Cuci masker secara rutin

1776815715
5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi |pikiran-rakyat

Masker yang bersih juga akan mengurangi risiko terjadinya iritasi. Dengan alasan inilah penggunaan masker sekali pakai mungkin akan lebih efisien. Seperti yang telah diketahui, persediaan masker sekali pakai seperti masker medis sudah semakin menipis dan sulit untuk ditemukan di tengah pandemi. Masker berbahan kain pun akhirnya menjadi pilihan.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Cantik Riasan Wajah Saat Menggunakan Masker

Cucilah masker secara rutin. Saat mencuci, sebaiknya kamu tidak menggunakan deterjen yang mengandung parfum atau wewangian karena dapat menyebabkan iritasi.


Nah, itulah beberapa tips untuk pencegahan masalah kulit wajah akibat menggunakan masker yang terlalu lama. Baca juga 3 Jenis Masker Mulut yang Perlu Kamu Ketahui(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini