Jangan Sampai Kulit Kering, Berikut 6 Penyebab Munculnya Iritasi Kulit Wajah

in
Penyebab Iritasi Kulit Wajah
Penyebab Iritasi Kulit Wajah

Tak ada seseorang pun yang ingin mengalami masalah iritasi kulit wajah. Namun sayangnya, masalah ini bisa dialami oleh semua orang. Apa pun jenis kulit mereka, pasti bisa saja terkena iritasi pada kulit wajahnya. Tentu ini merupakan perihal yang sangat serius, terutama bagi kaum perempuan.

Sebenarnya masalah kulit ini bisa kita atasi, asalkan mengetahui apa yang menyebabkannya datang. Sesuai pepatah kuno menyebutkan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindari pemicunya ini. Apa saja itu? Simak uraiannya di bawah ini.

Penyebab munculnya iritasi kulit wajah

Faktor-faktor penyebab iritasi kulit wajah seringkali tidak kita sadari. Karena selalu datang sesuai dengan aktivitas kita sehari-hari.

Baca Juga: 5 Cara Mengunakan Masker Agar Tidak Terjadi Iritasi

1. Polusi udara bisa sebabkan iritasi kulit wajah

Dampak Polusi Udara
Foto: higienis.com

Perlu diketahui polusi udara mengandung senyawa campuran dari bahan kimia yang berbahaya, yaitu sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Jika kulit wajah berpapasan terlalu lama dengan senyawa ini, kulit akan mengalami kerusakan yang cukup fatal, seperti iritasi atau inflamasi.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Untuk meminimalisir terkena polusi udara, kamu bisa menggunakan pelembab atau sunscreen dengan label non-comedogenic. Atau menggunakan penutup wajah, seperti masker dan semacamnya.

2. Paparan sinar matahari yang berlebih

Iritasi Kulit Wajah Akibat Paparan Sinar Uv
Foto: kompas.com

Penyebab munculnya iritasi kulit wajah selanjutnya ialah karena paparan sinar matahari yang berlebih. Seperti diketahui, sinar matahari mengandung ultraviolet atau yang juga dikenal dengan UV. Kulit yang terkneka sinar UV ini, biasanya akan mengalami dampak yang buruk, terlebih pada bagian lapisan kulit.

Jika terus-terusan begitu, serat kulit akan menjadi tidak elastis, lalu kulit tampak menua, hingga muncul iritasi. Karena itulah peran sunscreen sangat berpengaruh untuk melindungi kulit saat pergi keluar rumah.

3. Pemilihan produk skincare yang salah

Pemilihan Produk Skin Care Yang Salah
Foto: bukalapak.com

Banyak orang yang menggunakan skincare untuk merawat dan menjaga kesehatan kulitnya. Namun pemilihan produk skincare yang salah tentu akan berpengaruh pada penyebab munculnya iritasi kulit wajah.

Hal tersebut karena tidak semua jenis kulit cocok dengan produk A misalnya. Maka dari itu cobalah untuk tanyakan kepada orang yang lebih ahli untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Produk Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Ini Bisa Didapatkan Di Apotek

4. Kulit terlalu kering

Penyebab Iritasi Kulit Wajah Karena Kulit Kering
Foto: detik.com

Pada kebanyakan kasus, kulit wajah menjadi kering dikarenakan kurangnya kandungan minyak. Karena itulah, kulit menjadi kering dan tidak mampu melindungi wajah dari radikal bebas.

Baca Juga: Cara Ampuh Menyembuhkan Iritasi Dan Gatal

Oleh karena itu, kita harus menjaga kulit tidak terlalu kering. Jangan terlalu sering mencuci muka, walaupun niatnya baik, tapi jika kamu melakukannya secara berlebih, akan menghilangkan minyak alami pada kulit wajah. Sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, salah satunya iritasi kulit wajah.

5. Pengangkatan sel kulit mati wajah secara berlebihan

Eksfoliasi Yang Berlebihan Pada Wajah
Foto: hipwee.com

Melakukan pengangkatan sel kulit mati pada wajah memang dianjurkan supaya kulit benar-benar bersih dari kotoran, bakteri, atau minyak yang masih menempel. Namun, kegiatan yang juga dikenal dengan sebutan eksfoliasi ini jika dilakukan secara berlebihan, malah akan berdampak buruk bagi kulit. Kulit wajah akan kerusakan skin barrier yang berakhir kulit jadi kering.

Jika terus dibiarkan, kulit akan memerah dan mengalami masalah kulit, seperti peradangan, iritasi, atau akan sangat sensitif.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Pasta Gigi Mampu Mengatasi Jerawat?

6. Membersihkan muka secara berlebihan

Penyebab Iritasi Kulit Wajah Karena Berlebihan Membersihkan Wajah
Foto: shopback.co.id

Misalnya menggunakan face wash, penggunaan yang sebaiknya adalah sebanyak dua kali dalam sehari. Namun, jika menggunakannya secara berlebihan hanya akan membuat minyak alami pada kulit wajah akan menghilang.

Akibatnya kulit akan kekeringan, terlihat kusam, dan mengalami iritasi kulit wajah. Maka dari itu, jangan sampai keteledoran kamu itu akan berakibat tidak baik bagi wajahmu.

Baca Juga: Tiga Jenis Air Mata Memiliki Bentuk Yang Berbeda

Nah, itulah 6 penyebab munculnya iritasi kulit wajah. Kamu tidak mau kan jika masalah ini terjadi? Oleh karena itu, hindari prilaku atau hal yang bisa menyebabkan kulit wajah mengalami masalah.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.