Ini 5 Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

in
Ini 5 Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes | guesehat
Ini 5 Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes | guesehat

Beberapa makanan dan minuman mengandung gula yang tinggi, sehingga bagi Anda yang mengindam penyakit diabetes ini bisa menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Maka Anda diharuskan untuk berhati-hati dalam memperhatikan makanan atau minuman yang mau dikonsumsi.

American Diabetes Association menyarankan, penderita diabetes sebaiknya memilih minuman yang rendah kalori atau nol kalori.

Selain itu, memilih minuman yang tepat juga bisa membantu mencegah timbulnya efek samping dari diabetes dan menjaga kestabilan berat badan.

Berikut 5 minuman sehat untuk penderita diabetes selain air putih. Namun tetap harus dibatasi konsumsinya agar gula darah tetap stabil.

1. Teh hijau

5d2d97b438652
Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes |lifestyle.kompas

Teh hijau menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Bahkan, minum teh hijau sebanyak enam cangkir per hari bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe-2. Namun, perlu diingat untuk tidak memberikan tambahan gula atau pemanis lainnya saat menyajikannya.

2.  Kopi

Ini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan
Konsumsi Kopi |alodokter

Kopi tanpa kafein dan berkafein menurut sebuah penelitian dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita muda dan setengah baya. Kopi mengandung senyawa yang disebut asam klorogenat, yang membantu untuk menunda penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Juga, minuman ini tidak memiliki karbohidrat dan kalori, yang membuatnya menjadi salah satu minuman terbaik bagi penderita diabetes.

ARTIKEL TERKAIT •
Minuman Kekinian, Alpukat Kocok Enak yang Mudah Dibuat, Lagi Hits!

3 susu

015200200 1582034640 Sehat Mana Antara Susu Hangat Dan Susu Dingin Shutterstock 293530058
Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes | klikdokter

Selain banyak mafaat susu juga baik untuk penderita diabetes. Pilihlah susu yang rendah lemak, menurunkan insiden susu yag rendah lemak dapat mengurangi tekanan darah.

Susu juga meningkatkan penurunan berat badan pada orang dengan diabetes tipe 2 dan membantu dalam mempertahankan fungsi penting tubuh. Susu mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita diabetes, yang juga merupakan alasan lain itu dianggap sebagai minuman yang sehat.

4. Jus mentimun

125 Menyeruput Jus Timun Saat Berbuka Puasa Selain Sehat Juga Menyegarkan
Minuman Sehat yang Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes | netralnews

Minum jus mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Mentimun mengandung tinggi kalsium, fosfor, besi, vitamin A, asam amino, vitamin B1, vitamin C dan vitamin B2.

Mentimun juga memiliki kemampuan untuk mengurangi panas, menghilangkan peradangan, mengurangi pembengkakan dan mengobati radang sendi. 

5. Air kelapa

Manfaat Minum Air Kelapa 20181018 201644
Manfaat Minum Air Kelapa | makasar.trinbunnews

Air kelapa diperkaya dengan banyak vitamin, mineral, asam amino, dan lainnya. Sacangkir air kelapa mengandung 0,1 mg riboflavin, 5,8 mg vitamin C, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg potasium, 252 mg sodium, dan 0,3 mg mangan.

Air kelapa memiliki kemampuan yang kuat untuk menjaga kadar gula darah di cek, sehingga membuatnya menjadi minuman sehat untuk diabetes.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Manfaat Baik Minum Teh Bagi Kesehatan

Itu tadi beberapa minuman sehat dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, setiap orang pasti kondisi bisa berbeda-beda. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter juga. Baca juga Olahraga Pagi Sebaiknya Dilakukan Sebelum Sarapan Atau Setelah Sarapan Ya?(Buka di tab peramban baru)

Berikan Nilai Untuk Konten ini