Bagaimana Jika Kita tak Sengaja Tertelan Permen Karet?

in
Apa Yang Terjadi Jika Menelan Permen Karet
Apa Yang Terjadi Jika Menelan Permen Karet

Apakah kamu pernah mengkonsumsi permen karet? Tapi konsumsi disini bukan dimakan ya, cuma dikunyah saja. Makanan ini sangat cocok dikunyah sebagai sambilan ketika sedang melakukan aktivitas. Seperti menonton bioskop, bermain game, atau sedang boker.

Sturkturnya yang kenyal dan nyaman untuk dikunyah, membuat semua kalangan menyukai makanan yang satu ini. Tidak perlu takut kenyang, karena permen karet merupakan makanan yang tidak mengenyangkan.

Baca Juga: Sejak Dulu 5 Teori Sains Ini Benar, Padahal Salah Besar

Bagaimana jika tidak sengaja tertelan permen karet?

Namun, bagaimana jika kita tidak sengaja tertelan permen karet? Apa yang akan terjadi pada perut kita? Dan ada mitos yang menyebutkan jika kita menelannya, maka akan tertahan selama 7 tahun dalam perut kita.

Walaupun kalau bisa jangan sampai terjadi, akan tetapi jangan terlalu khawatir jika tak sengaja tertelan makanan ini.

Mungkin orang-orang yang menyukainya pernah sekali menelannya tanpa sengaja. Akan tetapi, hanya beberapa orang saja yang memerlukan pertolongan lebih lanjut dari dokter, terutama bagi anak-anak.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengunyah Permen Karet Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Jawabannya

Baca Juga: Kamu Sering Mual Saat Melakukan Perjalan, Atasi Dengan 5 Cara Ini

Seperti kita ketahui, tubuh tidak mampu untuk memecah permen karet seperti biasanya perut memecah makanan lainnya.

Tertelan Permen Karet
Foto: minews.id

Ketika sekerat permen karet tertelan, maka akan melewati sistem pencernaan seperti makanan biasanya dengan bentuk yang tetap utuh.

Makanan ini akan keluar sama seperti makanan lainnya yang kamu makan. Makanan ini akan keluar lewat tinja sekitar 40 jam kemudian.

Akan tetapi, berbeda ceritanya jika kamu menelannya dengan jumlah yang banyak dan dalam durasi yang singkat. Jika itu terjadi, maka bisa saja usus kamu akan tersumbat.

Baca Juga: Tengkorak Dilubangi? Berikut Teknik Pengobatan Paling Aneh Yang Dilakukan Di Masa Lampau

Pada kasus lainnya, tapi jarang terjadi jika seseorang menelan permen karet dan sedang mengalami sembelit, maka sangat berpotensi menyebabkan penyumbatan usus pada anak-anak.

Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai anak-anak tertelan makanan ini. Akan tetapi, kesimpulannya jika menelannya hanya sesekali, tidak ada masalah. Lain halnya jika kamu menelannya terlalu sering dengan waktu yang dekat. Maka, akan rentan terkena penyumbatan usus.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengunyah Permen Karet Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Jawabannya

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.