Tips Menghemat Air Bersih di Rumah, Jangan Sampai Boros

in
Tips Menghemat Penggunaan Air
Tips Menghemat Penggunaan Air

Sebagaimana kita ketahui, air bersih adalah kebutuhan dasar runtuk seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Jumlah air yang ada di muka bumi ini yang bisa digunakan oleh makhluk hidup adalah hanya kurang dari 1 persen.

Namun, saking banyak nya kebutuhan jumlah air terus berkurang karena keperluan industri dan pertumbuhan penduduk. Jika itu terus dibiarkan, bisa saja ada dimana suatu kondisi air sulit untuk didapatkan. Maka dari itu kita harus mengehmat penggunaan air.

Berikut adalah tips menghemat air bersih, agar kita terhindar dari yang namanya krisis air bersih yang pernah terjadi di negara bagian Afrika sana.

1. Mengehemat air saat mandi

Menghemat Air Saat Mandi
Menghemat Air Saat Mandi | via https://www.minews.id/

Saat mandi, gunakan air secukupnya saja, jangan berlebihan. Karena yang namanya berlebihan itu tidak baik. Setidaknya dalam satu kali mandi menggunakan gayung dapat menghabiskan hampir 15 liter air.

Ini Alasan Mengapa Ide Sering Muncul Saat Berada Di Kamar Mandi

Sementara itu, jika menggunakan shower bisa lebih hemat sekitar 60% daripada mandi menggunakan gayung. Tapi yang terpenting jangan biarkan pancuran mengalir begitu saja. Jika sudah tidak digunakan, segera matikan.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Jenis Minuman Yang Biasanya Menjadi Teman Makan Kita

2. Jika tidak diperlukan, matikan keran air

Matikan Keran Air Jika Tidak Sedang Digunakan
Matikan Keran Air Jika Tidak Sedang Digunakan | via http://www.ekaaprilya.com/

Tidak sedikit orang yang tidak menyadari disaat mereka sedang memakai sabun muka atau menggosok gigi, air keran dibiarkan hidup begitu saja. Padahal karena itu air menjadi terbuang sia-sia.

Jika sedang diperlukan saja hidupkan keran. Kalau sedang tidak dipakai, lebih baik matikan.

3. Meminimalisir siraman air di kloset

Mengurangi Penyiraman Di Kloset
Mengurangi Penyiraman Di Kloset | via https://blog.kliknclean.com/

Ketika ada sesuatu yang menganggu di kloset, jangan membersihkannya secara berlebihan. Kurangilah penggunaan air untuk menyiram kloset. Jika misalnya kotorannya telah hilang atau baunya menghilah, kita tidak perlu menyiram lagi. Kebanyakan orang mengabaikan hal sekecil ini.

5 Hal Yang Harus Selalu Dibersihkan Walau Pandemik Sudah Usai

4. Memanfaat air hujan

Manfaatkan Air Hujan
Manfaatkan Air Hujan | via https://www.minews.id/

Indonesia memiliki dua musim tiap tahunnya, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Disaat musim hujan, kamu bisa memanfaatkan air hujan dengan menampungnya ke dalam baskom atau drum untuk kedepannya bisa dimanfaatkan.

Seperti untuk membersihkan kendaraan, menyiram motor, atau memberi makan hewan peliharaan. Tapi , ingat ya untuk menutup air tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk bertelur.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah 3 Curug atau Air Terjun di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

5. Menyiram tanaman

Menyiram Tamanan
Ilustrasi Menyiram Tamanan | via https://kumparan.com/

Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air bisa juga digunakan untuk menyiram tanaman. Dengan begitu air akan kembali ke dalam tanah. Dengan begitu akan memberikan dampak positif juga kan bagi kamu. Bunga yang dirawat akan menghasilkan oksigen yang berkualitas.

Manfaat Luar Biasa Dari Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dan Garam Selama 30 Menit, Biayanya Murah Banget

Setelah kamu mengetahui bagaimana menghemat air yang baik. Pastinya kamu akan semaksimal mungkin untuk menghemat penggunaan air. Karena air merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.