Cara Bertahan Di Bangku Perkuliahan

in ,
Cara Untuk Survive Dibangku Perkuliahan.
Cara Untuk Survive Dibangku Perkuliahan.

Kuliah adalah impian banyak anak remaja setelah mereka menyelesaikan sekolah selama 12 tahun. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang pintar bisa menyelesaikan kurang dari 12 tahun. Persaingan yang sangat ketat tidaklah heran untuk mereka yang merasa sanggat bangga bila keterima di PTN.

Tapi pernahkah kamu berpikir ” Cara untuk keluar dari kampus tersebut? ” bisa masuk, tapi ga bisa keluar?. Disini kita tidak membicarakan keluar karena di Drop Out atau semacamnya, tetapi kita bicara cara untuk lulus dan mendapatkan gelar.

Artikel ini sebenarnya lebih tetap untuk kamu yang baru masuk dalam dunia perkuliahan, buat kamu yang sudah ditengah atau diakhir mungkin bisa digunakan sebagai referensi untuk adek tingkat atau dalam dunia kerja.

1. Atur Waktu Dan Persiapkan Diri.

Walaupun kamu punya banyak waktu kosong disemester awal, tapi kamu perlu mengatur waktu sebaik mungkin untuk beberapa semester kedepannya agar kamu tidak kaget dan keteteran untuk menghadapi sibuknya kuliah. Walaupun kehadiran sangat kecil persentasenya, tapi perlu diperhatikan dampaknya bisa sangat fatal.

Image

Bila kamu tidak hadir dalam beberapa mata kuliah terutama mata kuliah yang kamu tidak suka, kamu akan kehilangan materi yang bisa jadi sangat kamu perlukan untuk mengikuti ujian atau bisa jadi Quiz dadakan yang diadakan oleh dosen tersebut. Menghindar tidak akan pernah memperbaiki masalah, maka dari itu aturlah waktumu sebaik mungkin.

2. Mencari Sahabat Baru

Image result for sahabat
Source: Hipwee

Saya tidak membatasi pertemanan anda, tapi perlu kamu ketahui bahwa sahabat adalah orang yang ada untukmu dalam berbagai situasi. Tentu saja kamu dapat dengan mudah mencari teman baru, tapi belum tentu mereka semua dapat kamu andalkan.

Kamu tidak perlu bersusah payah mencari orang yang pintar untuk dijadikan sahabat, karena yang kamu butuhkan hanya orang yang solid dan loyal untukmu. Bila kamu sakit, bila kamu tidak bisa mengerjakan tugas, dan bila kamu tidak mengerti pada mata kuliah yang baru disampaikan. Disitu lah sahabat ada untukmu dan belum tentu teman teman yang kamu kenal mau membantumu dalam situasi yang bisa jadi sangat kamu perlukan.

3. Ikuti Organisasi

Kamu tidak harus mengikuti banyak organisasi, setidaknya kamu memiliki 1 saja kegiatan dalam organisasi. Karena manfaat terdalam yang ada dalam organisasi yaitu menghancurkan batas antara Senior dan Junior, dan dari situlah kamu dapat menemukan teman teman yang bisa kamu andalankan.

Image result for passive or active organization
Source: Proprofs

Kamu tidak harus mengikuti oraganisasi yang banyak orang diminati, tapi kamu harus memilih oranisasasi yang kamu sukai karena dari situ kamu tidak akan merasa bosan ketika mengikuti organisasi yang sedang kamu jalani.

4. Dapatkan Nilai Tinggi Disemester Awal

Related image
Soruce: Loop

Ini salah satu hal yang sering diremehkan pada mahasiswa, karena kebanyakan dari mereka bersantai santai pada semester awal dan tidak dapat mempertahankan nilai tersebut.

Karena bila kamu mendapatkan nilai tinggi pada semester awal, maka nilai tersebut sangat membantu kamu untuk beberapa semester kedepan, sehingga nilai kamu tidak terlalu merosot kebawah.

5. Hindari Sistem Kebut Semalam

Salah satu kegiatan yang populer dalam bangku perkuliahan. Sebenarnya sebuatan sks ini adalah kegiatan yang lumrah bagi mahasiswa mengerjakan sesuatu 1 hari sebelum deadline. Jadi aturlah waktu sebaik mungkin, bila ada waktu kosong jangan digunakan untuk bersantai tapi gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan hal yang kamu butuhkan.

Image result for sistem kebut semalam
Source: Kok Bisa

Tidak hanya tugas, dalam UTS dan UAS pun kamu harus menghindari yang namanya sistem kebut semalam ini. Karena hal tersebut dapat membuatmu pusing dan stress ketika kamu mempelajari semuanya dalam 1 waktu. Jadi lebih baik bersantai diakhir dari pada diawal.

Mungkin itu saja tips yang bisa disampaikan, berdasarkan pengalaman dan cerita orang orang yang ada, jangan lupa komen dibawah bila ada beberapa tips yang buatmu penting tapi tidak aku bahasa disini.

Tinggalkan Balasan