Moviepedia

3 Film Terbaik Genre Kriminal Berdasarkan Kisah Nyata

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak penggemar film menyukai film berjenis kriminal karena menyukai aksi dan atmosfir yang menegangkan yang disajikan sebuah film berjenis kriminal, perasaan campur aduk ketika melihat tokoh-tokoh yang menjadi korban kekerasan atas tindakan yang dilakukan oleh antagonis.

Namun taukah kamu ternyata ada loh film berjenis kriminal yang diangkat dari kisah nyata, pastinya jauh lebih menegangkan lagi, karena pernah terjadi secara nyata dialami seseorang, simak yuk 5 film yang diangkat kisah nyata.

1. Concussion (2015)

Di film Concussion ini, Will Smith memerankan tokoh dokter ahli syaraf yang menemukan suatu penyakit mematikan yang menghantui para pemain football di Amerika Serikat. Penemuannya bermula dari kematian seseorang atlet football yang awalnya diyakini sebagai tindakan bunuh diri.

Namun usahanya tak berjalan mulus, ia harus menghadapi para petinggi asosiasi Nasional Football League (NFL) yang tak mau menanggung resiko kehilangan bisnisnya.

Kisah ini diangkat dari perjuangan nyata Dr. Bennet Omalu yang berusaha mengingatkan NFL serta masyarakat tentang bahaya football yang mengancam para atlet dan remaja yang memainkannya.

2. The Polka King (2017)

Film yang dibintangi Jack Black ini merupakan sebuah komedi gelap yang diangkat kisah nyata seorang imigran asal Polandia, Jan Lewan.

Ia telah mencoba berbagai pekerjaan selama bertahun-tahun untuk bertahan hidup di Amerika Serikat, hingga akhirnya mendirikan sebuah grup musik.

Ia kemudian yakin bisnis grup musiknya akan sukses hingga berani meyakinkan seseorang investor untuk menanamkan modalnya, ketika tenggat waktu dari sang investor sudah dekat, ia selalu berkelit dan melarikan diri. Hal ini membuatnya terus melakukan tindakan kebohongan untuk mendapatkan modal bisnis.

Lewan akhirnya dipenjara lima tahun atas tindakan penipuan yang dilakukannya, kisah hidupnya menarik perushaan Netflix untuk membuat filmnya.

3. Spotlight (2015)

Film ini mengisahkan perjuangan sebuah tim investigasi dari kantor berita Boston Globe yang berusaha membuka sebuah kasus pelecehan eksual anak-anak dibawah umur yang dilakukan oleh sekelompok tokoh agama.

Investigasi dimulai setelah mereka menemukan kejanggalan dari sebuah kasus pelecehan seksual yang melibatkan pastur, saat itu kasus tersebut tertutup untuk publik dan jurnalis sekalipun tak diizinkan meliput.

Rasa penasaran itu pun semakin meningkat seiring mereka menemukan sebuah pola kejahatan sistemik dalam kasus ini.

Cerita ini diangkat dari kisah nyata, mereka mendapatkan penghargaan Pulitzer Price for Public Service di tahun 2003 atas kontribusi tersebut, film ini juga mendapatkan penghargaan Best Picture di ajang Oscar tahun 2016.

Related Posts