5 Film Bertahan Hidup ini Bikin Kamu Senam Jantung

in
Film
Credit Image: film1.nl

Para pencinta film pasti sudah tidak asing dengan genre survival atau bertahan hidup. Entah itu bertahan ketika sedang berada di pulau terpencil, hutan liar, atau bahkan ketika sedang dalam penculikan. Nah kali ini kami bakal ngasih 5 rekomendasi film tentang bertahan hidup yang bikin jantung mau copot.

1. Apocalypto

Apocalypto
Source Image

Film ini memiliki latar belakang kolosal, ketika suku Maya masih eksis. Diceritakan terdapat suku yang menjajah desa-desa dan menculik para pemuda dan para perempuan untuk dijadikan budak dan tumbal persembahan dewa mereka.

Dari semua anggota suku yang ditangkap, ada satu orang bernama Jaguar Paw yang berhasil lolos. Namun, usaha untuk dia lolos pun penuh perjuangan yang dramatis. Dia harus bertahan hidup dari gerombolan suku tadi, karena ia harus kembali ke desanya untuk menjemput istri dan anaknya yang sempat ia sembunyikan di suatu tempat rahasia.

Sedangkan penduduknya yang lain, telah dibantai dan tak terselamatkan dalam penculikan.

2. Buried

Buried
Source Image

Bagaimana bila kamu terbangun dan tiba-tiba berada di dalam peti yang terkubur sangat dalam? Ya, suasana menegangkan ini tertuang dalam film tentang survival yang berjudul Buried

ARTIKEL TERKAIT •
6 Rahasia Yang Jarang Diketahui Di Dalam Film Kartun Spongebob SquarePants

Steve Conroy harus bertahan hidup di sebuah peti yang terkubur. Ia berpacu dengan waktu karena limitnya kadar oksigen. Ia disandera oleh sebuah kelompok penjahat dan sengaja dikubur hidup-hidup.

Steve harus mencari solusi agar dapat keluar hidup-hidup dengan hanya berbekal korek dan ponsel yang bahkan dalam kondisi low bat. Penonton akan dibuat merasakan apa yang dirasakannya dalam peti tersebut. Seluruh emosi jelas terpancar dalam wajah Steve, panik, histeris, takut, putus asa dan bingung.

Ketegangan semakin terasa dan seakan tidak pernah terputus karena efek suara dan pencahayaan dalam film. efek suara dan pencahayaan memang sangat hemat namun efisien. Di situ letak yang membuat efek ketegangan semakin terasa.

3. 127 Hours

127
Source Image

Coba bayangkan apa yang bakal kamu lakukan jika ada di posisi sang karakter utama, Aron Ralston? Sanggupkah kamu memikirkan cara untuk bertahan hidup dengan perbekalan yang terbatas?

Ini adalah film yang di hampir sepanjang durasinya mengharuskan kita nonton seorang pria yang terjebak di celah tebing, terhimpit batu besar yang menjepit lengannya. Tapi justru di sinilah kita bisa melihat unsur survival yang kental di 127 Hours.

4. 10 Cloverfield Lane

10
Source Image

Film ini memberikan rasa penasaran yang tetap terus ada di benak penonton sepanjang menyaksikannya. Ada seorang wanita muda, yang memiliki paras yang sangat cantik terjebak di bungker bersama dua orang pria karena, “yang katanya”, bumi diinvasi oleh Alien.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Kisah Asli Dongeng Disney Yang Mengerikan

Namun, sepanjang durasi film, tidak ada kita diperlihatkan bagaimana kondisi Bumi yang sebenarnya, apakah memang Alien menyerang Bumi? Sang karakter utama hanya mendengar kabar tersebut dari pemilik bungker.

Karakter utama film ini bernama Michelle oleh Mary Elizabeth. Diceritakan ia mengalami kecelakaan mobil, ketika ia terbangun, ia tiba-tiba sudah berada di dalam bungker.

Tapi yang menimbulkan kecurigaan akan kejadian mengerikan, yaitu dirinya juga diborgol sehingga ia tak dapat melepaskan diri. Kemudian suasana yang mencekam perlahan berubah ketika seorang pria bernama Howard yang tampak cukup ramah menjelaskan yang sebenarnya terjadi kepada Michelle. 

Meski kecurigaan tersebut belum sepenuhnya hilang. Film bertema fiksi/psychological thriller ini cukup membawa rasa penasaran kita lewat trailer yang disuguhkan.

5. No Escape (2015)

1 1
Source Image

Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus pindah ke sebuah negara di sekitar Asia Tenggara (yang sengaja tak pernah disebut namanya di film). Jack, sang kepala keluarga mendapatkan pekerjaan baru di sana dan berharap memulai kehidupan yang lebih baik bersama istri dan dua anaknya.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah 10 Film Kartun Nickelodeon tahun 90-an! Yang manakah Film Kartun favorite kamu?

Apesnya, mereka datang di waktu yang tidak tepat, karena kedatangannya berbarengan dengan peristiwa kudeta yang berujung pada terbunuhnya perdana menteri setempat oleh pemberontak.

Kota dilanda kerusuhan, hotel tempat tinggal Jack diserang oleh sekolompok orang yang mengincar warga asing. Jika mereka menemukan penghuni yang bukan penduduk pribumi, maka mereka akan menghabisinya langsung tanpa kenal ampun.

Beruntung, Jack dan keluarga bisa melarikan diri ke atap hotel dan selamat dari amukan orang-orang biadab yang tidak punya belas kasihan. Mimpi buruk sayangnya belum berakhir.

Jack dan keluarga nantinya akan menjalani serangkaian momen yang tak saja menyiksa fisik, tapi juga batin, mengerikan sekaligus mengiris nurani.

Berikan Nilai Untuk Konten ini