5 Alasan Traveling ke Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan

in ,
5 Alasan Traveling ke Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan
5 Alasan Traveling ke Alam Terbuka Baik Untuk Kesehatan

Banyak orang menghabiskan harinya selama seminggu di bawah lampu ruangan dan di depan komputer, ketika sampai rumah pun tetap terpapar cahaya TV, komputer ataupun ponsel. Sayangnya menghabiskan waktu terlalu banyak di dalam ruangan gak baik untuk kesehatan kita.

Para psikolog dan peneliti kesehatan menemukan alasan-alasan berbasis ilmiah kenapa kamu harus menghabiskan waktu di luar ruangan. Ini alasannya.

1. Meningkatkan memori

Hal ini sudah diuji oleh University of Michigan yang melibatkan banyak responden. Mereka yang telah menghabiskan waktu di luar ruangan bisa memiliki performa pada uji memori lebih baik 20 persen dari sebelum keluar ruangan. Dengan syarat, perjalanan di luarnya harus dilakukan di sekeliling pemandangan hijau, bukan perkotaan.

2. Mengurangi stress

Mereka yang berjalan di alam terbuka terbukti berkurang tingkat kortisolnya, hormon yang menjadi indikator stres. Berkurang cukup signifikan daripada mereka yang terus menghabiskan waktu di perkotaan. Sesekali kamu memang harus melihat pemandangan hijau, secara rutin.

3. Dapat mengurangi peradangan pada tubuh

Ketika kamu mengalami peradangan akut baik itu gangguan autoimun, radang usus atau kanker stadium awal, menghabiskan waktu di alam terbuka bisa menjadi salah satu solusi penyembuh. Mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di alam terbuka mengalami tingkat peradangan lebih rendah daripada yang selalu hidup di perkotaan. Pasien yang diajak berjalan ke alam terbuka terbukti berkurang peradangannya.

4. Dapat mengurangi kejenuhan

Pernah gak kamu merasa hampa padahal masih banyak yang harus kamu lakukan? Para peneliti mengenal kondisi ini sebagai “kelelahan mental”.

Yang harus kamu lakukan adalah menghabiskan waktu di lingkungan asri udara terbuka dan menghindari gedung, perkotaan atau jalanan. Penelitian ini membuktikan bahwa keindahan alam mampu memberikan perasaan takjub, yang tentunya akan menjadi mood booster bagi setiap orang.

5. Mengurangi depresi

Kecemasan, depresi dan masalah kesehatan lainnya bisa diringankan dengan menghabiskan waktu di udara terbuka. Terutama jika digabungkan dengan berolahraga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa berolahraga di taman atau hutan mampu menurunkan tingkat kecemasan dan depresi secara signifikan. Lingkungan hijau bisa meningkatkan kepercayaan diri, sedangkan lingkungan “biru” seperti perairan bisa meningkatkan ketenangan dan kepositifan kita.