Daftar Asteroid Raksasa Jatuh ke Bumi

in ,
Daftar Asteroid Raksasa Jatuh ke Bumi
Daftar Asteroid Raksasa Jatuh ke Bumi

Badan Antariksa Nasional (NASA) melalui NASA’s Center of Near Earth Studies (NEA) menyebut sebuah asteroid seukuran bukit bakal melintasi bumi pada 29 April 2020. Asteroid itu diberi nama 1998 OR2 dan memiliki panjang mencapai 2,5 mill atau 4,1 km.

NASA memprediksi asteroid itu tidak akan berbahaya bagi bumi. Sebab, asteroid itu akan melewati Bumi pada jarak 4 juta mill atau 6 juta km.

meski tak bahaya, ternyata ada sejumlah asteroid yang tercatat pernah menghantam Bumi dan menyebabkan kerusakan cukup parah.

1. Kawah Vredevort

Melansir Life Science, sebuah meteorit atau asteroid berukuran lebih dari Gunung Table di Afrika Selatan pernah menghantam Bumi sekitar 2,02 miliar tahun lalu. Hantaman meteor itu menimbulkan sebuah kawah tertua dan terbesar di Bumi, yakni kawah Vredevort yang memiliki radius 185 mil atau 300 km. Kawah itu telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2005.

2. Kawah Sudbury

Sekitar 1,85 miliar tahun yang lalu sebuah meteor berukuran besar menghantam Bumi dan menciptakan kawah Sudbury di Ontario, Kanada, berdiameter 81 mill atau 130 km. Kawah asli diperkirakan terbentang 160 km.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Astronaut Melompat dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional

3. Kawah Chicxulub

Sebuah meteor pada 65 juta tahun yang lalu diperkirakan telah menghantam Bumi dan menciptakan kawah Chicxulub di Semenanjung Yucatanm, Meksiko. Diameter kawah Chicxulub akibat hantaman meteor itu mencapai 150 mil atau 250 km.

Para peneliti menduga meteor tersebut telah menyebabkan atau sangat berkontribusi pada kepunahan massal pada akhir zaman kapur 65 juta tahun yang lalu, termasuk akhir dari dinosaurus.

4. Kawah Popigai

Sekitar 5 juta tahun yang lalu sebuah meteorit menabrak deposit batuan grafit kaya karbon di Siberia. Akibat telah tekanan dan suhu yang sangat besar dari dampak tersebut mengubah karbon di kawasan itu bernjadi berlian.

Menurut pemerintah Rusia, kawah sebesar 100 km itu menyimpan cadangan berlian dalam jumlah besar.

5. Kawah Manicouagan

Sebuah asteroid menghantam Bumi pada 214 juta tahun yang lalu dan menyebabkan sebuah daratan menjadi danau. Kawah yang bernama Manicouagan ini selebar 612 mil di Kanada adalah salah satu kawah terbesar dan terawet di Bumi

ARTIKEL TERKAIT •
Sudah Saatnya Kita Peduli, Bumi Capai Kadar CO2 Tertinggi Sepanjang Sejarah

6. Kawah Acraman

Sekitar 580 juta tahun tang lalu sebuah asteroid menghantam Bumi telah menciptakan danau Acraman di Austalia Selatan yang memiliki diameter 56 mill atau 90 km.

Berikan Nilai Untuk Konten ini