Jadi Single Parent? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Tau

in , , ,
Jadi Single Parent? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Tau
Jadi Single Parent? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Tauhttp://www.imom.com/

Menjadi single parent bukanlah hal yang mudah, sebagian orang menganggap bahwa, orangtua tungal adalah takdir bagi orang tersebut. Tidak semua orang siap dengan tanggung jawab dan perubahan status yang drastis seperti itu.

Kamu harus melakukan 2 peran sekaligus, mengurusi anak-anak serta mencukupi kebutuhan keluarga. Kebayangkan betapa sulitnya menjadi orangtua tunggal.

Namun, jika menjadi single parent akan jauh lebih baik bagi kamu dan anak, dibandingkan harus bertahan di kehidupan pernikahan yang buruk.

Rahasia menjadi single mom!

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tau dalam menjalani hidup sebagai single parent.

1. Memiliki dua peran sekaligus

Ilustrasi Single Parent
Ilustrasi Single Parent https://www.ekspresiwanita.com/

Kamu harus tau, menjadi single parent memiliki dua peran sekaligus untuk anak. Untuk mendapatkan pengasuhan yang baik, biasanya kedua peran ini dibagi untuk ayah dan ibu. Namun, kamu harus menjalankan keduanya sendiri.

Meskipun berat karena harus melakukan semuanya sendiri, kamu harus tetap semangat dan kuat ya! Hanya orang-orang kuat yang bisa bertahan.

5 Cara Baik Memarahi Anak Tanpa Mengurangi Kasing Sayang

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Ampuh Mendidik Anak Agar Kuat Mental

2. Tanggung Jawab Bertambah

B4fd2856 F0cf 4e96 9b9e Fc44f692d347 169
Tanggung Jawab Bertambah https://www.haibunda.com/

Tanggung jawab bertambah. kamu sudah pasti harus lebih bertanggungjawab lagi terhadap dirimu dan anak-anakmu, termasuk tanggung jawab finansial. Beruntung jika kamu dan pasangan memutuskan untuk membagi dua pengeluaran untuk anak.

Selain bekerja untuk mendapatkan pemasukan rutin bulanan, coba belajar investasi jangka panjang. Mendaftarkan Anda dan Si Kecil dalam asuransi kesehatan dan pendidikan juga bisa menjadi pilihan.

3. Mengatur waktu untuk segala hal 

707 Ilustrasi Orang Tua Dan Anak Mengalami Stres 1
Ilustrasi Orang Tua Dan Anak Mengalami Stres 1 https://www.netralnews.com/

Meskipun dituntut untuk lebih fokus mengurus segala sesuatunya sendiri, kamu juga harus meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Ini gunanya untukr menghindar dari rasa stress yang melanda. Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari yang meliputi kegiatan anak dan kegiatan Ibu.

Walaupun kamu sulit dalam membagikan waktu, Sekali-sekali cobolah menitipkan anak ke orangtua ataupun kerabat, agar kamu bisa memanjakan dirimu supaya tenaga dan pikiran lebih fresh kembali.

4. Memilih pekerjaan yang tepat

7 Taktik Mengatur Keuangan Untuk Single Parent Ibupedia L977gg
Taktik Mengatur Keuangan Untuk Single Paren thttps://www.ibupedia.com/

Kamu harus memilih pekerjaan yang sesuai, karena kamu dituntut untuk menjadi tulang punggung keluarga. Inilah sebaiknya kamu harus memilih pekerjaan dengan waktu yang fleksibel.

ARTIKEL TERKAIT •
Penyebab Dan Cara Mengatasi Anak Suka Bertindak Kasar

Ini Hal Yang Bisa Diajarkan Kepada Buah Hati Kamu Tentang Kebaikan

5. Biasakan untuk selalu mandiri

20180919192846.0122137455200 1
Biasakan untuk selalu mandiri https://www.halodoc.com/

Hampir semua istri bergantung pada suami, hal itu tidaklah keliru. Karena suami adalah pencari nafkah yang utama, meski begitu seorang istri juga harus menemukan potensi dan menggali bakat agar bisa mandiri. Coba raasakan saat menjadi single parent, saat harus berpisah dengan suami, ia tidak terlalu terkejut karena sudah terbiasa mandiri dan mencari nafkah sendiri.

6. Berikan pemahaman kepada anak dan mendukung impian dan cita-cita anak

Portrait Of A Mother Taking Her Children To School
Portrait Of A Mother Taking Her Children To School https://texasfamilyinitiative.org/

Jika perceraian adalah penyebab kamu menjadi single parent, jelaskan perlahan alasan kamu dan pasangan memutuskan untuk berpisah. Hindari cerita negatif dan gunakan kalimat positif yang dapat dimengerti oleh anak.
Bisakah Kita Mengembangkan Kecerdasan?

Berjuanglah sekuat tenaga untuk mewujudkan impian dan cita-cita mereka. Terus dampingi anak-anak sampai mereka menjadi orang sukses suatu saat nanti. Dengarkan setiap keluh kesah anak dan yakinkan ia bahwa kamu dan mantan pasangan tetap menyayangi dirinya.

Baca juga

ARTIKEL TERKAIT •
Seorang Ibu Dipertemukan Dengan Mendiang Anaknya Melalui Virtual Reality (VR)

Adek Suka, Ayah Ini Buat Baby Walker Dari Kaleng dan Pipa Bekas

Bimbel Jadi Trend, Tugas Guru Hanya Beri Nilai Rapor?

Berikan Nilai Untuk Konten ini