NewspediaDunia

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines, Seluruh Penumpang Tewas

Pada tanggal 21 Maret lalu pesawat China Eastern Airlines dengan tipe Boeing 737 mengalami kecelakaan pada hari senin. Pesawat ini dilaporkan membawa penumpang berjumlah 133 orang terjatuh lalu terbakar di wilayah Guangxi.

Jatuhnya pesawat China Eastern Airlines ini tentu menjadi duka bagi seluruh dunia. Kecelakaan ini menambah daftar panjang kecelakaan seri Boeing 737-800 yang telah terjadi sebelumnya. Penerbangan China Eastern MU5735 ini awalnya dijadwalkan dari Kunming ke Guangzhou.

Namun takdir berkata lain, yang mana pesawat tersebut tidak kunjung tiba. Menurut laporan tidak ada tanda-tanda kru dan penumpang pesawat yang selamat dari kecelakaan maut tersebut.

Presiden China, Xi Jinping langsung memerintahkan petugas untuk melakukan evakuasi korban serta identifikasi penyebab kecelakaan setelah mendengar kabar duka ini. Ada beberapa fakta yang mungkin harus kamu ketahui terkait kecelakaan ini.

Pada tulisan ini, Bebaspedia bakal memberikan beberapa fakta yang harus kamu ketahui tentang kecelakaan pesawat China Eastern Airlines dengan tipe Boeing 737 ini. Mari simak di bawah ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Kasus virus Corona Mencapai 80 Ribu Jiwa dan 41 Negara Terkena Virus Corona

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines


Pesawat baru berusia 6 tahun

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines Seluruh Penumpang Tewas
Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines

Berdasarkan data Flightradar24, pesawat Boeing 737-800 yang jatuh baru berusia 6 tahun. Dengan usia ini, harusnya pesawat masih sangat layak terbang karena baru beroperasi setengah dekade. Sampai sekarang pihak kepolisian tengah menyelidiki penyebab kecelakaan.


Kecepatan pesawat

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines Seluruh Penumpang Tewas
Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines

Melansir dari Flightradar24, tidak ada penerbangan setelah pukul 14.22 waktu setempat. Diketahui bahwa pesawat tiba-tiba menurun tajam dari ketinggian 29.100 kaki (8.870 meter) menjadi 3.225 kaki (982 meter) dengan kecepatan hanya 96 detik.


Seluruh kru dan penumpang tewas

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines Seluruh Penumpang Tewas 1 2
Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines

Jumlah penumpang dari pesawat China Eastern Airlines adalah 133 orang. Yang mana terdiri dari 129 adalah penumpang dan 9 kru. Pesawat ini dilaporkan jatuh di pegunungan Guangxi tidak jauh dari lokasi tujuan. 


Tidak ada warga negara asing

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines Seluruh Penumpang Tewas 1 4
Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines

Tidak ada warga asing dalam pesawat tersebut. Semua kru dan penumpang adalah warga lokal yang memiliki tujuan dari Kunming ke Guangzhou. Pesawat ini menjalani penerbangan domestik dari Bandara Kunming di Provinsi Yunnan menuju kota Guangzhou.

ARTIKEL TERKAIT •
157 Negara Terjangkit Virus Corona

Hewan disekitar lokasi menjadi korban

5 Fakta Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines Seluruh Penumpang Tewas 1 5
Kecelakaan Pesawat China Eastern Airlines

Hewan dan tumbuhan yang berada di sekitar lokasi jatuh pesawat ikut menjadi korban. Dalam video yang beredar di media sosial menunjukkan salah satu petugas sedang menguburkan burung yang mati. Selain itu, terlihat beberapa pohon dan tumbuhan terbakar. 


China sendiri merupakan negara yang memiliki memiliki keselamatan maskapai penerbangan terbaik di dunia dalam 10 tahun terakhir. Kecelakaan pesawat terakhir di China sendiri terjadi pada tahun 2010 silam.

Kecelakaan pesawat terbaru ini menjadi kecelakaan pesawat terparah yang menewaskan 133 orang. Ini juga menjadi kecelakaan fatal pertama dari maskapai China Eastern Airlines. Kami tim dari Bebaspedia ikut berduka cita atas kecelakaan ini.

source: Youtube

Related Posts