Mengenal Sosok Abu Ubaidah, Juru Bicara Hamas dalam Konflik Israel-Palestina

5
0

Abu Ubaidah merupakan seorang juru bicara Hamas yang memiliki peran krusial dalam perlawanan rakyat Palestina terhadap Israel.

Kemampuan berbicara yang tajam sering kali digunakan sebagai senjata dalam pertempuran melawan pasukan Zionis.

Seringkali dia mengungkapkan pernyataan yang memprovokasi dan menggunakan kata-kata tajam untuk menggambarkan pejabat Israel sebagai ‘tidak cerdas’ atau ‘terlalu berhalusinasi’.

Kisah Abu Ubaidah

abu ubaidah

Nama Abu Ubaidah bukanlah nama yang sebenarnya, melainkan nama samaran. Sampai sekarang, identitas asli atau nama sebenarnya belum ada yang mengetahui

Abu Ubaidah sering kali menggunakan berbagai variasi nama seperti Abu Obaida, Abu Obayda, Abu Ubaydah, dan Abu Ubayda.

Abu Ubaidah adalah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat dihormati. Nama “Abu Ubaidah” diambil dari Abu Ubaidah bin al-Jarrah. Beliau termasuk dalam sepuluh sahabat yang dijanjikan masuk surga.

Orang tersebut terkenal karena kemampuannya dalam memimpin yang kuat dan memiliki sikap adil.

Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah salah satu pemimpin utama dalam penyebaran agama Islam di wilayah Levant.

Dia memiliki peran yang sangat penting dalam pertempuran-pertempuran yang berarti seperti Yarmouk dan memiliki peran yang krusial dalam penaklukan Suriah.

Abu Ubaidah bin al-Jarrah terkenal dengan sifat rendah hati dan kesetiaannya terhadap agama Islam.

Jadi, kita sedang membahas sosok Abu Ubaidah, pria Palestina yang bertindak sebagai juru bicara Brigade Al-Qassam, sayap militer dari organisasi Hamas.

Seringkali, ia menjadi juru bicara dalam pertemuan media untuk menyuarakan pesan-pesan yang ingin Hamas sampaikan kepada seluruh dunia, terutama kepada Israel.

Dia selalu menggunakan keffiyeh untuk menyembunyikan identitasnya yang sebenarnya.

Sampai sekarang, Israel masih menghadapi kesulitan dalam menangkapnya.

Beberapa sumber di Israel pernah menyatakan bahwa Abu Ubaidah menggunakan nama Huzaifa Samir Abdullah al-Kahloot.

Tetapi, Hamas segera menyangkal pernyataan tersebut.

Beberapa laporan dari media lain juga mengungkapkan bahwa dia berasal dari kota Naalia di Gaza yang dikuasai oleh Israel pada tahun 1948, dan sekarang dia tinggal di Jabalia, di bagian timur laut Gaza.

Tapi, masih belum jelas siapa sebenarnya Abu Ubaidah.

Peranan Sosok Abu Ubaidah sebagai Jubir Hamas

Orang yang disebut Abu Ubaidah dalam konteks konflik Palestina dan Israel adalah anggota Brigade Al-Qassam Hamas yang bernama Abu Ubaidah Jubir.

Dia sering menggunakan retorika yang provokatif sebagai juru bicara untuk memicu kemarahan tentara Zionis.

Dia juga menjadi lambang perlawanan Hamas karena selalu menjadi yang pertama dalam menyampaikan aspirasi para anggota militan Hamas.

Ia juga sering menginformasikan beberapa tindakan Hamas kepada seluruh dunia, seperti salah satunya melalui video pidato yang dipublikasikan melalui media.

Sejak konflik antara Israel dan Jalur Gaza mulai terlihat kembali, Abu Ubaidah sering muncul sebelum atau sesudah setiap keputusan penting.

Pendukung Hamas di Palestina percaya bahwa Hamas telah menunjukkan keahlian yang luar biasa dalam mengelola perang informasi, terutama dalam menghadapi juru bicara Israel.

Walaupun Abu Ubaidah tidak terlibat secara langsung dalam pertikaian antara Palestina dan Israel, namun perannya tetap sangat penting.

Dengan posisinya sebagai juru bicara Hamas, dia memiliki kekuatan yang signifikan dalam memperjuangkan hak-hak Palestina serta menentang keberadaan Israel.

Tinggalkan Balasan