menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comOpiniPedia5 Trik Agar Gak Kehabisan Ide Dalam Menulis Konten

5 Trik Agar Gak Kehabisan Ide Dalam Menulis Konten

Agar Tidak Kehabisan Ide Menulis Konten
Infoin Aja

Bagi kita yang rajin nge-blog atau memang, bekerja sebagai penulis konten (content writer), tak dipungkiri kita dituntut untuk terus memiliki ide atau inspirasi.

Apalagi yang target bulanannya bejibun (ya seperti gue inilah). Sudah pasti kita harus / dituntut untuk menulis konten yang baru dan segar terus.

Tapi memang masalahnya, ada waktunya kita sedang habis inspirasi. Dan keadaan seperti ini memang gak enak banget. Karena bisa menghambat semua-semuanya juga.

Nah apabila kamu adalah salah satu yang kini sedang mengalaminya, yuk langsung saja simak 5 tips dan trik nya berikut ini.

1. Tulis Yang Sedang Hype

Ini bukan hanya sekedar tips biar gak kehabisan inspirasi saja sih. Tapi bagi kita yang content writer, mengunggah tulisan yang sedang hype, merupakan KEWAJIBAN.

Ya logikanya media mana sih yang mau ketinggalan berita atau hal yang sedang hype? Selain bisa meningkatkan kualitas tempat kerja, di saat yang sama toh kita menjadi gak kehabisan ide bukan?

2. Tulis Yang Kita Sukai

Terkadang terdapat beberapa media saat ini yang tidak mengharuskan penulisnya untuk melakukan pitching ide atau apa yang mau ditulis.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Pekerjaan Kekinian Bagi Kamu Yang Hobi Menulis

Nah media seperti ini bisa menjadi keuntungan kita banget. Jadi, kitapun bisa menulis apa saja yang ingin kita tulis. Nah apabila seperti ini, langsung saja tulis apa yang kita ingin tulis.

Dengan seeprti ini, dijamin inspirasi akan mengalir terus dengan sendirinya.

3. Berdiskusi Dengan Editor

Pada hakikinya, editor adalah penguasa semua tulisan yang di-submit oleh semua penulisnya.

Nah biasanya, memang editor akan memberikan tugas / materi ke kita. Tapi katakanlah, ia sedang gak ada ide atau bahan. Kalau seperti ini, langsung inisiatif diskusi ke dia.

Tanya dan berikan ide-ide menarik yang bisa ditulis nantinya. Dan percayalah, langkah ini sangatllah efektif.

4. Jangan Dipaksa Kalau Memang Sudah Buntu Banget

Nah ini nih. Karena sudah tuntutan kerja, terkadang kita sering banget memaksakan diri untuk berpikir keras agar bahan yang ditulis bisa ada. Hal ini sebenarnya gak efektif justru.

Logikanya kalau di dalam main video game, kalau kita sudah buntu atau gak ada jalan di level-nya, masa kita mau paksa hari itu juga dapat? Gak mungkin bukan?

ARTIKEL TERKAIT •
5 Pekerjaan Kekinian Bagi Kamu Yang Hobi Menulis

Oleh karenanya kalau memang sudah buntu banget, istirahatlah dulu. Refresh dulu. Biasanya kalau sudah fresh lagi, ide akan bisa muncul lagi.

5. Rajin Online

Maksudnya disini, rajin-rajinlah buka-buka situs yang sejenis dengan kerjaan kamu atau, melihat tulian rekan penulis di media kita.

Tapi ingat, bukan COPY-PASTE YA! Biasanya nanti setelah membaca artikel yang ada, kita akan timbul inspirasi. Atau bisa juga rajin membuka situs unggah video YouTube.

Seperti kita tahu, di situs ini tersedia kanal-kanal berformat listicle seperti: Watchmojo, Whatculture, bahkan kanal media seperti IGN atau yang lainnya, juga bisa dijadikan inspirasi. Intinya banyak buka, banyak nonton, banyak ide.

Semoga pembahasannya bermanfaat ya!

Add comment