Apa Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kutub Utara Dan Selatan Mencair?

in
Apa Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kutub Utara Dan Selatan Mencair?
Apa Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kutub Utara Dan Selatan Mencair? | Source: idntimes.com

Pemanasan global sudah menjadi suatu masalah atau hal yang lumrah dalam kelangsungan hidup manusia di bumi. Iklim yang berubah ekstrem merupakan salah satu contoh efek dari pemanasan global yang timbul. Tentu saja, itu sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup para makhluk di bumi.

Selain itu, dampak dari perubahan iklim yang paling parah adalah mencairnya es di pegunungan kedua kutub di bumi. Mencairnya es di kedua kutub ini tentu saja memberikan dampak yang begitu besar bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Es pada kutub juga bisa mencair akibat dari perubahan iklim yang ekstrem sebagai efek dari pemanasan global.

Berikut adalah Fenomena-Fenomena Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kedua Kutub Mencair

1. Permukaan Laut Menaik

Saat es pada kutub mulai mencair, maka permukaan air laut pasti akan naik dan luas daratan menjadi semakin sempit dan berkurang. Tentu saja ini menjadi hal yang akan sangat menakutkan jika sampai terus terjadi.

2. Sering Terjadi Cuaca Ekstrem

Cuaca yang ekstrem membuatnya mudah berubah, dari hujan deras, menjadi panas terik, ataupun sebaliknya. Ini juga mengakibatkan perubahan suhu yang begitu ekstrem. Bahkan di Eropa Barat terjadi kekeringan yang bisa dilihat dari angkasa.

ARTIKEL TERKAIT •
Bahaya Yang Akan Terjadi Jika Kamu Masih Nekat Berkendara Menerjang Banjir

3. Relokasi Penduduk Besar-Besaran

Menurut penelitian, Shanghai dan Miami beresiko hilang dari peta dunia jika es di ke 2 kutub mencair. Maka dari itu ada kemungkinan penduduk dari keduanya akan berpindah tempat. Penduduk lain pun pasti akan berpindah tempat, terutama yang berada ditepi pantai.

4. Sungai Amazon Berubah Jadi Lautan

Sungai Amazon bisa saja berubah menjadi laut saat es di kedua benua mencair, dan itu beresiko untuk menutupi sebagian besar wilayah Brasil dan menjadikannya laut.

5. Beruang Kutub Punah

Beruang kutub hidup di kutub yang sangat dingin, lalu bagaimana jika es disana mencair? Tentu saja beruang kutub akan punah dan mati karena kelaparan. Walrus dan anjing laut pun mungkin akan mengalami hal yang sama.

6. Gurun Pasir Meluas

Karena suhu ekstrem ini dapat membuat kekeringan karena suhu yang tinggi sekali. Itu membuat tanah tidak dapat ditanami dan menjadi tandus.

7. Ekosistem Laut Tak Bisa Diprediksi

Ekosistem laut akan mulai meningkat secara besar-besaran. Ikan memiliki banyak makanan, ganggang akan digantikan plankton dan mamalia laut juga ikan meningkat menjadi kurang lebih 70%

ARTIKEL TERKAIT •
Sikap Rakyat Terhadap Pemimpin

Berikan Nilai Untuk Konten ini