OpiniPedia

Mengapa Banyak Dari Kita Seringkali Termakan Informasi Hoax?

Hal ini seringkali karena kebanyakan orang tidak sungguh-sungguh membaca dan memahami informasi yang di peroleh, dan bahkan tidak memeriksa kebenaran suatu informasi. Nah maka dari itu kita harus cek & ricek informasi yang diperoleh. Itulah kenapa kita bisa termakan berita hoax.

Fenomena bias Kognitif

Bias Diri 5d3d29e1097f3621ad710df5
Source Image

Bias kognitif adalah kesalahan dalam berpikir, menilai, mengingat, atau proses kognitif. Yaitu, sebuah pola penyimpangan dari standar dalam pertimbangan, di mana inferensi bisa terjadi secara tidak wajar.

Orang-orang membuat “realitas sosial subjektif” mereka berdasarkan persepsi mereka, pandangan dunia mereka bisa menentukan tingkah laku mereka. Karena itu, bias kognitif bisa menyebabkan penyimpangan persepsi, pertimbangan yang tidak tepat, penafsiran yang tidak logis, atau yang sering disebut keirasionalan.

Informasi hoax memberi dampak psikologis

Secara umum hoax  memiliki daya untuk mengubah dan memperkuat sikap atau persepsi yang dimiliki seseorang terhadap suatu hal. Bisa jadi ketidaksetujuan terhadap kebijakan tertentu, orang tertentu, kelompok tertentu, dan sebaliknya. Namun, khusus informasi-informasi hoax yang bersifat negatif dapat menyebabkan kecemasan berlebih.

1 2 3

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.