menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comRekompedia5 Tips Penting Yang Harus Diingat Ketika Membeli AC

5 Tips Penting Yang Harus Diingat Ketika Membeli AC

Tips Membeli AC

Berikut adalah 5 tips penting yang harus diingat ketika membeli AC

AC (Air conditioner), gak dipungkiri merupakan peralatan rumah tangga yang sangat penting di rumah tangga kita saat ini. Tanpa AC, dijamin kita bakalan kegerahan dan keringatan terus-terusan.

Bahkan lebih jauhnya bagi beberapa (termasuk gue), akan sulit bernafas karena kekurangan oksigen. Berdasarkan alasan-alasan ini, maka sekali algi tak heran jika banyak orang yang mensisihkan dana mereka untuk membeli pendingin ruangan ini.

Nah, sekilah membeli AC itu adalah perkara gampang. Tinggal cari merek yang disukai dan harga yang bersahabat, semua selesai. Sayangnya sebenarnya tidak semudah ini guys. Banyak banget pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan ketika membeli AC nya.

Dan berikut adalah 5 tips penting yang harus diingat ketika membeli AC.

1. Perhitungkan Ukuran PK dan Luas Ruangan

Rumus Cara Menentukan Ukuran Pk Ac Sesuai Ruangan51
Harus bisa sesuain PK nya ya! | ArtikelSpaceStock

Tips penting yang harus diingat ketika membeli AC pertama kali, adalah memperhitungkan / mempertimbangkan antara ukuran PK dan luas ruangan nya.

Karena antara keduanya saling berhubungan satu sama lain. Apabila salah perhitungan, bisa-bisa nantinya AC tidak akan mendinginkan satu ruangannya atau malah, terlalu dingin.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-Ac, Jika Tidak Ingin Mengalami Gejala Berikut

Lalu bagaimana mengukur sekaligus menyesuaikan antara ukuran PK AC dengan luas ruangan nya? Oke ambil saja contoh seperti ini: Ruangan yang berukuran 10 meter persegi, biasanya menggunakan AC berukuran ½ PK.

Ruangan berukuran 14 meter persegi biasanya, ¾ PK, 18 meter persegi biasanya 1 PK, 36 meter persegi biasanya 2 PK. Sekali lagi ini hanya perkiraan umumnya saja. Untuk lebih jelasnya, ya silahkan nanti bertanya lagi ke ahlinya.

2. Pilih AC Yang Hemat Listrik

Ac Hemat Listrik 0
Pilih yang hemat listrik | Bukalapak

Gak dipungkiri salah satu benda berlistrik rumah tangga yang kerap membuat tagihan kita membengkak, adalah AC. Apalagi kalau dipasang setiap hari tak henti-henti. Siap-siap dompet jebol dah!

Oleh karenanya ketika membeli, jangan ragu untuk melalukan riset online atau bertanya ke petugas tokonya terkait daya kehematan listriknya. Biasanya sih AC yang bermerek ternama, sudah sangat ramah listrik.

3. Fitur Canggih Jangan Dilupakan

Summary
Fitur canggihnya diliat juga! | Priceprice

Sama seperti produk-produk elektronik lain, masing-masing produk AC pasti menampilkan fitur-fitur canggihnya.

Memang sih fitur canggih rata-rata bersifat tambahan  asyik. Tapi terkadang, ada juga fitur tambahan yang memiliki peranan yang signifikan baik bagi AC nya maupun bagi kita sebagai pengguna.

ARTIKEL TERKAIT •
Tak Ada Kipas atau AC? Begini 3 Cara Hilangkan Gerah Jika Ketika Cuaca Panas

Oleh karenanya, pertimbangkan baik-baik fitur canggih mana yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai salah pilih oke?

4. Jangan Takut Harga Mahal

Lebih Mengenal Beberapa Merk Ac Paling Laku Di Indonesia
Lebih mahal lebih bagus | Selka.id

Ya, y ague juga tahu dan sadar kok. Siapa sih yang tidak ingin membeli AC dengan harga murah? Apalagi di zaman pandemi yang serba susah ini.

Tapi di saat yang sama kamu juga musti ingat lagi salah satu prinsip ekonomi yang ngetop: Semakin mahal sebuah harga barang, biasanya kualitasnya kian bagus.

Sekarang ya gue mau tanya nih, apakah kamu ingin cuma karena harga murah, terus AC nya cepat rusak / jebol lagi? Tentunya tidak ingin bukan? Jadi lebih baik beli harga yang sedikit menguras kantong tapi, sudah pasti bakalan lama awetnya.

5. Pelajari Garansi After Sales nya

Ac Ada4e4f9632c3c07eb8ad082bd6a6c49 600x400
Garansi diliat! | IDN TImes

Faktanya, garansi memang sangat dibutuhkan bagi barang apapun yang ingin kita beli. Garansi dimaksudkan agar kita bisa berhemat (baca: tidak keluar uang servis) apabila AC tiba-tiba mengalami kerusakan.

Bukan hanya untuk urusan kantong saja, namun mempelajari garansi after sales juga bisa membuat kita wanti-wanti dengan kualitas yang dijanjikan dan kualitas yang nantinya akan kita dapatkan.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara yang Bisa Dilakukan Saat AC Tidak Bisa Dingin

Nah itulah tadi 5 tips penting yang harus diingat ketika ingin membeli AC. Semoga bermanfaat ya guys!

Add comment