Apakah Benar Membuka Kaca Mobil Akan Membuat BBM Jadi Boros?

in
Apakah Benar Membuka Kaca Mobil Akan Membuat Bbm Boros
Apakah Benar Membuka Kaca Mobil Akan Membuat Bbm Boros

Ketika kita menaiki mobil yang memiliki AC, pastinya kita menutup kaca mobil saat hendak ingin menghidupkan AC tersebut. Hal ini agar udara dari AC itu tidak keluar dari dalam mobil. Kecuali kalau kita tidak ingin menghidupkan AC dan lebih ingin menikmati angin, biasanya saat merokok atau cuaca sudah sangat dingin.

Tapi, tahukah kamu ternyata ketika membuka atau menutup kaca mobil, hal itu berpengaruh loh pada kecepatan mobil itu sendiri. Semakin ktia membukanya dengan lebar, maka akan membuat mobil akan berjalan semakin lambat. Nah, hal demikian disebut sebagai ilmu aerodinamika.

Baca Juga: 4 Komponen Utama Di Mobil Yang Harus Dipastikan Prima Saat Musim Hujan

Ilmu Aerodinamika

Sebagai informasi, menurut buku Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, aerodinamika adalah ilmu yang mempelajari aliran udara, karean meskipun tidak kasat mata, ternyata udara ini menghambat laju dari sebuah benda (seperti truk, bus, dan mobil).

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui pola pergerakannya, supaya kendaraan dapat melaju tanpa adanya hambatan udara.

ARTIKEL TERKAIT •
Demi Tanaman Hias, Pria ini Rela Tukarkan Dengan Mobil Avanzanya

Dan hal itu juga berpengaruh pada penggunaan BBM mobil. Yang artinya kalau kamu mengguna kaca mobil dalam kurun waktu lama, maka bahan bakarmu akan cepat terkuras habis.

Baca Juga: Alasan Beberapa Kota Di Dunia Melarang Penjualan Mobil Hitam Baru

Bukan Hanya Karena Kaca Mobil

Ilmu Aerodinamika Mobil
Ilmu aerodinamika mobil | Kompas.com

Namun bukan karena membuka kaca mobil saja ya yang bisa membuat bahan bakar mobil menjadi cepat habis. Masih ada faktor lainnya, seperti mengendarai dengan kencang dalam kurun waktu yang lama.

Oleh karena itu, ada baiknya membuka kaca mobil di saat kondisi atau situasi tertentu saja. Misalnya ketika merokok, menikmati AC alami, atau ingin melihat pemandangan di luar.

Karena kita tidak mau kan kalau tiba-tiba saja bahan bakar mobil yang kita naiki tiba-tiba habis. Padahal kita tidak melakukan hal-hal yang membuat bahan bakar mobil menjadi cepat habis.

Baca Juga: Hanya Modal Rp 19 Juta, Pria Ini Buat Mobil Sendiri Dari Barang Rongsokan

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.