5 Kata Bahasa Indonesia Yang Selama Ini Kita Sering Salah Tulis

in
Kata Bahasa Indonesia Sering Salah tulis
Menulis 3 0bc65a7b8ac646e4618a6846daa5257a 600x400

Berikut adalah 5 kata Bahasa Indonesia yang ternyata nih, selama ini kita sering salah tulis.

Bahasa Indonesia bisa dikatakan adalah salah satu bahasa yang sangat berwarna, unik, lagi sulit. Bahkan kita-kita saja yang dari bayi tinggal di Indonesia, masih suka melakukan banyak kekeliruan bahkan, kesalahan.

Dan salah satu kesalahan tersebut, adalah dalam bentuk tulisan. Alhasil, membuat pengucapan kita pun menjadi salah total.

Dari semua kata Bahasa Indonesia yang ada, berikut adalah 5 kata bahasa Indonesia yang ternyata selama ini kita sering salah tulis tersebut.

1. Praktik

Dr Hasan Faqih Klinik Jakarta 1453702913 56a5bf011321e
Nah ini salah tulisannya guys! | Practo

Kata Bahasa Indonesia yang ternyata selama ini kita sering salah tulis yang pertama, adalah Parktik.

Gak dipungkiri kita sering mengucapkan kata ini dengan mengganti huruf “i” menjadi “e” sehingga menjadi “praktek”. Padahal yang benar, ya praktik. Bisa kamu buktikan sendiri deh dengan mengetikkan kata “praktek” di situs resmi KBBI.

Dijamin KBBI langsung mengarahkan kiita ke kata “praktik”. Gak heran jika kata Bahasa Indonesia ini sering kta salah tulis. Karena memang sudah kebiasaan kita di beberapa kata yang bunyi “I” nya kental, kita malah ganti menjadi “e” (baca: menjadi tidka baku).

ARTIKEL TERKAIT •
Belajar PUEBI, Yuk! Berikut 10 Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Menulis

2. Nasihat

5 Zodiak Ini Suka Banget Memberi Nasihat
Orang tua memberikan nasehat | Tribunnews

Sama seperti “praktik”, kata “nasihat” juga sering kita ucapkan, “nasehat”. Dan sekali lagi, hal ini wajar. Karena memang banyak dari kita yang lebih senang mengucapkan dengan kata yang tidak baku.

Tapi karena pembahasan ini memang bertujuan untuk memberikan pelurusan yang selurus-lurusnya, jadi ya gue sarankan lebih baik dirubah saja kebiasaan ini pelan-pelan oke

3. Apotek

Tiga Apotik Buruan Netizen Di Masa Pandemi Covid 19
Apotek | InfoBrand.id

Nah kalau kata ini justru kebalikan dari pembahasan 2 kata sebelumnya. Kalau ini memang yang benar, “Apotek”. Tapi banyak dari kita yang justru lebih sering mengucapkan “apotik”.

4. Andal

1 7q1t19rxfjmgtjikskv Ba 640x370 1
Contoh menjadi speaker yang andal | Binus University

Nah kata ini bisa dibilang yang memang sangat jarang diucapkan. Entahlah gue juga gak mengerti kenapa banyak dari kita yang selama ini menulis dan mengucapkannya dengan kata “handal”.

Darimana asal-usul huruf “h” nya? Apakah mungkin karena untuk mengakomodasi kenyamanan lidah kita ketika mengucapkan katanya? Bisa jadi sih menurut gue.

Anyway, yap penulisan dan pengucapan yang benar dari kata ini, ya “andal”. Dan uniknya lagi kalau kamu mengetikkan kata ini di KBBI, maka kata ini memiliki 2 makna berbeda.

ARTIKEL TERKAIT •
Mengapa Tulisan Dokter Pada Resep Obat Sulit Dibaca?

5. Feminin

Taurus Dan 5 Zodiak Ini Bangga Menjadi Feminin Hingga Pintar Banget Mengekspresikannya
Wanita ini terlihat feminin banget | Tribunnews

Nah inilah mungkin kata bahasa Indonesia yang hingga kini, kita masih sering salah tulis dan ucap.

Yap kalau kamu cek di situs KBBI, kata yang merujuk pada sifat wanita yang benar-benar kewanitaan ini, yang betul adalah Feminin. Entahlah mungkin karena huruf “M” lebih nyaman di bibir, sehingga akhiran huruf “N” nya diganti dengan M.

Dan memang gue juga sering merasakan sih. Mau itu sedang mengucapkan kata atau bernyanyi, menyanyikan huruf awalan atau akhiran “m” memang lebih nyaman daripada huruf-huruf konsonan lainnya.

Itulah tadi sekiranya 5 kata Bahasa Indonesia yang ternyata selama ini kita sering salah tulis dan ucap. Semoga pembahasannya bermanfaat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini