Kata Ajaib Para Penyihir, “Sim Salabim dan Abracadabra”

in
Kata Sim Salabim Dan Abracadabra
Kata Sim Salabim Dan Abracadabra

Apakah kamu mengetahui kata-kata ajaib penyihir yang sering mereka ucapkan saat melakukan aksi sulapnya? Yap, pasti kebanyakan mengetahui dua kata ini, yaitu “Sim Salabim” dan “Abracadabra“. Rasanya dua kata tersebut sudah tidak asing lagi ya terdengar bagi telinga kita.

Sampai saat ini, tidak ada yang mengetahui dengan jelas siapa dan darimana asal dua jargon khas para pesulap ini. Belum ada juga teori yang mengungkapkan mengenai asal usulnya.

Arti kata Sim Salabim

Tapi nih ada satu teori yang kuat yang menyebutkan kalau “Sim Salabim” merupakan suku kata yang tak masuk akal dari sajak anak-anak negara Denmark.

Baca Juga: Anna Goldi, Penyihir Terakhir Yang Mati Dhi Eropa

Pertunjukan Sim Salabim Dante
Ilustrasi foto: mysteryarts

Pesulap ternama asal Denmark yang bernama Dante atau yang juga dikenal The Great Jansen pernah menyebutkan kata tersebut pada acaranya dengan bermaksud menyampaikan ucapan ‘ribuan terima kasih’.

Sedangkan Abracadabra

Dalam kebudayaan Skandinavia lainnya, Sim Salabim merupakan “padanan dari bahasa Swedia untuk kata ‘abracadabra.”

ARTIKEL TERKAIT •
Anna Goldi, Penyihir Terakhir yang Mati di Eropa

Sedangkan kata ‘abracadabra’, kebanyakan digunakan oleh pesulap panggung sebagai hiburan masyarakat umum. Disebutkan kata ini berasal dari dunia Romawi kuno yang dipercayai memiliki kekuatan magic yang sangat kuat.

Apa kamu pernan menonton serial film Harry Poter? ‘Avada Kedavra’ digunakan sebagai tanda kutukan pembunuhan. JK Rowling, selaku penulis buku menyebutkan bahwa kata tersebut ia dapatkan dari versi bahasa Aram kuno, yaknii daerah kuno Suriah.

Baca Juga: Dituduh Penyihir, Wanita Ini Dibunuh Dengan Tragis Karena Melakukan Penelitian Ilmiah

Abracadabra Di Harry Potter
Foto: kitech1.com

Menurut Rowling, arti dari kata tersebut adalah ‘biarlah hal itu dihancurkan,’ dan itu dapat diaplikasikan untuk penyembuhan penyakit.

Kini banyak orang yang meyakini bahwa kata Abracadabra telah digunakan untuk jimat selama ratusan tahun terakhir. Biasanya jimat yang menyertakan mantra ini ditulis pada perkamen atau benda lain.

Dilansir dari ancient origins, mengungkapkan kalau banyak penduduk Eropa pada masa abad pertengahan yang takut dengan mantra sihir. Karena itulah mereka menggunakan jimat ‘abracadabra’ sebagai penangkal bilamana kejahatan sihir menimpa mereka.

ARTIKEL TERKAIT •
Dituduh Penyihir, Wanita ini Dibunuh Dengan Tragis Karena Melakukan Penelitian Ilmiah

Baca Juga: Potret Masa Muda Limbad Yang Disebut Netizen Mirip Oppa Korea

Baik itu sim salabim ataupun abracadabra sering diadaptasi oleh para pesulap panggung untuk trik sulap mereka.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.