menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comSejarahPedia8 Tipe Generasi Yang Eksis Di Dunia Hingga Detik Ini

8 Tipe Generasi Yang Eksis Di Dunia Hingga Detik Ini

Tipe Generasi Yang Eksis
4 Insights Into Generation X Preview

Berikut adalah 8 tipe generasi yang pernah eksis di dunia hingga detik ini.

Berdasarkan situs KBBI, generasi memiliki makna, “sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya; angkatan; turunan.

Gampangnya, generasi adalah sekumpulan orang yang terlahir dalam satu himpunan putaran waktu. Dan semenjak pertengahan 20an hingga kini di tahun 2021, sudah ada 5 tipe generasi yang eksis / hidup di dunia ini.

Apa saja mereka? Oke deh, berikut adalah 8 tipe generasi yang eksis di dunia hingga detik ini.

1. Lost Genration

generasi yang eksis
Lost Generation | Schimmel Pianos

Generasi ini adalah mereka yang lahir dari tahun 1883-1900. Disebut “Lost” karena rata-rata yang lahir di generasi ini, tidak memliki arahan jelas untuk hidupnya.

Hal ini karena generasi ini adalah generasi yang lahir pasca efek perang awal di tahun atau dekade sebelumnya. Adalah penulis terkenal, Ernest Hemingway yang mempopulerkan istilah ini di novel-nya, The Sun Also Rises yang dipublikasikan di tahun 1926.

2. Greatest Generation

A Group Of People And A Girl 1927 Photo Courtesy Of Borys Huculak
Greatest Generation | ResearchGate

Greatest Genertion adalah mereka yang lahir dari tahun 1901-1927. Mereka yang terlahir di genrasi ini adalah yang terkena dampak Great Depression yang terjadi di era 1930an.

Mereka jugalah yang pertama mengalami transformasi kecanggihan teknologi pertama seperti telepon. Mereka jugalah yang mengalami era keemasan (Golden Age ) industri perfilman Hollywood.

Rata-rata, adalah generasi ini yang menjadi kakek dari generasi Baby Boomers.

3. Traditionalist / Silent Generation

New York City Street Scene
Silent Generation | Fishstick Monkey / Tumblr

Generasi ini adalah mereka yang lahir dari tahun 1928-1945. Rata-rata orang tua dari generasi ini adalah yang berasal atau pernah hidup di era Perang Dunia 1.

Generasi ini biasanya memiliki anggapan bahwa kehidupan yang akan mereka miliki di masa depan akan sulit banget. Selain itu, generasi ini rata-rata juga tipe yang gak berani untuk mengemukakan pendapatnya.

Alasannya, apabila mereka mengeluarkan pendapat, akan membahayakan diri mereka sendiri. Makanya generasi ini disebut SILENT alias diam seribu bahasa.

4. Baby Boomers

1 Y7m7bj2d4ohjr7qdjgttha
Baby Boomers | Medium

Nah dalam 2 tahun terakhir ini kita kerap mendengar ejekan “Ok boomers”. Nah slang ini memiliki arti bahwa di individu sangat tua dan kuno banget.

Nah asal kata boomers ya dari nama tipe generasi ini. Generasi Baby Boomers adalah yang lahir dari tahun 1946-1964. Generasi ini kerap dianggap sebagai generasi istimewa. Karena generasi ini seluruh kebutuhannya dibantu oleh pemerintah negaranya.

Hal ini dikarenakan kala itu setelah masa-masa Perang Dunia 2. Generasi baby boomers juga dikatakan lebih aktif dan bugar secara fisik. Tapi di saat yang sama generasi ini juga kerap dikritik karena peningkatan konsumerisme nya yang berlebihan.

5. Generation X

0a013eb8e46c41b351fb7b31ef63080f
Generation X 70an | Pinterest

Generation X adalah mereka yang lahir dari tahun 1965-1980. Generasi ini kerap dianggap sebagai generasi kunci.

Pasalnya generasi X adalah generasi pertama yang mengalami banyak pergeseran nilai moral pertama. Speerti pergaulan yang makin liar, orang tua mulai berkurang pengawasannya, dan sebagainya.

Selain itu rata-rata generasi ini memiliki sifat yang sinis, pemalas, dan tidak puasan. Musik grunge, hip-hop, dan film indepen, adalah beberapa produk hiburan yang terlahir dari generasi ini.

Walau memiliki sifat yang kurang oke tersebut, namun berdasarkan berbagai penelitian yang ada, generasi X justru adalah generasi yang ketika tua-nya, akan terus menjadi orang yang aktif dan bahagia.

Atau dengan kata lain, memiliki keseimbangan dalam kerja maupun kehidupannya.

6. Genration Y

Lp8rbv5feunjo6ymoyrzmg Custom Custom Size D7hftxdivxxvm.cloudfront 5
Generation Y | Artsy

Genrasi inilah yang kerap disebut juga sebagai “millenials”. Generasi ini adalah yang lahir dari tahun 1981-1996. Generasi ini biasanya juga disebut sebagai “echo-boomers”.

Karena rata-rata orang tua yang melahirkan generasi ini adalah yang berasal dari generasi baby boomers. Generasi ini biasanya terkenal sangat mahir dalam skill yang mereka emban.

Juga, mereka sangat mahir dalam hal berbau teknologi atau komputer. Dan satu lagi, mereka juga yang paling aktif dalam urusan media sosial.

7. Generation Z

Generation Z Issues
Generation Z | ITA Group

Dikenal juga dengan genrasi Zoomers, generasi ini adalah mereka yang lahir dari tahun 1997-2012.

Generasi Z biasanya adalah generasi yang sudah atau sering menggunakan teknologi digital sejak usia muda. Pokoknya mereka adalah yang apa-apa sangat bergantung pada yang namanya internet.

Generasi ini biasanya memiliki kelakuan yang jauh lebih sopan dan menurut aturan. Dan juga, sangat hormat dengan orang yang lebih tua. Mereka juga lebih mempedulikan pestasi sekolah dan bekerjanya.

Tapi di saat yang sama, mereka jugalah yang kerap mengalami gangguan mental atau paling minim kurang tidur. Mereka juga sudah tidak membaca buku. Semua informasi mereka dapatkan dari online.

8. Generation Alpha

Little Girl And A Tablet
Generation Alpha | The Digital Bridges

Nah inilah generasi cilik yang hidup di era sekarang ini. Generation Alpha adalah mereka yang lahir dari tahun 2010 hingga 2025 (pokoknya pertengahan 2020).

Bisa dikatakan inilah generasi yang harus diawasi secara ketat pertumbuhannya (apalagi jika dia anak kita). Karena generasi ini adalah generasi yang hidup dalam era teknologi informasi yang gila-gilaan.

Mereka sangat rentan terekspos hoax-hoax dan juga kelakuan-kelakuan gak bener sekarang ini. Tapi di saat yang sama, generasi ini juga adalah generasi yang kian cerdas pengetahuannya daripada generasi-generasi sebelumnya.

Itulah tadi pembahasan 8 tipe generasi yang eksis / hidup di dunia hingga detik ini. Smeoga pembahasannya bermanfaat ya!

Add comment