Film Pertama Di Dunia Hanya Berdurasi 46 Detik

in
Film Pertama Di Dunia
Film Pertama Di Dunia | Credit Image: Lyon Mag

Sortie del’usine Lumira de Lyon adalah judul dari sebuah video yang hanya ebrdurasi 46 detik, yang dianggap sebagai film pertama di dunia. Dalam bahasa Prancis yang berarti “Pegawai yang Pulang dari Pabrik Lumiere di Lyon”.

Film ini dibuat oleh Lumiere Bersaudara, Louise dan Auguste Lumiere. Meskipun hanya berdurasi 46 detik, film ini lah yang membuka mata dunia tentang perfilman.

Film ini dibuat pada tahun 1895, sebelumnya memang ada film yang sudah dibuat, judulnya ialah Roundhay Garden Scene, diciptakan oleh Louis Le Prince dengan durasi dua detik saja. Namun film oleh Louis tidak dianggap sebagai pelopor perfilman dunia.

Lumiere bersaudara

Sama seperti judulnya, film ini menampilkan para pegawai yang pulang kerja dari pabrik milik ayah Lumiere Bersaudara di Lyon, Prancis.

Lumiere bersaudara ternyata adalah yang menemukan pertama kali alat yang bisa memproyeksikan gambar bergerak. Alat tersebut bernama sinematograf, alat ini dubuat menggunakan peralatan ayahnya yang merupakan seorang fotografer.

Mereka terinsipirasi oleh kinetoskop milik Thomas Alva Edison yang hanya bisa dinikmati oleh satu orang saja. Setelah Lumiere bersaudara mengembangkan sinematograf, mereka bisa menampilkan gambar bergerak untuk dilihat oleh banyak orang.

3c4ebd43fcf9248e9426d564ab150bfa  american history  in
Kinetoskop | Pinterest

Setelah mereka berhasil mengembangkan sinematografnya, mereka mulai memutar film dari kota ke kota untuk pertunjukan. Saat itu film masih belum memiliki suara, hanya sekedar gambar bergerak saja sampai pada tahun 1927. Era ini disebut dengan era film bisu.

ARTIKEL TERKAIT •
Perbedaan Kekuatan Militer Sparta dan Athena

The Great Train Robbery

This image has an empty alt attribute; its file name is The_Great_Train_Robbery_0018.jpg
Film The Great Train Robbey | wikipedia

Pada tahun 1903, industri perfiliman dunia mulai menunjukan perkembangan. Amerika merilis film yang digadang-gadang menjadi film dalam era film bisu yang lebih kompleks cerita dan alurnya.

The Great Train Robbery merupakan film yang dirilis saat itu. Film ini diangkat dari kisah nyata perampokan kereta api pengangkut emas yang terjadi pada tahun 1896. Cerita dalam film ditulis oleh Thomas A. Edison. dan diproduseri oleh Edwin S. Porter.

Meskipun hanya berdurasi 12 menit, dan masih hitam putih, film ini menjadi inspirasi dalam perkembangan film-film selanjutnya di dunia industri perfilman dunia.

Berikan Nilai Untuk Konten ini