SejarahPedia

Koloseum Roma, Tempat Eksekusi Pelaku Kejahatan di Masa Romawi Kuno

Koloseum Roma kini telah menjadi salah satu dari keajaiban dunia. Namun apakah kamu tahu bahwa sebelum menjadi keajaiban dunia, Koloseum Roma merupakan tempat cukup penting bagi peradaban Romawi Kuno.

Koloseum ini sendiri digunakan untuk mengeksekusi para tahanan dan pelaku kejahatan di masa Romawi Kuno. Tempat ini awalnya memang digunakan untuk pertunjukan dan juga permainan yang memacu adrenalin para pesertanya.

Koloseum Roma di zaman Romawi Kuno

Koloseum Roma Tempat Eksekusi Pelaku Kejahatan Di Masa Romawi Kuno
Koloseum Roma | News World

Sebut saja seperti Gladiator dan juga pertarungan hewan yang sering diselenggarakan di dalam Koloseum ini. Namun dilain sisi, masyarakat juga bisa menyaksikan Koloseum sebagai tempat untuk mengeksekusi para tawanan dan penjahat di masa Romawi kuno.

Ada beberapa jenis penjahat yang sering dieksekusi di Koloseum Roma. Sebut saja seperti pembelot, pemberontak, dan buronan. Tetapi kemudian hukuman ini diperluas ke tahanan perang serta jenis kejahatan lainnya.

Ada banyak kejahatan dimana para penjahat tersebut akan menerima hukuman mati. Benar, ketika penjahat sudah dihukum di dalam Koloseum tersebut, kecil kemungkinan mereka akan bisa selamat dari hukuman mati.

Tempat eksekusi penjahat

Koloseum Roma Tempat Eksekusi Pelaku Kejahatan Di Masa Romawi Kuno
Koloseum Roma | VOI

Ada beberapa contoh kejahatan yang mendapatkan hukuman mati di Koloseum Roma. Contoh seperti pengkhianatan, pemerkosaan, penipuan, pencemaran nama baik kuil, ingkar janji sampai sumpah palsu.

Masih ada banyak lagi alasan untuk hukuman mati di dalam Koloseum Roma. Oleh karena itu sangat sulit untuk mengitung jumlah penjahat yang kehilangan nyawanya di dalam tempat yang kini telah menjadi peradaban dunia ini.

Ketika mendapatkan hukuman mati, ada beberapa jenis hukuman yang akan dijalani. Seperti pemenggalan kepala sampai dimakan hidup-hidup oleh hewan. Hukuman mati ini disaksikan oleh ratusan orang yang datang untuk menyaksikan pertujukan tersebut.

Nah, itulah sedikit cerita tentang Koloseum Roma. Tertarik untuk berkunjung ke Koloseum Roma? Berikan tanggapan mu ya.

source: Wikepedia

Related Posts