Tengkorak Dilubangi? Berikut Teknik Pengobatan Paling Aneh Yang Dilakukan Di Masa Lampau

in
Bloodletting

Sebagai manusia, kita pasti pernah merasakan yang namanya sakit. Seseorang rela mengeluarkan begitu banyak uang untuk dapat menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu, ada pepatah yang mengatakan ‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’.

Pepatah tersebut menegaskan bahwa kita harus menjaga diri sebaik mungkin, jika kita sudah jatuh sakit maka bukan tidak mungkin kita harus mengeluarkan uang banyak untuk bisa sembuh. Berbicara soal pengobatan, terdapat beberapa teknik pengobatan aneh yang bisa dibilang menjijikan dan menyeramkan, berikut contoh teknik pengobatan tersebut :

Wasir? Pada Jaman Dulu Kamu Dapat Mengobatinya Dengan Batang Besi Panas

Setiap orang pasti pernah merasakan wasir, yaitu sebuah tonjolan akibat pembengkakan di sekitar dubur. Meskipun sepele, penyakit ini dapat membuat penderitanya tidak nyaman saat sedang duduk.

Pada abad pertengahan, orang-orang eropa memiliki cara aneh untuk mengobati wasir. Mereka beranggapan bahwa wasir timbul ketika seseorang dianggap tidak cukup berbakti kepada mendiang Santo Fiance, seorang pendeta asal Irlandia yang hidup pada abad ke-7.

ARTIKEL TERKAIT •
Tidak Ada Ular yang Hidup di Irlandia

Orang eropa saat itu melihat Santo Fiacre duduk diatas sebuah batu, dan wasir yang dideritanya seketika menghilang. Sejak saat itulah, wasir dianggap sebagai ‘Penyakit Santo Fiacre’.

Untuk mengobati wasir, orang eropa abad pertengahan meminta si penderita untuk menemui pendeta. Pendeta tersebut nantinya akan mengobati pasan dengan menyodokkan batang logam panas ke anus pasies. Sebagai alternatif, pasies juga bisa datang ke batu yang kala itu menyembuhkan Santo Fiacre.

Pasien Dilukai Secara Sengaja Untuk Menyeimbangkan Komposisi Cairan Dalam Tubuh

Pada abad pertengahan, orang-orang eropa percaya bahwa didalam tubuh manusia terdapat 4 macam cairan atau humor berbeda : darah, lendir, air empedu kunng, dan air empedu hitam. Kepercayaan atau pemahaman tersebut muncul pertama kali pada masa Yunani Kuno.

Pada masa itu, dipercaya seseorang yang sedang jatuh sakit, penyebabnya ialah memiliki komposisi cairan yang tidak seimbang. Oleh sebab itu, kalangan dokter memiliki metode yang aneh yaitu dokter akan melukai pasian secara sengaja hingga darahnya keluar banyak. Metode tersebut dikenal dengan istilah Bloodletting.

ARTIKEL TERKAIT •
Eropa Pernah Kehilangan 60 Persen Populasinya Karena Tikus

Terdapat dua cara untuk melakukan metode tersebut, pertama pasien akan ditempelkan lintah sehingga bagian tubuh pasien terhisap darahnya berserta penyakit didalamnya. Kedua, dokter sengaja melukai pasies secara khusus sehingga darahnya mengucur keluar.

Berikan Nilai Untuk Konten ini