6 Informasi Salah Mengenai Deep Web, Ternyata Tidak Seberbahaya yang Kita Pikirkan

in
Deep Web
Deep Web | Credit Image: Lebak Cyber

Banyak media dan sumber online yang beranggapan bahwa di bawah Surface Web atau internet yang sering kita jumpai sehari – hari terdapat jaringan kriminalitas yang besar. Hal ini muncul karena sering tertukar antara definisi Dark Web dengan Deep Web yang jauh lebih besar.

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2016 lebih dari setengah situs (.onion) memiliki konten yang ilegal termasuk pornografi, penjualan narkoba, penjualan senjata, pencucian uang, dan terorisme siber.

Sebagian besar dari pengguna jaringan tersebut menggunakannya untuk browsing internet secara anonim. Lalu, apakah mengakses deep web itu berbahaya? Berikut 6 anggapan yang salah mengenai deep web.

1. Semua Orang Bisa Mengakses Deep Web

Nyatanya semua orang bisa mengakses situs ini, untuk mengakses situs yg berdomain .onion ini kalian hanya perlu VPN (virtual private network) seperti tor, dsb.

2. Datamu Tidak Akan Diambil Oleh Hacker

Ilustrasi Hacker
Ilustrasi Hacker | Nexttren

Tak sedikit orang yang mengatakan jika kita mengunjungi deep web, maka data kita akan diambil oleh hacker, memangnya kalian siapa? Presiden? niat amat mereka cari data-data mu yang gak penting?

ARTIKEL TERKAIT •
Segini Harga Paket Internet Di Jepang Tahun 2019

Hal tersebut tidak bisa dilakukan begitu saja, mereka perlu menggunakan software pihak ketiga untuk mengambil datamu. Jadi aman saja asal kalian tidak mendownload atau menginstall software yang mencurigakan.

3. Tidak Perlu Menutup Kamera Saat Mengakses Deep Web

Ketika mengakses deep web, kalian tidak perlu menutup kamera kalian. Beberapa browser sudah mempunyai fitur untuk block kamera, jadi aman asalkan kalian tidak klik link asal-asalan.

4. Banyak Website Scam Dan Bersifat Ilegal

Di situs ini kalian akan banyak menemukan website jual beli narkoba, senjata, dll. Kebanyakan dari website tersebut scam (penipuan), bahkan tak jarang kalian akan menemukan tulisan dari salah satu orang di sana yang mengatakan bahwa banyak website scam yang dioperasikan oleh satu orang.

Selain itu di Deep Web terdapat beberapa website yang menyediakan jasa untuk membunuh orang, konten gore (pembunuhan, penyiksaan, dsb) baik hewan ataupun manusia.

5. Tidak Ada Tingkatan Seperti yang Digambarkan Dalam Gunung Es

Ilustrasi Tingkatan Gunung Es
Ilustrasi Tingkatan Gunung Es | Robicomp


Mitos paling populer tentang deep web yang sempat dibahas berkali-kali yaitu infografik dalam bentuk gunung es. Penggambaran ini tidak sepenuhnya salah.
Tapi pembagian gunung es menjadi beberapa tingkatan bisa dibilang hanya omong kosong belaka, apalagi tingkatan terdalam internet yang disebut Mariana Web.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Hal Gratis di Internet yang Bisa Kalian Manfaatkan, Ada Penyedia Foto dan Ebook Legal

6. Tidak Selalu Berisi Hal Negatif

Meskipun Deep Web di dominasi dengan hal-hal yang buruk namun masih ada hal-hal yang bermanfaat untuk dibaca. Contohnya seperti situs penyedia ebook, forum diskusi yang membahas security, dsb.

Namun perlu diketahui jika kalian mendownload sesuatu di internet lebih baik cek terlebih dahulu apakah file yang kalian download bersih dari virus atau tidak.

Credit: Krisna Amarta

Berikan Nilai Untuk Konten ini