4 Kebiasaan Sepele yang Bikin Ponsel Cepat Rusak

in
Kebiasaan Sepele Yang Membuat Ponsel Cepat Rusak
Kebiasaan Sepele Yang Membuat Ponsel Cepat Rusak

Hampir seluruh manusia di muka bumi ini pasti memiliki ponsel atau smartphone. Fakta ini terbilang wajar, mengingat dengan adanya ponsel, aktivitas sehari-hari bisa terbantu. Seperti bekerja, belajar, berkomunikasi, dan masih banyak lagi. Penggunaan ponsel bukan hanya digunakan oleh orang dewasa saja, kini anak kecil telah banyak yang memiliki ponsel sendiri. Tentu kita tidak ingin ponsel yang kita miliki itu cepat rusak.

Kita menginginkan ponsel tersebut bisa awet tahan lama dan tidak perlu menggantinya dengan ponsel yang baru. Namun, masih banyak orang yang lalai saat menggunakan ponselnya. Mereka tidak menyadari terdapat empat kebiasaan sepele yang bikin ponsel cepat rusak.

Kebiasaan Sepele yang Bikin Ponsel Cepat Rusak

Daripada penasaran, yuk simak kebiasaan-kebiasaan yang bisa bikin smartphone kamu menjadi cepat rusak dan tidak dapat bertahan lama.

1. Menggunakan Mode Getar

Mengaktifkan Mode Getar
Mengaktifkan mode getar | by androidcentral.com

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, semakin sering kita menggunakannya maka performanya juga akan semakin menurun.

Seorang Direktur Pengembangan Bisnis bernama David Steele menyebutkan bahwa mode getar (atau vibrate mode) adalah salah satu kebiasaan yang menyebabkan ponsel akan cepat menjadi rusak. Karena beban pekerjaan dari ponsel akan semakin sulit dan ekstra.

ARTIKEL TERKAIT •
Viral Wanita ini Beli iPhone 11 di Shopee, Tapi yang Datang Malah Berbeda

Baca Juga: Memeriksa Ponsel Saat Bangun Tidur, Ini Dampaknya Terhadap Otak

Mode getar akan membuat ponsel terus bekerja. Sedangkan kita tahu kalau ponsel juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jadi, kita harus meluangkan waktu untuk membiarkan ponsel istirahat sejenak.

2. Menaruh Ponsel di Bawah bantal atau di Kasur

Menaruh Ponsel Di Kasur Membuat Ponsel Cepat Rusak
Menaruh ponsel dekat kasur | by wingalpha.com

Kebiasaan ini pasti sangat sering nih dilakukan oleh orang-orang. Misalnya saat menjelang tidur, masih menyempatkan diri untuk memainkan ponsel. Tapi tiba-tiba mata mengantuk dan akhirnya tertidur. Tanpa kita sadari, ponsel tadi tergeletak dekat kasur atau bawah bantal.

Alasannya karena ponsel tidak dapat menguapkan panasny ketika terhimpit bantal. Sehingga panas pada ponsel tidak dapat keluar dan tertahan pada ponsel itu sendiri. Lama-kelamaan akan membuatnya jadi cepat rusak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Touch Screen Error Pada Ponsel Android

Kebiasaan ini memang terdengar sepele, namun yang namanya perangkat elektronik, kebiasaan tersebut bisa membuat ponsel cepat rusak.

3. Membuka Aplikasi yang Tidak Digunakan bisa Membuat Ponsel Cepat Rusak

Membuka Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Membuka aplikasi yang tidak terpakai | by openmobileww.com

Kamu tentunya mengetahui kalau aplikasi yang kita buka tapi tidak digunakan, itu hanya membuat baterai ponsel menjadi cepat habis. Karena setiap aplikasi yang kita jalankan, meskipun tidak kita gunakan, aplikasi tersebut tetap jalandi latar belakang.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Kebiasaan Yang Harus Dijauhi Oleh Istri Setelah Menikah

Nah, untuk mengatasinya lebih baik aplikasi tersebut dikeluarkan atau dihapus jika tidak digunakan lagi. Dengan itu ponsel akan menjadi lebih hemat dari segi baterai dan penggunaan memori. Selain itu, dapat membuat ponsel menjadi tidak cepat rusak.

4. Layar Ponsel Selalu Dalam Kondisi Super Terang

Kecerahan Ponsel Super Tinggi Membuat Ponsel Cepat Rusak
Kecerahan ponsel super tinggi | by popsci.com

Kebiasaan ini terbilang wajar kita lakukan saat ingin melihat gambar pada layar ponsel yang terlalu gelap. Karena itu, kita menaikkan kecerahan layar ponsel, bahkan tanpa sampai kondisi super terang. Ponsel akan jadi cepat rusak jika kita sering melakukan kebiasaan ini.

Sebaiknya kita menggunakan fitur kecerahan adaptif pada ponsel. Sehingga layar ponsel akan menyesuaikan intensitas cahaya selaras dengan kondisi cahaya sekitar kita secara otomatis.

Baca Juga: Benarkah Meletakkan Ponsel Basah Ke Dalam Beras Bisa Menyerap Airnya?

Tentu hal tersebut lebih baik karena layar ponsel tidak selalu dalam kondisi super terang. Saat ponsel tidak digunakan lagi, kamu dapat menurunkan kecerahan layar ponsel ke yang paling rendah. Hal ini agar baterai dapat hemat penggunaannya.

ARTIKEL TERKAIT •
"Ditemukan Dalam Laci, Setelah 20 Tahun Baterai Nokia Ini Masih 70%!" Ternyata Hoax

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele yang membuat ponsel cepat rusak. Setelah kamu mengetahuinya, lebih baik langsung mempraktekkannya dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.