Mudahnya Membuat Vlog Berkualitas Menggunakan HP, Begini Caranya

in , ,
Mduahnya Vlog Dengan Hp
Credit Image: ngevlog.com

Jika kamu merupakan orang yang ingin dan baru masuk dunia vlog atau ingin menjadi content creator, sebenarnya belum perlu kamu membeli kamera. Kamu sudah bisa menggunakan HP kamu sebagai media atau alat untuk membuat konten seperti vlog.

Nah, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan agar kamu bisa membuat vlog berkualitas dengan hanya menggunakan HP.

1. Siapkan Perangkat

Vlog Hp
Source Image

Kamu tak perlu membeli kamera yang relatif mahal, untuk membuat sebuah vlog sederhana namun berkualitas. Modal utamanya ialah HP android kamu. Kemudian selain HP, kamu mungkin juga perlu perangkat tambahan seperti:

  • Tripod: Tripod dieprlukan agar aktivitas merekam lebih mudah dan fokus sehingga menghasilkan video yang stabil.
  • Mikrofon eksternal: Untuk membuat video dengan kualitas yang bagus, kita juga perlu memperhatikan kualitas suaranya. Jika kita hanya menggunakan HP untuk merekam video tanpa mikrofon eksternal, tentu saja suara yang dihasilkan akan kurang baik.
  • Lensa tambahan: Untuk perangkat satu ini sebenarnya tidak sepenting dua perangkat di atas, karena memang penggunaan perangkat ini bergantung pada video seperti apa yang akan kita buat. Namun sebagai opsional, tentu tidak ada salahnya jika kita menyediakannya juga.
  • Lampu: Nah, jika kita ingin membuat video di area yang kekurangan cahaya, perangkat ini sangat wajib diaplikasikan pada HP kita untuk merekam video. Sebaiknya gunakan lampu bertipe CFL agar cahaya yang dihasilkan akan terlihat alami.
ARTIKEL TERKAIT •
EA Sedang Garap Plants Vs. Zombie 3

Selain perangkat tambahan di atas, kamu juga memerlukan aplikasi penunjang untuk menyunting video kamu agar saat menguploadnya ke sosial media, video kita semakin rapi dan menarik. Silakan kunjungi artikel 4 aplikasi video editor gratis untuk pemula.

2. Menulis konsep dan script

Menarik tidaknya suatu konten, itu bergantung pada konsep apa yang akan kita bawakan atau tuangkan pada video tersebut. Oleh karena itu, sebelum kita memulai membuat konten, kita harus menulis script terlebih dahulu.

Tuangkan ide kreatif kamu ke dalam bentuk tulisan atau coretan, kemudian gabungkan semua tulisan tersebut sehingga menjadi sebuah konsep. Tak perlu khawatir, karena banyak referensi yang bisa kamu jadikan rujukan dalam mebuat konsep, coba saja kunjungi chanel-chanel terkait atau kamu bisa membaca artikel-artikel di google.

3. Cantumkan Informasi

Setelah membuat konsep, kamu perlu memikirkan judul yang memuat informasi apa yang kamu tampilkan pada video yang kamu buat. Karena judul video merupakan kunci utama untuk menarik viewers.

Buatlah judul video yang tidak terlalu pendek dan panjang, dan harap diingat, hindari sebisa mungkin membuat judul yang bersifat clickbait. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat deskripsi singkat, padat, dan jelas mengenai video yang kamu buat. Jangan pula juga gunakan thumbnail dengan kualitas yang baik, agar viewers mau menonton videomu.

ARTIKEL TERKAIT •
Call of Duty: Warzone , Inilah Keunikannya dari Game Battle Royale lainnya

4. Optimasi Video

Kamu ingin kan video kamu dikunjungi banyak orang? Kamu harus mengoptimasinya terlebih dahulu. Agar videomu bisa muncul di bagian atas dalam pencarian di Youtube, Youtube mempertimbangkan beberapa point, yaitu jumlah video dan subcriber.

Selain itu, kamu juga harus mengunggah video secara konsisten dan teratur. Karena Youtube menyukai hal tersebut. Kualitas video pun tak kalah penting, jangan sampai resolusi video yang kamu unggah pecah.

5. Promosi Chanel

Youtube 4171822 960 720
Source Image

Jika video kamu sudah kamu upload, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah promosi. Kamu bisa menggunakan akun sosial mediamu sebagai media promosi chanelmu, seperti facebook, twitter, dan instagram.

Ajak mereka untuk menonton videomu, tunjukan pada mereka ajakan mengapa mereka harus menonton videomu. Selain itu, promosi secara langsung kepada keluarga dan teman-temanmu juga bisa menjadi sebuah opsi agar videomu bisa dikenal banyak orang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini