Teori Tentang Bajak Laut yang Menggunakan Penutup Mata Bukan Karena Cedera

in
Bajak Laut Menggunakan Penutup Mata
Bajak Laut Menggunakan Penutup Mata

Karakter bajak laut sendiri memiliki ciri khas tersendiri yang membuat para penonton mengetahui bahwa dirinya seorang penguasa lautan. Dimanakah kamu pernah menemukan karakter ini? Apakah pada film, legenda, dongeng, atau cerita lainnya?

Ciri khasnya adalah mereka selalu menggunakan penutup mata untuk menutup sebelah matanya. Penutup yang digunakan juga selalu berwarna hitam.

Selama ini kebanyakan orang menganggap bajak laut menutup matanya untuk menyembunyikan mata mereka yang cacat atau telah hilang. Memang hal tersebut masuk akal, karena mereka sangat lekat dengan pertempuran-pertempuran antar sesama profesi atau menjarah kekayaan orang lain. Bisa jadi mereka menerima luka atau kehilangan pada matanya, sehingga mereka harus menutupinya.

Baca Juga: Ternyata Tokoh Jack Sparrow Berasal Dari Kisah Bajak Laut Muslim Abad 16!

Alasan bajak laut menutup mata mereka

Menutup Mata
Foto: celebesmedia.id

Namun, kehilangan mata karena peperangan atau duel bukanlah sesuatu yang wajib bagi mereka bajak laut. Sehingga memunculkan banyak teori mengenai mereka yang menggunakan penutup mata tersebut.

Salah satu teori tersebut adalah untuk melindungi mata mereka yang sudah biasa dengan cahaya yang gelap.

ARTIKEL TERKAIT •
Ternyata Tokoh Jack Sparrow Diambil dari Kisah Bajak Laut Muslim Abad 16!

Perlu kita ketahui, mata manusia sangat cepat untuk beradaptasi dari cahaya gelap atau malam hari menuju cahaya terang atau siang hari. Namun sebaliknya, agar mata mampu menyesuaikan dari kondisi gelap menuju terang membutuhkan waktu selama 25 menit.

Baca Juga: Hewan-Hewan Ini Memiliki Mata Yang Sangat Menakjubkan

Maka dari itu, saat terjadi pertarungan pada malam hari atau pada wilayah kapal yang gelap, mata mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pandangan sekitarnya.

Contohnya saja, pada awalnya pertarungan berlangsung pada siang hari, namun karena ada hal yang membuat mereka berpindah tempat menuju daerah yang gelap. Mata mereka akan membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi.

Nah, dengan adanya penutup mata yang telah dipersiapkannya, bajak laut tersebut akan bisa dengan mudah untuk menyesuaikan diri jika harus bertarung dalam keadaan gelap. Ketika mereka terpaksa pergi ke bawah dek, mereka dapat menukar penutup mata dengan menutup mata yang satunya lagi.

Baca Juga: Mengapa Anak Kucing Tidak Membuka Matanya Saat Baru Lahir?

ARTIKEL TERKAIT •
Sejak Dulu 5 Teori Sains ini Dianggap Benar, Padahal Salah Besar

Tentu itu akan membuat mereka dapat melihat dengan jelas berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Anggapan ini telah ada buktinya secara ilmiah, untuk dapat melihat pada malam hari seseorang bisa menutup satu matanya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.