Hewan-Hewan Ini Memiliki Mata Yang Sangat Menakjubkan

in
Hewan-Hewan Ini Memiliki Mata Yang Sangat Menakjubkan

Kamu tentu tahu kan apa itu mata? Mata adalah salah satu panca Indra yang ada di manusia maupun hewan. Tentu saja, mata terdiri atas berbagai warna, bentuk dan keberagamannya. Banyak sekali hewan yang memiliki mata unik dan lucu. Mau tau? Yuk disimak!

Inilah hewan-hewan yang memiliki mata yang sangat menakjubkan

1. Udang mantis

Gambar terkait

Tahukah kamu? Udah Mantis memiliki mata yang dapat mendeteksi gelombang cahaya yang berputar dalam gerakan melingkar, ia juga memiliki mata yang dapat melihat sinar UV juga memilik 16 fotoreseptor, tentu sangat indah jika dilihat dengan jarak dekat karena matanya yang sangat unik itu.

Matanya bahkan tersusun dari puluhan ribu ommatidia yang membuat nya mirip sekali dengan lalat, ia juga dapat menggerakkan matanya secara berbeda, contohnya, mata kanan keatas sedangkan kiri kebawah.

2. Bintang laut

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Dunia

Bintang laut memiliki mata disetiap lengannya lho guys! Itu berarti dia memiliki 5 mata! Wow! Mata bintang laut biasanya berukuran 0,5 mm dan berwarna merah atau hitam, memiliki ratusan unit pengumpul cahaya.

ARTIKEL TERKAIT •
Hewan-Hewan Ini Punya Umur Yang Panjang

3. Sotong

Hasil gambar untuk Sotong

Sotong tidak memiliki titik buta, karena saraf optik nya berada dibelakang retina, bentuk matanya pun besar, gelap dan pupil yang berbentuk huruf W.

Saat sotong ingin melihat objek tertentu, ia akan menggeser seluruh lensa matanya agar lebih akurat dan fokus. Mereka juga memang buta warna namun dapat melihat kontras dalam cahaya yang disebabkan oleh polarisasi.

4. Tokek ekor daun

Jules Farquhar Southern Leaf tailed Gecko Saltuarius swaini 3170 WEB

Mata tokek ekor daun berukuran besar dan tidak kelopak mata, karena itu ia membersihkan matanya dengan menggunakan lidah. Sepintas, matanya mirip dengan mata alligator.

Menurut penelitian, tokek memiliki penglihatan 350 kali lebih baik dari manusia. Matanya memiliki pupil vertikal yang bisa melebar pada malam hari.

5. Tarsius

Hasil gambar untuk Tarsius eye

Tarisius memiliki mata besar dan panjang. Matanya yang indah ini dapat membuatmu jatuh cinta.

Bahkan, ukuran matanya lebih besar dari ukuran otaknya lho guys! Keren ya! Dia pun tidak dapat menggerakkan matanya karena terpaku didalam tengkorak.

6. Capung

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Dunia

Capung memiliki mata yang bisa melihat hingga 30 jenis visual warna yang berbeda. Berbeda dengan manusia yang hanya bisa melihat 2 visual. Wah keren sekali ya guys!

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan Purba yang Diadaptasi Menjadi Karakter di Film Ice Age

Capung juga bisa melihat sinar ultraviolet dan cahaya yang terpolarisasi, menariknya ia memiliki 30.000 ommatidia per mata. Matanya juga dapat melihat hingga 360° lho guys!

7. Bunglon

Bikin Kagum, Ini 7 Hewan dengan Mata Paling Keren di Dunia

Bunglon dapat melihat hingga 360°, terbagi menjadi 180 derajat vertikal dan 180 derajat horizontal. Hewan yang dapat berganti warna ini memiliki mata yang sangat indah.

Mata ini tertutupi kelopak yang besar dan hanya tersisa bagian kecil untuk melihat. Matanya pun dapat bergerak secara independen dengan berbeda arah.

Berikan Nilai Untuk Konten ini