WC Ini Dibangun Dengan Habiskan Biaya Setara 11 Motor Beat, Apa Spesialnya?

in
Wc2
Wc2

Baru-baru ini jagad media sosial kembali dihebohkan dengan penampakan sebuah WC yang ada di Sekolah Dasar Negeri. Pasalnya, dana yang dihabiskan untuk membangun WC tersebut sangatlah besar. Pemerintah Kabupaten Bekasi mengeluarkan anggaran sejumlah Rp 196,8 juta.

WC tersebut dibangun di SD Negeri 04 Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Tentu bukan nilai yang kecil jika dialokasikan buat pembangunan WC saja.

Setara 11 unit motor BeAt

Ditaksir uang yang dikucurkan setara dengan pembelian sepeda motor BeAT sebanyak 11 buah. Potret WC Rp 1196,8 juta ini menjadi viral di dunia maya dan banyak akun yang mengunggah gambarnya. Salah satunya adalah akun Instagram @makassar_iinfo.

Baca Juga: Niatnya Menjala Ikan Di Sungai, Tapi Tak Sengaja Dapatkan Motor Matic Di Dasar Sungai

Dilansir dari Tribun Jakarta, tampak tidak ada keistimewaan dari pembangunan WC Rp 196,8 juta ini. Mirip seperti WC sekolah pada umumnya, bahkan mungkin WC di pom bensin lebih bagus interior dan eksteriornya.

ARTIKEL TERKAIT •
Kisah ART yang Tak Diberikan Kamar Tidur, Terpaksa Shalat di Toilet

Fasilitas yang disediakan pada WC ini adalah dua unit kolset jongkok. Akan tetapi, toilet ini juga memiliki fasilitas lain, seperti keran untuk berwudhu dan urinoir (kloset untuk BAK pria).

wc setara 11 motor beat
foto: Tribunjakarta

Untuk spesifikasi dari WC ini terdiri dari dua ruangan kloset jongkok dan tiga urinoir yang berada di bagian belakang bangunan. Terdapat juga dua buah westafel buat cuci tangan dan tiga buah keran buat berwudhu.

Dengan uang sebanyak Rp 196,8 juta, kamu bisa membeli sepeda motor BeAT sebanyak 11 unit dengan type terbaru lho.

Baca Juga: Fakta Menarik Tentang Dino Merah Yang Viral Di TikTok

Pemerintah Kabupaten Bekasi memiliki program bernama menuju Kabupaten Sehat 2021 untuk membangun Water Closet sebanyak 488 buah.

Proyek Pemkab

Menurut penuturan Benny Sugiarto Prawiro selaku Tata Ruang Kabupaten Bekasi dan Kepala Bidang Bangunan Negara Dinas Cipta Karya, pembangunan sejumlah 488 WC itu tersebar di seluruh SD maupun SMP di 23 Kecamatan di Kabupaten Bekasi.

Dia jgua menambahkan, total anggaran yang dikeluarkan untuk membangun 488 toilet ini ditaksir mencapai 98 miliar rupiah melalui APBD perubahan tahun 2020.

ARTIKEL TERKAIT •
Niatnya Menjala Ikan di Sungai, Tapi Tak Sengaja Dapatkan Motor Matic di Dasar Sungai

Ditargetkan, selesai pada pertengahan Desember tahun ini,” kata Benny.

Dari situs Ipse.bekasikab.go.id, total anggaran yang disediakan hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah mencapai Rp 198,5 juta.

Baca Juga: 9 Meme Aksi Yang Hanya Bisa Dilakukan Di TV Tabung, Bikin Ngakak

Diperkirakan proyek besar ini selesai selama 57 hari. Yang dimulai dari tanggal 26 Oktober 2020 dan selesai pada 21 Desember 2020 mendatang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.