Inilah 3 Curug atau Air Terjun di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat

in , ,
Curugsawer

Sukabumi merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Sukabumi banyak memiliki tempat wisata Air Terjun atau Curug yang menakjubkan. Tempat yang sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki jiwa berpetualang.

Curug juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda.

1
Alam Sukabumi. Sc: Inovasee

Objek wisata baru memang selalu di cari dan diburu untuk dikunjungi, terutama curug.

Nah di Sukabumi terdapat banyak Curug yang tersembunyi dan layak untuk Anda kunjungi. Semakin tersembunyi maka akan semakin di cari, karena yang tersembunyi memiliki panorama yang alami dan sangat nyaman bila di kunjungi.

Cikaso4
Salah satu curug di Sukabumi. Sc: spot.com

Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan ciamik serta banyak orang suka akan hasil fotonya Namun ada juga yang menikmatinya dengan berenang ataupun bersantai di tepi Curug.

Tidak usah bingung mencari Curug di Sukab umi, Karena kami akan mengulas secara singkat Curug yang ada di Sukabumi.


Berikut 3 curug yang ada di Kabupaten Sukabumi :

1. Curug Citaman

Curug Citaman

Curug Citaman berlokasi di Taman Nasional Halimun Gunung Salak (TNHGS), desa Kutajaya, kecamatan Cicurug, kabupaten Sukabumi.

Curug ini memiliki lokasi yang sangat tersembunyi, untuk menuju ke tempat objeknya kita harus melewati hutan pinus. Namun, tempatnya tidak begitu jauh hanya sekitar 30 menit saja dari tempat parkir motor.

Suasana di sekitar Curug Citaman juga masih sangat sejuk dan dipenuhi pohon-pohon rindang. Curug Citaman memang indah, memiliki kolam alami dengan bentuk bulat memanjang.

Kedalaman kolam tersebut sekitar 5 meter dengan kondisi air yang masih bening dan cukup dingin serta kombinasi warna biru dan kehijauan menjadi keunikan tersendiri. Yang tak kalah uniknya dari kolam Curug Citaman ini seperti bak pemandian alami, keseluruhan struktur kolam tersebut merupakan lapisan batu besar.


2. Curug Sawer

Curug Sawer

Tempat wisata Curug Sawer ini merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di desa Sukamaju, kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Bagi anda yang memang tinggal di daerah ini, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata Curug Sawer, tetapi berbeda halnya bagi anda yang tinggal di luar kota Sukabumi atau bahkan luar pulau yang mungkin masih sangat asing dengan keberadaan tempat wisata tersebut.

Jika dilihat dari namanya tempat wisata satu ini memang sangat unik. Dan nama tempat wisata Curug Sawer muncul karena besarnya percikan curug dari pusat jatuhnya air terjun.

Oleh karena itu, meskipun anda berada jauh dari air terjun tersebut, tubuh anda akan tetap basah oleh percikan air tersebut. Di tempat wisata ini pun anda dapat melihat beberapa anak sungai dan biasanya digunakan untuk mandi bagi anda yang tahan terhadap dingin, karena memang kawasan Curug Sawer ini berada pada ketinggian antara 900-1300 mdpl.

Pada awalnya tempat wisata Curug Sawer ini merupakan tempat yang sepi dengan pengunjung, karena tempatnya yang tersembunyi dan belum terawat, juga masyarakat sekitar menganggapnya dengan kawasan yang angker.

Namun, setelah tempat wisata ini mendapatkan perhatian dan mulai dibenahi, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Dan saat ini pun tempat wisata Curug Sawer tak pernah sepi dari pengunjung.


3. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Curug ini berlokasi di Desa Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat.

Curug ini memiliki tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat adanya gempa yang kuat dan mengakibatkan longsor. Debit air di curug ini tergolong kecil karena di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi dan warga setempat.

Curug Cigangsa memiliki tinggi 30 meter dan bebatuan yang berbentuk unik. Konon bebatuan ini terbentuk dari lava yang membeku. Keunikan yang anda dapatkan adalah Curug Cigangsa memilik dinding batu yang berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir.

Ada pula batu yang oleh masyarakat setempat disebut Batu Masigit atau Batu Masjid. Anda bisa menikmati keindahan curug dari dua arah yakni diatas dan bawah. Nama gangsa sendiri diambil dari nama orang yaitu Eyang Gangsa. Selain itu, curug ini merupakan tempat persembunyian para pejuang di masa penjajahan Belanda.

Bagi anda yang suka berfoto-foto, anda tidak perlu bingung sebab di sekelilingnya juga memiliki pepohonan dan tingkatan dari curug adalah latar menarik. Namun, jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan anda karena ketika berjalan di bebatuannya, kondisinya licin.


Nah, diatas merupakan 3 diantara banyak curug atau air terjun yang ada di kabupaten Sukabumi. Tulisan diatas saya kutip dari beberapa sumber di mbah google :).

Jadi, marilah kita eksplorasi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Karena Indonesia memiliki tempat-tempat wisata yang eksotis yang belum kita ketahui dan jangan lupa untuk merawatnya.

Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada kesalahan kosa kata yang tidak mengenakan jiwa.

Artikel ini Dibuat oleh Komunitas Bebaspedia. Segala sesuatu yang berhubungan dengan tulisan diatas sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis. Ingin bergabung dalam komunitas Ensiklopedia Bebas? Buat Artikelmu! Klik Disini!