Wisatawan Boleh Mengunjungi Ruang Kendali Reaktor Nuklir Chernobyl Selama 5 Menit

in
Ruangan Reaktor Nuklir Chernobyl
Ruangan Reaktor Nuklir Chernobyl | Credit Image: The Atlantic

Kalian pasti tahu Chernobyl ‘kan? Yup, sebelumnya di artikel “4 Tempat Ini Ditinggalkan Oleh Penduduknya, Salah Satunya Karena Ledakan Nuklir“, sudah dibahas secara singkat mengenai tempat tersebut.

Chernobyl merupakan tempat pembangkit listrik tenaga nuklir yang berada di kota Pripiyat, Ukrania. Tempat ini menjadi terkenal karena peristiwa meledaknya salah satu reaktor nuklir di sana.

Bencana itu terjadi pada tahun 1986, sejak saat itu, Chernobyl dan kota di sekitarnya ditinggalkan penduduknya akibat paparan radiasi radioaktif dari nuklir tersebut berbahaya. Akibatnya di sana seperti kota hantu, karena sudah tidak ada lagi penduduk yang menempati.

Nah, baru-baru ini wisatawan diperbolehkan mengunjungi tempat tersebut hingga masuk ke ruang kendali reaktor nuklir. Namun pengunjung diberi batas waktu hanya 5 menit saja.

Kota hantu yang misterius

Chernobyl
Chernobyl | Everett Potter’s

Wilayah Chernobyl dan area sekitarnya terdampak radiasi akibat ledakan nuklir, radiasi nuklir sangat berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu tempat tersebut dan wilayah sekitarnya dikosongkan.

Setelah ditinggalkan, terdapat bagian wilayah yang dilarang untuk dimasuki dan ditinggali, wilayah tersebut disebut Zona Eksklusi Chernobyl (Chernobyl Exclusion Zone). Zona eksklusi ini luasnya 2.589 kilometer persegi.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Destinasi Wisata Yang Dapat Kamu Kunjungi di Provinsi Aceh

Tidak ada yang boleh menempati atau tinggal di ZEC, pengunjung yang mendatangi zona tersebut pun harus berusia di atas 18 tahun.

Selama ini pengunjung hanya diperbolehkan melihat-lihat saja, itu pun sebatas di area halaman sekolah, taman bermain, atau ruang kelas di luar area pembangkit listrik tenaga nuklir. Area-area tersebut boleh dikunjungi masyarakat umum karena sudah tidak dianggap terpapar radiasi nuklir.

Namun berbeda dengan area di dalam ruang kendali reaktor nuklir.

Pengunjung Boleh Memasuki Ruang Kendali Reaktor Chernobyl

Selama ini tempat terjadinya ledakan nuklir yang terjadi di Reaktor 4 hanya boleh dikunjungi oleh jurnalis, peneliti, dan pekerja kebersihan. Nah, baru-baru ini Pemerintah Ukraina memperbolehkan pengunjung memasuki area ruang kendali reaktor tersebut.

Di ruangan ini, dulunya para pekerja mengawasi proses reaktor nuklir yang bekerja, dan ledakan nuklir juga terjadi di sini.

Meskipun boleh dikunjungi, tingkat radiasi nuklir di sana masih tinggi. Oleh sebab itu untuk alasan keamanan, siapapun yang mengunjungi ruangan tersebut harus mengenakan jas hazmat, helm, masker, dan sepatu bot khusus.

ARTIKEL TERKAIT •
Pergi Liburan Penting Banget! Ternyata Ada Penjelasannya Loh

Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan mengunjungi ruangan tersebut selama lima menit saja. Ketika sudah keluar pun, nanti akan diperiksa selama dua kali, apakah terpapar radiasi atau tidak.

Pemerintah Ukraina juga masih sedang mengatur kembali peraturan kunjungan di Chernobyl, itu semua dilakukan agar pengunjung akan tetap aman selama berada di sana.

Berikan Nilai Untuk Konten ini